Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Sunday, October 23, 2011

Pelatihan E-lalang


PelatihanE-lalang
KBQT memberi wadah untukmengetahui lebih dalam tentang dunia “Media Cetak”. Denganmengadakan pelatihan E-lalang yang diselenggarakan selama empat hari,mulai tanggal (18-21 juli 2011). Selain untuk pelatihan danpengenalan tentang media cetak, acara ini sekaligus mencari pewariskeredakturan E-La2ng yang saat ini anggotanya memang sudah memilikikesibukan sendiri-sendiri. Para peserta dalam acara ini tidak hanyadari warga KBQT saja, tetapi ada beberapa orang alumni dan tamu yanghanya sekedar ingin tahu tentang media cetak.
Para narasumber dalam acaraini tidak lain adalah para tim E-La2ng yang sudah sepuh.Dalam acaraini, para peserta akan dijelaskan tentang SDM (Sumber Daya Manusia)dalam bidang media cetak, tentang managementdankeredaksian dalam media cetak, serta proses pembuatan buletinE-La2ng. Dalam pelatihan ini, para peserta juga diajarkan menulis dandijelaskan opini, artikel, dan berita.
Menurut saya waktu empat hariyang telah diagendakan sangat kurang untuk bisa menjadi orang yanghandal dan profesional, karena waktu empat hari ini memang sangatsingkat bagi saya. Dalam pelatihan ini masing-masing peserta jugamerasakan banyak pengalaman, diantaranya:
1. Pengakuan dari salah satupeserta yang bernama Churil Mawa Shofa seorang mahasiswi dari IKAHA(Institut Keislaman Hasyim Asy’ari) Tebu Ireng Jombang pertama kalimengikuti pelatihan E-lalang. Dia merasakan mempunyai banyakpengalaman mulai dari teman baru, pengetahuan tentang bagaimana caramenerbitkan sebuah majalah dan merasakan metode langsung praktek yangdilakukan oleh E-lalang lebih menarik.
2. Nurin, dari kelas Sarungi:Menurut pengakuannya pelatihan E-lalang sangat menambah wawasantentang penulisan dan bisa tahu bagaimana caranya menulis artikel danopini yang benar.Setelah mengikuti pelatihan ini dia juga sudah bisamemahami apa isi opini dan artikel.
3. Arin, dari kelas POF:Dengan diadakannya pelatihan E-lalang ini saya bisa bernostalgiadengan temen-temen di KBQT yg kurang lebih 1,5 tahun gag ketemuterutama dengan temen-temen dari POF, dapat pengalaman baru tentangpembuatan majalah, Opini dan artikel.
4. Sofyan, dari kelas Sarungi:Dari pembicaraan awal mendapatkan suatu motivasi untuk bergabung danbelajar di dunia majalah E-lalang. Dalam pelatihan ini saya menemukansemangat yang membuat saya berani mengajukan diri sebagai redaktur.Dari hasil kemarin saya sudah membuat E-lalang sebanyak dua kali danbertugas berbeda antara satu edisi dengan edisi lain. Saya masihkurang sempurna dibidang yang saya lakoni.
5.Hasan,darikelas EKG : saya dapat lebih mengenal soal artikel dan opini, Dapatkopi dan roti, Skill menulis saya mengalami peningkatan.
Saya harap semoga pelatihanini tidak hanya sampai disini tetapi ada kelanjutan agenda di lainkesempatan.

0 comments:

Post a Comment