Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Sunday, October 23, 2011

Shalma

Senin 17 Mei 2010, hari ini aku berangkat pada pukul 08.00. Sesampainya disekolah saya mengikuti upacara, upacara kali ini beda banget sama sekolah-sekolah formal lainnya. Disini kami tidak harus berdiri dibawah terik matahari dan harus hormat kepada sang bendera merah putih. Kami hanya duduk manis membundar untuk sharring bareng. Disitu kita diwajibkan untuk menceritakan kondisi kelas kita masing-masing dan habis itu menceritakan tentang kegiatan personal, tidak lupa juga membahas tentang kondisi QT yang sekarang. Dan setelah semuanya selesai kita sharringkan, upacarapun kita bubarkan. Sesudah itu kita kumpul kelas masing-masing, dan kelasku pun masih menunggu Bang Tholib yang sedang mendampingi kelas 3 SMP didepan mushola. Setelah beberapa menit kita menunggu, akhirnya kelasku pun kumpul. Dan disni kita kumpul seperti biasa, tapi kita disuruh mengumpulkan biodata kelas dan memperjelas soal blog yang akan diisi tentang laporan kelas dan laporan personal. Sesudah kumpul sama kelas, saya diajak kumpul Radio Komunitas (RAKOM). Kita akan membahas tentang pelatihan yang akan dilaksanakan Senin depan. Disaat pembahasan kita sudah hampir selesai, dan disitupun kita anak-anak RAKOM sedikit ada masalah yang sangat fatal. Kitapun langsung membenahi semua jadwal-jadwal pelatihan yang menurut Bu Nurul tidak jelas. Dan saat anak-anak pada lagi membenahinya, aku langsung tergiur untuk ikut Ela pergi keSuruh. Tapi disitu ternyata ada yang ketinggalan, langsung dia bergegas untuk mengambilnya. Dan akupun ikut menemani dia, saat sampai rumah dia, kita langsung berangkat keSuruh. Akhirnya kita sampai juga diSuruh, dan setelah semuanya terpenuhi kita memutuskan untuk kembali kesekolah. Karena kita masih ada sholat jama’ah dan tausiah yang memang wajib bagi warga QT. Sesampainya disekolah, ternyata anak-anak sudah pada memulai tausiah, telat beberapa menit. Tausiah kali ini sepertinya membahas tentang cerita Nabi, yang telah dibawakan oleh Pak Ahmad dan teman-teman lainnya. Setelah beberapa menit kita mendengarkan, tausiahpun berakhir, dan setelah itu aku langsung pulang.
Selasa 18 Mei 2010, hari ini aku dan teman-teman team Radio Komunitas (RAKOM) kumpul. Kita mulai kumpul jam 09.00, guna membahas kelanjutan pelatihan untuk Senin depan. Disaat pembahasan kita mulai didebatkan dengan suatu masalah yang masih belum kelar. Disitu Pak Ahmad langsung bergabung dengan kita dan beliau telah memberikan pencerahan kepada anak-anak RAKOM. Yang sesungguhnya pelatihan itu tidak terlalu penting untuk kita, karena itu hanya buang-buang waktu kita untuk mempercepat kelancaran RAKOM ini. Dan kalau kita mencoba untuk berjalan sendiri tanpa adanya pelatihan, dengan begitu anak-anak RAKOM  bisa mengerti lebih dalam soal radio, walaupun memang masih perlu belajar. Dan kita juga bisa lebih cepat untuk mengudarakan radio kita dimasyarakat. Setelah kita fikir-fikir lagi, ternyata yang diomongin sama Pak Ahmad ada benarnya juga. Kita memutuskan untuk tidak mengadakan pelatihan, radio ingin menjadi anak-anak yang mandiri. Dan setelah semuanya terencana, disitu kita langsung membagikan tugas  kepada anak-anak Radio Komunitas. Setiap anak diradio ini harus bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing, karena ini harus kita laksanakan dengan baik-baik agar QT maju. Dan setelah semuanya telah mendapatkan tugas sendiri-sendiri, kumpulpun kita bubarkan. Sesudah itu tidak ada lagi pekerja’an yang aku lakukan, dan beberapa jam aku lewati dengan ngobrol sama teman-teman didepan RC. Adzan dhuhurpun tiba, aku dan anak-anak seperti biasa mengikuti sholat jama’ah dan tausiah didepan mushola. Tausiah kali ini telah dibawakan oleh saudara Arif dari kelas 2 SMP. Disitu dia bercerita tentang ketampanan/kecantikan yang dimiliki oleh setiap manusia. Dan kalau menurutku kecantikan/ketampanan seseorang itu tidak terlalu penting, karena tidak selamanya wajah menggambarkan hatinya. Dan kita sebagai manusia harus menghargai apapun yang telah kita miliki. Setelah ceritapun selesai, kita disuruh berkomentar dikertas kecil yang sudah disediakan waktu tausiah. Habis tausiah selesai, aku dan anak-anak Teater Gedhek kumpul. Karena kita telah disuruh untuk menampilkan sebuah karya, demi menyambut tamu dari Padang. Disitu kita mulai bingung mau menampilkan apa, karena memang semua ini mendadak dan kita juga belum ada persiapan sama sekali. Dan kamipun memutuskan untuk tidak menampilkan apapun, karena memang masih bingung mau menampilkan apa. Setelah semuanya telah jelas, kumpulpun telah kita bubarkan. Dan aku langsung pulang.
Rabu 19 Mei 2010, hari ini aku kumpul kelas untuk belajar bareng sama Bu Ning. Karena disitu Bu ning juga tidak datang, kami memutuskan untuk tetap kumpul membahas kumpul kelas malam yang sekarang diadakan setiap dua kali dalam satu bulan. Dan disitu anak-anak ada yang minta hanya satu kali sebulan, pokoknya pendapat kami berbeda-beda. Dan setelah semuanya kelar, pembahasan diganti dengan membahas jadwal-jadwal yang ada. Karena jadwalnya terkadang juga tidak menentu, kami telah merombaknya kembali. Jadi tidak hampir tiap hari kita belajar akademik, tapi hari Seninpun kita libur. Setelah semua tersusun dengan jelas dan rapi, akupun dan Khusnul anak kelas 2 SMA pergi kerumahnya mbak Emi anak UK. Kita disana membahas tentang acara-acara yang diadakan diRadio Komunitas (RAKOM). Karena kita bertiga memang tanggung jawab acara, jadi kita harus bertanggung kepada tugas kita. Dan hampir beberapa jam kita menyusun dan mencari ide-ide acara yang mungkin bisa membuat para pendengar menjadi nyaman. Dan acarapun telah tersusun, dan setelah semuanya selesai aku dan Khusnul memutuskan untuk kembali kesekolah. Guna mengikuti sholat jama’ah dan tausiah, sampai disana adzan dhuhurpun langsung berkumandang. Dan tausiah kali ini dibawakan oleh Pak Ahmad, beliau bercerita tentang Nabi Yusuf. Aku sebenarnya tidak terlalu mengerti tentang cerita Nabi, karena memang aku tidak pernah membaca tentang buku cerita Nabi. Tausiahpun selesai, dan aku mengikuti kumpul sampah. Disitu yang ada hanya aku, Fani dan Pak Ahmad, kita bingung mau bahas apa. Dan akhirnya aku dan Fani mendengarkan ceritanya Pak Ahmad tentang kehidupan temannya. Setelah beberapa menit berlalu, kita langsung bubar, dan akupun pulang.
Kamis 20 Mei 2010, hari ini aku dan teman-teman kelas kumpul dengan Mrs Eli untuk belajar B.Inggris. Kali ini kita belajar tentang “My Best Experiences”, dan disitu menjelaskan tentang pengalaman terbaikku. Disaat ada percakapan B.Inggris di modul yang kita pelajari, Mrs Eli menyuruh kita bercakap dengan teman sebelah kita. Disitu aku merasakan kelas itu enjoy banget, ternyata belajar bareng itu lebih mengasyikkan daripada belajar sendiri, tidak paham-paham. Dan saat itu pasanganku adalah Khusnul anak kelas 2 SMA. Setelah percakapan selesai, kita mencoba memahami setiap kalimat dan kata-kata. Dan kitapun disuruh menjawab pertanya’an-pertanya’an yang ada dimodul itu. Sesudah itu kita menuju kehalaman berikutnya, disana kita mencoba membaca dan memahami apa isi dari cerita tersebut, dan itupun menjadi PR kita dirumah. Dan akhirnya belajarpun selesai, disitu Mrs Eli telah memberikan sedikit pengertian tentang Filsafat. Filsafat musik, filsafat agama dan pokoknya masih banyak lagi. Sungguh susah untuk memahami setiap perkata’an dalam Filsafat ini, karena ilmu ini belajar tentang kehidupan yang bijaksana. Sedikit demi sedikit kita mendengarkan penjelasan dari Mrs Eli, dan kelaspun bubar. Dan setelah itu aku kumpul RAKOM, memang tidak semuanya. Ini hanya kumpul orang-orang yang inti saja, disana kita harus memikirkan kedepanannya Radio Komunitas ini. Satu persatu kita mulai, dan dari tanggung jawab acara yaitu aku, Emi dan Khusnul mulai berbicara. Sesudah itu langsung pindah ke tanggung jawab reporter yang telah diketuai oleh saudari Upik dan dibantu oleh Fani dan Isma. Setelah semuanya kelar dan telah jelas, kita semua bubar. Dan disitu aku ikut anak-anak membuat Yogurt dengan Ibu Sri. Pada saat pembuatan dimulai aku hanya bisa melihat bentar saja, karena bosan aku keluar. Setelah itu aku langsung menghampiri Tia yang ada didepan Mushola bersama anak-anak kelas 3 SMP. Dan disana mereka sedang mencoba mengerjakan soal-soal ujian seperti Try Out. Setelah beberapa menit aku kembali lagi kepembuatan Yogurt, dan ternyata sudah selesai. Ternyata Yogurtnya masih didiamkan selama 24 jam, itu waktu yang sangat lama banget hampir satu hari. Dan setelah itu adzan dhuhurpun tiba, dan seperti biasa sholat jama’ah dan tausiah kita mulai. Tausiah kali ini kita diberi ilmu kesehatan dari Ibu Sri, beliau adalah dokter. Hidup sehat itu memang perlu banget untuk kita semua, karena itu demi kebaikan kita semua. Agar kita tidak terserang penyakit-penyakit yang selama ini ada didiri kita. Setelah tausiahpun selesai dan kita juga sudah merasa cukup dengan penjelasan dari Ibu Sri, tausiahpun kita bubarkan. Dan aku langsung pulang.
Jum’at 21 Mei 2010, hari ini aku berangkat pukul 08.00 pagi. Karena ada belajar Matematika bareng sama Bang Tholib. Dan saat itu aku kerumahnya tia dulu, dan waktupun terus berjalan. Ternyata aku dan Tiapun telat, sesampainya disekolah anak-anak kelas lagi pada belajar tentang “Logaritma”. Dan tamu dari Padangpun juga sudah pada datang. Jadi sekolah kelihatan ramai, setelah anak-anak sudah mulai pusing dan bosan belajar. Kitapun memutuskan untuk mengakhiri belajarnya dan diteruskan pada Jum’at depan. Habis itu aku langsung kedepan RC, karena aku disuruh sama Mbak Maia mengikuti kumpul flim dengan orang Padang. Setelah ditunggu beberapa menit, terus aku diajak Dewi keMbah Lam. Disana kita bercanda tertawa bareng, ada aku, Dewi,Ula, Mas Zulfi dan Nurul. Setelah makanpun selesai, kitapun memutuskan untuk pulang. Dihari Jum’at ini sholat jama’ah dan tausiah memang ditiadakan. Jadi anak-anak lebih sering tidak berangkat dihari ini.
Sabtu 22 Mei 2010, hari ini adalah hari yang aku tunggu-tunggu. Yaitu setiap sebulan sekali disekolah mengadakan GK (Gelar Karya). Jadi anak-anak yang ditunjuk harus menampilkan/menyumbangkan karyanya kepada anak GK. GK kali ini lebih meriah karena ada juga tamu dari Padang. Dan tidak ketinggalan dengan penampilan band-band dari cowok yang menampilkan sebuah lagu diGK ini. Suasanapun jadi tambah seru, pokoknya tidak seperti biasanya. Dan juga dari orang Padang ada yang menampilkan tarian dari Padang yang sudah menjadi adat mereka. Kitapun telah menggila dibelakang mengikuti setiap gerakan-gerakan yang telah dirangkai. Setiap penampilan-penampilan semuanya tidak ada yang tidak seru, sempat juga tadi ada game-game yang tidak kalah serunya. Dan akupun ikut menampilkan sebuah lagu dari Bondan yang berjudul “Ya Sudahlah”. Disitu aku tampil dengan Ikhsan, Dewi dan Badi’ah, masih amburadul. Karena latihan saja tidak pernah, tapi kita mencoba tampil dengan semaksimal mungkin. Dan akhirnya kita telah berhasil membawakan lagunya, walaupun belum sesempurna yang kita bayangkan. Dan setelah itu diakhir acara ada video dari saudara Adi dari kelas 2 SMA. Dan setelah selesai, adzanpun tiba masih seperti biasa kita semua mengikuti sholat jam’ah dan tausiah. Tausih kali ini telah dibawakan oleh Pak Ahmad lagi, seharusnya saudari Naylul. Tapi karena dia tidak berangkat, jadi Pak Ahmad yang telah mengisi tausiah hari ini. Beliau tadi telah melontarkan suatu pertanya’an yang sangat sulit untuk kumengerti. Yaitu beliau berkata “Apa gelombang naik-turunnya iman?”. Dan tadipun jawaban setiap anak yang ditanya sama Pak Ahmad berbeda semua. Iman itu adalah keteguhan hati, jadi memang sudah tidak bisa diubah-ubah. Aku sendiri juga masih bingung, tapi belajar sedikit demi sedikitpun pasti akan tahu. Dan setelah beliau selesai bercerita, tausiahpun selesai. Dan aku sejenak duduk didepan mushola, selang beberapa jam aku langsung pulang. Sekian!!!

0 comments:

Post a Comment