Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Sunday, October 23, 2011

Blender


Jika anda ingin membaca opini saya makabacalah sampai selesai.
Jika anda tidak ingin membacanya saransaya, bacalah sampai selesai.

Pada tahun 1988, Ton Roosendaalmendirikan studio animasi NeoGeo Belanda. Studio ini segera menjaditerbesar 3D animasi rumah di Belanda. Dalam NeoGeo, Ton bertanggungjawab untuk kedua arah seni dan internal pengembangan perangkatlunak. Setelah musyawarah diputuskan hati-hati bahwa saat inidi-rumah 3D toolset perlu ditulis ulang dari awal. Pada tahun 1995ini mulai menulis ulang dan ditakdirkan untuk menjadi perangkat lunak3D kita semua sekarang tahu sebagai Blender.
Pada tahun 1998, Ton mendirikan sebuahperusahaan baru yang disebut Not a Number (NaN), pada pasar lebihlanjut dan pengembangan Blender. model bisnis NaN terlibatmenyediakan produk-produk komersial dan jasa sekitar Blender. Padatahun 2000 perusahaan pembiayaan pertumbuhan dijamin dengan beberapaperusahaan investasi. Target adalah untuk menciptakan alat penciptaangratis untuk 3D interaktif (on-line) konten, dan versi komersial dariperangkat lunak untuk distribusi dan penerbitan.
Sayangnya, karena penjualanmengecewakan dan iklim ekonomi yang sedang berlangsung sulit, parainvestor NaN memutuskan untuk menutup semua operasi awal tahun 2002.
Antusias dukungan dari masyarakatpengguna dan pelanggan tidak bisa meninggalkan Blender. Sejak memulaikembali perusahaan dengan tim pengembang yang cukup besar tidaklayak, Mei 2002 Ton Roosendaal memulai nirlaba Yayasan Blender.
Tujuan pertama Yayasan Blender adalahuntuk menemukan cara untuk terus mengembangkan dan mempromosikanBlender sebagai sebuah komunitas berbasis proyek open source. Padabulan Juli 2002, Ton berhasil mendapatkan investor NaN untukmenyetujui rencana Yayasan Blender unik untuk mencoba open sourceBlender. The "Free Blender" kampanye berusaha mengumpulkandana EUR 100.000, sebagai biaya , sehingga investor NaN akan setujupada Blender menjadi open source. Ini merupakan kejutan bagi semuaorang dan hasil kampanye mencapai USD 100.000 hanya dalam tujuhminggu . Pada hari Minggu 13 Oktober 2002, Blender diluncurkan kedunia di bawah GNU General Public License. Blender pembangunandilanjutan sejak hari itu didorong oleh tim relawan berdedikasitersebar dari seluruh dunia yang dipimpin oleh pencipta asliBlender's, Ton Roosendaal.
Dengan Blender berasal sebagai alatpenciptaan di-rumah, umpan balik sehari-hari dan interaksi dari keduapengembang dan penggunakan perangkat lunak adalah salah satu fituryang paling menonjol. Dalam 2,5 tahun pertama pembangunan opensource, terutama ini keunikan Blender yang telah terbukti sulit untukmengatur dan menjaga.
Alih-alih mendapatkan dana untukmembawa bersama pengembang perangkat lunak, Yayasan Blendermemutuskan untuk memulai sebuah proyek untuk membawa bersama-samapara seniman paling terkemuka di komunitas Blender dan tantanganmereka untuk membuat animasi 3D film pendek yang menarik.
Ini adalah bagaimana "ProyekOrange" dimulai pada tahun 2005, yang mengakibatkan pertama dandiakui secara luas Movie Buka di dunia "Elephant Dream".Tidak hanya adalah sepenuhnya dibuat dengan menggunakan alat OpenSource, akhir-hasil dan semua aset seperti yang digunakan dalamstudio diterbitkan di bawah lisensi terbuka, Creative CommonsAtribut.
Karena kesuksesan luar biasa dariproyek film pertama kali membuka, Ton Roosendaal, mendirikan "BlenderInstitute" di musim panas 2007. Sekarang ini kantor permanen danstudio untuk lebih efisien mengatur tujuan Yayasan Blender, tetapiterutama untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi Open Project yangberhubungan dengan 3D film, permainan atau efek visual.
Pada bulan April 2008 Proyek Peach,film terbuka "Big Buck Bunny", telah selesai di InstitutBlender. Pada bulan September 2008, game terbuka "YoFrankie!"dirilis.
Juli 2009, Ton mendapat penghargaanDoktor Kehormatan Teknologi oleh Leeds Metropolitan University, untukkontribusi luar biasa untuk teknologi kreatif.
Tentang Sejarah Blender
Translate by Maghfur di Googletranslate
Sumber :http://www.blender.org/blenderorg/blender-foundation/history/


Apa itu blender? Apakah kalian pernahmendengar istilah blender. Pasti sudah kan. Ya, Blender adalah alatuntuk membuat aneka : ,
- Aneka Jus
- Aneka Sambal
-Pengocok Telur
- Pengocok Susu
- Pop Ice/Cappucino. Hahaha
Ya pokok.e itu lah.
tapi yang sayamaksud bukan blender yang tertera di atas.
blender ini lain daripada yang lain.
Oke langsung saja.
Nama Software 3d yang satu ini aneh danlucu, terutama bagi yang baru mendengar dan mengenalnya. Terdengaraneh, cemen, lucu dan sebagainya. memang tidak ada nama lainnya yanglebih keren. seperti 3dsMax, Maya, softimage dan lainnya.
Nama lengkapnya adalah blender tigadimensi alias Blender3D.
Nama tidak begitu penting, yang pentingkegunaan Software ini sangat powerfull! yaitu untuk membuat 3dgraphic.
Blender adalah software animasi yangberbasis opensource. Lebih tepatnya blender merupakan software opensource dan gratis pula.
Kegunaan blender juga ber variasi,selain membuat animasi blender juga bisa untuk membuatgame,desain,arsitektur, editing video, DLL.
Kelebihan blender sudah tidak diragukan lagi tapi, Pemakai blender di indonesia masih tergolongsedikit, meneh meneh nak solotigo. padahal blender ini sangatlah luarbiasa, tapi orang yang belum mengetehui blender mereka pasti bilang“Blender ki opo toh, mending 3Dsmax.
ya, blender masih dipandang sebelah mata.
Saya jelaskan sedikit tentang 3dsmax.
3Dmax adalah salah satu paket perangkatlunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasanseperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedityang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Ya pokok.nyakedua software ini sama sama untuk membuat animasi,. Haha,lebihtepatnya sejenis.
3dsmax sering di pakai di sekolah sekolahjurusan animasi sampai sekarang ini,. padahal di amerika 3dsmaxsangatlah tidak terkenal,.mending blender,.
Ya memang 3dsmax itubagus tapi BERBAYAR, dan menurutku 3dsmax adalah program CACAD.Berbeda dengan blender yang gratis dan powerfull.
Yang paling penting adalah.
salahsatu ciri dari software 3D yang hebat adalah ia mempunyai sebuahscript atau bahasa code yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerjadari software 3d tersebut, misalnya 3dsmax dengan maxscript-nya, Mayadengan MEL scriptnya. Sedangkan di Blender dengan Python.

Sedikit pendapat dari pengguna blender.
Tory :
oosh!! software ini makin hari makinmenakutkan.

+ kelebihanya
+ gratis (bagi yang tidak punya uangbisa jadi pilihan dari pada mbajak)
+ bisa di windows dan dilinux
+ bisa jadi portable
+ dan open source
+ fitur sangatterlalu lengkap
- kekuranganya sulit di jalankan
Tatsumaki :
software ini makin hari makin jadiflash tapi 3d
+ animation blender ok flash ok
+ programingblender ok flash ok
+ kecepatasn engine grafis (lebih cepatblender karena langsung pakai open gl)
+ user interface (lebih mudah flash)
+Sangat luar biasa,.
+ Tapi walaupun Blender memang tidak di desainbuat pemula tapi dengan latihan pasti bisa.
(Rugi kan kalau dikasih barang keren di buang gratis lagi)
+ 3ds max aja kalah samablender
+ Blender itu all in 1 program 3d gratis lagi.

Kak Septian :
Blender sangat layak digunakan untukpembuatan film animasi 3d profesional (Sintel, Big Buck Bunny,Elephant's Dream). Selain fitur-fitur wajib untuk aplikasi animasi 3dseperti subsurface modeling, matrial and texture, rigging,compositing, dan lain sebagainya, blender juga telah mengintregasikanfungsi video editing, sehingga kita tidak perlu menggunakan aplikasilain untuk meng composite animasi kita. Berbeda dengan aplikasi 3dlain yang lebih mengandalkan toolbar yang merepotkan (harus mencariicon perintah dulu, bahkan hanya untuk navigasi), blender lebihmengandalkan shortcut, sehingga kita bisa lebih fokus ke workspace.Internal render engine nya, dengan pengaktivan ambient occlusion danindirect lighting, sudah cukup mumpuni untuk membuat hasil renderyang mendekati foto. Sebagai aplikasi ramah hardware, blender jugatidak terlalu tergantung pada seberapa bagus vga kita untuk merender(tidak seperti beberapa aplikasi berbayar yang mengharuskan kitamengganti vga, yang lumayan mahal, agar render lebih cepat). blendermendukung berbagai format 3d dari software2 lain termasuk file .fbxdan .dfx dari autocad, .3ds dari 3ds max, serta .obj dari berbagaisoftware lain. yang paling hebat dari blender adalah bahwa blenderbebas kita gunakan secara gratis dan kita modifikasi sesuai kebutuhankita (berbagai macam versi blender yang dimodifikasi bisa di downloaddi graphicall.org) (wah Panjang beudd yak)
Cetol (gilank) :
yang pasti blender sangat mudahuntuk digunakan, dan saya tekankan software ini GRATIS, dan bebasuntuk di otak atik sesuai selera kita.


Ya, itulah sedikit tentang blender,lebih lanjutnya hubungi ketua KBQT.
Atau mungkin ada yang berminatuntuk belajar blender mungkin. Gampang kok tinggal pencet tombolstart aja. Pasti jusnya nya akan keluar. Loh kok malah jus.
Yangpasti yang mau belajar blender3D silahkan hubungi ketua KBQT(komunitas Blender Qaryah Thayyibah)

0 comments:

Post a Comment