Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Saturday, February 25, 2012

Belajar Bersama dan Mengerjakan Soal Semester Bersama


Ide, 19 Desember 2011

Anggi, Rusyan Fikr


Belajar Bersama dan Mengerjakan Soal Semester Bersama

Sebentar lagi kan di KBQT akan ada yang namanya ujian semester 1. Dan pelaksanaannya pada tanggal 19-22 Desember, karena pada tanggal 23 jawaban sudah harus selesai dan dikumpulkan. Bagi saya semester ini agak serius dibanding yang sebelumnya. Nah, dari sini muncul ide:

Saat mengerjakan soal, kita berkumpul di RC dan megerjakannya bersama. Mengapa? Karena jika kita tidak paham dengan pertanyaan yang diajukan, kita bisa bertanya kepada teman, atau adik dan kakak kelas yang bisa menjelaskannya. Walaupun kita boleh membuka buku, tapi buku tidak bisa menjelaskan dengan lebih detail daripada yang dijelaskan langsung dengan omongan.

Selain itu, kita juga bisa saling membantu kepada teman yang membutuhkan apa yang sekiranya kita paham tentang hal itu. Ibarat “berat dipikul, ringan sama dijinjing”, berat dikerjakan sendiri, ringan dikerjakan bersama-sama.

Tapi, seharusnya semua anak bisa berkumpul semua. Dengan begitu, semua pengetahuan yang dimiliki dapat digunakan bersama. Satu mata pelajaran, banyak yang harus dimengerti, missal: ilmu pengetahuan social terdiri dari geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi. Biasanya semua itu ada dalam semesteran. Buku di RC kan banyak yang membahas masalah itu, kita bisa mengambinya untuk mengetahui arti dari pertanyaan dan tentunya mencari jawaban dari membaca buku-buku itu. Walaupun untuk setiap kelas gak selalu ada bukunya.

0 comments:

Post a Comment