Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Wednesday, November 30, 2011

Lumbung Sumber Daya Berkah Alam

Download Original File LSD Berkah Alam

Lumbung Sumber Daya Berkah Alam

Tafsir Lumbung Sumber Daya menurut Berkah Alam
Lumbung Sumber Daya adalah tempat untuk menyimpan, berbagi dan saling berlajar dari berbagai sumber daya. Dengan kaum muda sebagai motor penggerak utama LSD, program ini memberikan konsep baru tentang berbagi. Berbagi adalah salah satu ruang yang tidak bisa dimasuki oleh kapitalisme. Semua hal yang bersifat egois dan mementingkan diri sendiri tidak berlaku di LSD, semua saling mengisi saling menghargai.

LSD memimpikan para pemuda desa yang mampu berkarya dengan mandiri. Merdeka dari segala tuntutan yang opresif dan membelenggu. Munculnya jiwa pemuda yang sadar akan pentingnya untuk bertanggungjawab atas diri dan lingkungan tempatnya bernaung. Munculnya semangat berbagi dan terus berproduksi untuk memenuhi kebutuhan diri, bini dan negri.

LSD Berkah Alam dan belenggu KBQT
LSD Berkah Alam masih jauh dari cita-cita diatas. Masyarakat Kalibening memandang LSD Berkah Alam sebagai lembaga eksklusif milik Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT). Hubungan masyarakat sekitar dengan LSD sekedar hubungan penyedia jasa rental komputer <-> pelanggan.

LSD yang pada awalnya ditujukan untuk menjadi bagian dari masyarakat kini justru menjadi bagian dari KBQT. Ini terjadi bukan tanpa alasan. Benar saja, mengingat lokasi komputer berada di kompleks KBQT, serta pengelolaan yang ditangani oleh siswa-siswi KBQT.

Memang betul bahwa 4 dari 6 kader LSD adalah warga asli Kalibening. Tapi kader LSD kesulitan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang apa itu LSD mengingat nama KBQT sudah terlalu melekat dengan LSD. Kader-kader LSD BA tidak mampu memisahkan antara LSD dan KBQT. Akhirnya LSD BA benar-benar menjadi fasilitas penunjang belajar siswa KBQT.

LSD Berkah Alam belakangan
Setelah berjalan beberapa tahun terakhir. Anggota LSD-pun juga merupakan siswa-siswi KBQT. Namun, Meski sedikit melenceng dari tujuan awal, setidaknya fasilitas-fasilitas yang ada dapat bermanfaat.

Berbagai karya lseperti lagu, film, buku, buletin, naskah teater, kerajinan tangan, dll telah diproduksi di LSD BA. Karya diproduksi oleh warga KBQT yang juga merupakan anggota LSD BA. Karya-karya ini diproduksi oleh siswa-siswi KBQT dengan usia antara 15-23 tahun. Sebagian besar dari karya yang telah dihasilkan tidak berorientasi pada profit atau untuk dijual di pasar, tapi lebih sebagai hasil dari proses belajar warga KBQT.

LSD BA memang sangat produktif. Tapi jika dibilang mandiri secara finansial, sepertinya belum. Selama ini, LSD BA selalu mengalami defisit anggaran karena pemasukan yang terus menurun, sementara cost untuk menjaga dan merawat aset tetap sama.

Program Kerja LSD Berkah Alam tahun 2012
Ibarat 4 roda pada sebuah mobil, divisi Ekonomi, Pendidikan, IT, dan Humas pada dasarnya sangat terikat satu sama lain. Jika salah satu divisi tidak bekerja dengan baik, divisi yang lain akan pincang dalam menjalankan perannya.

Dengan beberapa program kerja sederhana yang telah disusun, LSD BA berharap dapat menemukan identitasnya sebagai Lumbung Sumber Daya.


# Divisi Pendidikan
Sesuatu yang direncanakan dan hendak dilakukan
  • Membuat wadah belajar untuk anak anak usia sekolah di Kalibening.
  • Anak usia sekolah memiliki kegiatan belajar di luar sekolah yang menambah pengetahuan selain ilmu eksak.
Indikator capaian yang bisa diukur secara obyektif
  • Komunitas dapat aktif berjalan. Dan menjadi kebutuhan masyarakat Kalibening.
  • Masyarakat dari segala kalangan dapat berkumpul menjadi satu atas kebutuhan mereka dalam belajar dan keinginan untuk berbagi ilmu.
Hasil yang diharapkan
  • Semua masyarakat dapat bergabung untuk belajar bersama.
  • Tercipta masyarakat yang produktif.

# Divisi IT
Sesuatu yang direncanakan dan hendak dilakukan
  • Pelatihan pengenalan Hardware dan software komputer untuk anggota
  • Pelatihan maintenance hardware, software dan jaringan untuk anggota
  • Pelatihan pengelolaan blog dan tata cara membuatnya
  • Pelatihan Instalasi & Up-grade: aplication tools, Operating System dan Hardware driver
Indikator capaian yang bisa diukur secara obyektif
  • Meningkatkan pegetahuan, ketrampilan anggota dibidang pengelolaan jaringan dan perangkat Informasi dan Teknologi
  • Anggota bisa Membantu mengatasi trouble yang timbul dari akses, koneksi, dan penggunaan perangkat IT beserta alatnya,.
  • Untuk blog, anggota bisa Up-date berita kegiatan dan informasi LSD di Blog

# Divisi Humas
Sesuatu yang direncanakan dan hendak dilakukan
  • Mensosialisakan kembali tentang adanya LSD. Dengan cara komunikasi langsung dengan masyarakat, lewat internet, dan media cetak (bulletin, stiker). Juga mensosialisasikan tentang voucher internet selama 10 jam kepada masyarakat.
  • Mengadakan pelatihan pembuatan kerajinan tangan untuk anggota dan kalau bisa untuk masyarakat.
Indikator capaian yang bisa diukur secara obyektif
  • Masyarakat lebih mengetahui tentang adanya LSD. Karena selama ini, kebanyakan masih anak- anak kecil yang datang. Masyarakat tau akan system voucher, sehingga diharapkan lebih menarik perhatian masyarakat.
  • Anggota dan masyarakat dapat membuat kerajinan tangan.
Capaian untuk tahun 2012
  • Kalangan anak-anak, remaja dan masyarakat lain terutama petani bisa mengetahui eksistensi LSD.

#Divisi Ekonomi
  • Divisi Ekonomi akan menjalin komunikasi dengan kelompok-kelompok produksi yang sudah berjalan di Kalibening.
  • Divisi Ekonomi akan melakukan berbagai pelatihan ketrampilan hidup untuk anggota dengan melibatkan kelompok-kelompok produksi yang ada di Kalibening.
  • Divisi Ekonomi akan menciptakan ruang diskusi kecil untuk berbagi ide tentang kewirausahaan.
  • Divisi ekonomi akan mengfasilitasi anggota yang akan mewujud-nyatakan ide untuk berwira usaha.

0 comments:

Post a Comment