Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Saturday, September 3, 2011

Wahai Sahabatku

Wahai Sahabatku, Saudaraku, ...

janganlah kalian mendekati orang karena kebaikan fisiknya. karena suatu saat nanti ketika fisiknya tak sebaik sekarang, Orang yang Anda dekati masih berharap dekat dengan Anda. Sementara Anda sudah tidak menyukainya lagi Karena fisiknya tak sebaik dulu.

janganlah kalian mendekati orang karena kelebihan hartanya. Karena suatu saat ketika hartanya tak selebih sekarang, Orang yang Anda dekati masih berharap tetap dekat dengan Anda. Sementara Anda sudah tidak menyukainya lagi karena hartanya tak lebih banyak dari dahulu.

janganlah kalian mendekati orang karena kepintarannya. Karena suatu saat ketika kepintarannya tak digunakan lagi, Orang yang Anda dekati masih berharap tetap dekat dengan Anda. Sementara Anda sudah tidak menyukainya lagi karena sudah tak ada lagi keperluan atas kepintarannya.

janganlah kalian mendekati orang ketika butuh saja. Karena suatu saat ketika sedang tak dibutuhkan, Orang yang Anda dekati masih berharap dapat dekat dengan Anda.

Dekatilah orang sebagaimana Kamu ingin didekati oleh orang lain. Tentu Kamu tidak mau didekati orang hanya karena orang tersebut suka terhadapa apa yang ada pada Kamu, dan segala kebaikan yang ada pada Kamu sehingga orang tersebut merasa diuntungkan oleh Kamu. Setelah keuntungan berkurang, tak lagi mendapatkan apa-apa dari Kamu, bersiaplah ketika sedikit demi sedikit Anda ditinggalkan. Persahabatan tidak mengenal komensalisme apalagi parasitisme. Persahabatan itu simbiosis mutualisme. Keduanya diuntungkan dengan keberadaan masing-masing sahabatnya. Keduanya saling melengkapi.

Jangan jadikan orang lain sebagai anak tangga yang kau injak untuk dapat mengantarmu ke puncak tujuan Kamu.

0 comments:

Post a Comment