Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Wednesday, September 7, 2011

Percaya Diri atau Sombong


Dalamkehidupan sehari-hari, kita banyak menemukan orang yang sangatpercaya diri serta orang-orang sombong. Orang yang percaya diribiasanya mudah bergaul dengan orang lain.  Sedangkan orangsombong biasanya malas didekati oleh siapapun. Pasalnya banyak orangyang bingung sebenarnya posisinya ada dimana. Sombongkah atau percayadirikah Anda?
Berikut perbedaan antara orang sombong dan orangpercaya diri:
1.Orang sombong menganggap dirinya lebih tinggi dari orang lain.Sedangkan orang percaya diri percaya bahwa dirinya memiliki keunikandan talenta sebagaimana yang dianugerahkan berbeda kepada setiaporang.

2. Orang sombong seolah selalu tahu apa yangpaling baik untuk orang lain. Sedangkan orang yang percaya diriselalu terbuka tentang pendapatnya terhadap orang lain.

3.Orang sombong biasanya tajam terhadap orang yang ia lihat sebagaisaingan. Orang percaya diri sudah lahir dengan kemampuan untukbersaing.

4. Orang sombong sulit dan bahkan tidak pernahmengakui kesalahan mereka. Orang percaya diri tidak takut untukmengaku bahwa ia melakukan kesalahan.

5. Orang sombongbiasanya suka jika orang lain melakukan kesalahan Sedang mereka yangpercaya diri suka membantu orang menghadapi kesalahan yang merekabuat.

6. Orang sombong biasanya sangat peduli denganpendapat orang lain terhadap dirinya. Sedangkan orang percaya diritidak terlalu peduli dengan pendapat orang lain terhadapdirinya.

7. Orang sombong biasanya suka membanggakandirinya, sedangkan mereka yang percaya diri cenderung diam.

Lalubagaimana cara menjadi percaya diri tanpa berubah menjadisombong?

Peduli akan penampilan
Perbaiki penampilanAnda tanpa maksud bahwa orang lain akan kemudian memuji Anda karenaitu. Lakukan itu karena Anda tahu bahwa Anda harus mengeluarkan sisiterbaik dari diri Anda.

Berikan senyumantulus
Berusahalah untuk senyum kepada semua orang sebagai ungkapanhati Anda yang paling dalam, bukan senyum karena orang bisa terpesonaterhadap senyuman Anda. Senyuman tulus adalah lambang percaya diridan kode kepada orang lain bahwa Anda adalah orang baik yang bisamenjadi teman yang baik pula.

Perhatikan oranglain
Mulai sekarang, berikan waktu Anda untuk menanyakan kepadateman atau orang sekitar Anda apa kabar mereka dan libatkan diri padamereka, serta lakukan itu dengan tulus pula. Tunjukkan bahwa Andamelihat mereka sebagai orang-orang yang Anda hargai, siapapun danapapun posisi mereka.

Jangan ketinggalan jaman
Untukjadi orang yang percaya diri, Anda perlu terus menginformasikankepada diri Anda tentang apa yang terjadi di sekitar Anda. Caranya,ikuti berita di koran dan televisi. Ini membantu Anda percaya dirijika terlibat percakapan dengan siapa saja. Asal jangan jadi soktahu!

Luaskan pergaulan
Jangan puas berada dilingkungan kecil milik Anda sekarang. Sebisa mungkin luaskanpergaulan. Jangan pilih-pilih teman dari segala kalangan. Melihatdunia dari segala perspektif bisa membantu Anda untuk menjadi percayadiri tanpa menjadi sombong. Karena Anda tahu bahwa di atas langitmasih ada langit dan Andapun tahu bahwa di dunia ini masih banyakorang yang hidup dalam kesulitan.

Mensyukuri keberadaanAnda
Ini adalah kunci penting untuk menjadi orang yang percayadiri. Banyak orang yang tidak percaya diri karena melihat kelemahandirinya. Dan banyak orang yang menjadi sombong karena merasa apa yangmereka punya lebih dari orang lain. Padahal inti bersyukur ialahmenyadari bahwa semua itu berasal dari Tuhan semata. Tuhanpun bisamengambilnya kapan saja Ia mau. Karena itu tidak ada yang perludisombongkan tapi tidak ada pula yang tidak disyukuri.Dengan keunikanAnda, Anda bisa menjadi diri sendiri dan bisa berusaha memberi yangterbaik.

Ubah pola pikir Anda
Dengan semuapengetahuan itu, mulai ubah cara pAndang Anda terhadap dunia. Jikapola pikir Anda sudah terbentuk, itu akan tercermin kepadagerak-gerik Anda, kata-kata Anda, dan perilaku Anda.

0 comments:

Post a Comment