Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Sunday, October 23, 2011

Komunitas Bersepeda


Komunitas Bersepeda
Siapa yang tidak inginsehat? Jika ada yang menjawab “tidak”, maka jangan sampai andasedikitpun mengeluh karena sakit. Dan jangan sekali-kali anda memintakesembuhan kepada-Nya, jika ini memang ulah anda sendiri.
Kesehatan memanglahsangat dibutuhkan bagi semua orang, kecualibagi dia yang tidak merasa dan tidak sadar dengan segala yang telahdimiliki. Memang sudah saatnya kita mengetahui apa saja yang kitamiliki dan yang harus kita jaga, bahkan yang terkecil sekalipunseperti halnya milyaran sel yang melayang-layang di tubuh kita.Mungkin saat ini kita tidak pernah sadarbahwa setiap hari, paru-paru kitaberkembang-kempis, darah terus mengalir,dan bahkan sampai-sampai kita tidak menyadari enzim-enzim di tubuhkita yang sangat penting keberadaanya. Maka dari itu,akhir-akhir ini di KomunitasBelajar QaryahThayyibah (KBQT) memang sedang digalakkanyang namanya belajar menjaga kesehatan diri sendiri danbahkan orang lain. Dulunya diKomunitas ini hanya ada satu pelajaran,yaitu “manfaat”. Tetapi sekarangini bertambah satu lagi pelajaran wajibyaitu “pelajaran kesehatan”.
Selain adanya jum’atsehat (forum kesehatan yangwajib setiap jum’at) di KBQT, adajuga sekelompok anak yanglebih rinci dalam mempelajari tentang organtubuhya langsung dengan seorangDokter. Sempat, saya mengintip mereka yang sedang belajartentang organ tubuh, mereka memulainya dari makhluk yangterkecil yaitu sel, jaringan, kemudian diakhiri dengan sedikitmenyinggung tentang tulang. Mungkin itulah beberapa hal yangsering kita lalaikan keberadaanya. Dan saatsekilas mendengarkannya, ternyatabenda-benda yang selalu terlupakan keberadannya tersebut sangatlahpenting perannya bagi kita, merekalah hidupkita.
Hukum alam yang memangtidak bisa kita pungkiri, setiap ada kesepakatan baru tentunyakedepannya akan adayang bertabrakan, dan pastinyaharus ada solusi untuk masalah itu agarmendapatkan kesepakatan yang lebih efisien.Tidak etis rasanya, menginginkan kesehatanhanya dengan membaca, belajar, dan diskusi, kapan akan segeradiadakan wujud realistis dalam menjaga kesehatansehari-hari? Bahkan akhir-akhir inimasih sering kita jumpai kebiasaan tidaksehat di KBQT. Nah,akhirnya muncul dua kesepakatan baru yang dapat menggantikankebiasaan kurang baik tersebut dengan yang lebih baik.
Saat ini diKBQT sedang gempar tentang pengharaman rokok dan menggantisepeda motor dengan sepeda ontel. Menggunakansepeda ontel ternyata memang sangat banyak manfaatnya,pertama bagi kesehatantubuh, kemudian untuk lingkungan sekitar,ekonomi, dan bisa juga kok diet sehatdengan bersepeda.
Untuk kesehatan, terutamapada tulang punggung, lutut, jantung, bahkan system kekebalan tubuh.Kegiatan bersepeda juga dapat menjadiolahraga diet karena akan membakar banyakkalori. Dan untuk lingkungan, kegiatanbersepeda sangat menguntungkan diri kita sendiri, orang lain, danlingkungan yang kita bahkanplanet tercinta kita ini. Bukan lagi sepeda motor yang terusmemproduksi polusi dan membuat kitamenjadi orang yang egois. Belumlagi, sangat baik untuk ekonomi juga di bidangtransportasi yang saat ini diributkan dengan kemacetankarena membludaknya kendaraan bermotor juga sepertisepeda motor dan mobil.
Itutadi sedikit manfaat dari bersepeda. Mungkin bersepedamemanglah pilihan yang sangat tepat bagi KBQT, danseandainya seluruh negeri kita atau bahkan seluruh penduduk dunia inimewajibkan diri untuk bersepeda, maka permasalahan terbesarkita seperti halnya GlobalWarming atau semakinkritisnya keadaan bumi ini, kekuranganbahan bakar, semakin macetnya jalan-jalanibu kota, ekonomi masyarakat, dan penyakityang terus menjajah akan segera selesai tanpa tersadari. Tapi, bukanselayaknya “bersepeda” itu untukdiwajibkan, karena ini menjadi kebutuhanbagi kita semua. Kadang kala “peraturan wajib” hanya akan membuatotak kita terus berfikir bahwa kita terbebani dan juga segalakebutuhan akan menjadi semu.

0 comments:

Post a Comment