Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Saturday, February 25, 2012

Belajar

Senin- 28-11-2011


Belajar


From: Hana Rukhul Qisthi



Belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, guna agar kita menjadi tau sesuatu yang belum kita ketahui. Belajar tidak harus sekolah atau menuggu orang yang menerangkan kepada kita,akan tetapi belajar bisa dilakukan dimanapun kapanpun sendiri maupun bersama. seperti halnya di kbqt, jika belajar hanya menggantungkan seorang pendaping ,malah bisa-bisa nggak jadi belajar, dikarnakan pendapingnya yang sedikit dan belum tentu pendaping itu bisa apa yang ingin kita dipelajari.

Kbqt adalah komnitas belajar qoryah tayyibah yang terletak di jawa tegah-salatiga-kalibening. Kbqt adalah sebuah komunitas belajar,berbeda dengan sekolah, yang membedakan adalah metode pembelajarannya. Motode pembelajaran sekolah adalah: murid datang sekolah untuk belajar dari sesuatu yang disampaikan gurunya. Sedangkan dikomunita kbqt anak datang untuk belajar entah itu ada seorang pendaping ataupun tidak, dia tetap belajar. Walaupun ada seorag pendapingpun biasanya pendaping tidak mengajarkan ke anak itu, kecuali anak itu bertanya . Fugsi seorang pendaping di kbqt hanya memastikan bahwa anak itu belajar,berkarya dan juga mempunyai kegiatan. ketika terjadi diskusi antara anak dan pendaping atau saling berbagi pelajaran yang didapat ,bahkan jika seorang pendaping ingin mengajarkan sesuatu misalnya bhs inggris itu diperbolehkan, ataupun sebaliknya sianak yang mengajarkan. Karna semua itu guru. Di kbqt juga ada kelompok,yang biasanya disebut kelas,dan stiap kelas itu mempunyai nama masing-masing. Setiap kelas itu biasanya mempunyai pendaping yang paten,namun juga ada yang tidak punya, ada seorang pendaping didalam kelas ataupun tidak kelas harus tetap berjalan seperti yang telah disepakati oleh kelas.

Guna kelas di kbqt adalah , untuk curhat,untuk berlatih,shering,dll. Namun untuk target individu dan belajar pelajaran-pelajaran, biasanya dilakuka sendiri-sendiri,karna jika target individu dilakukan dikelas atau pelajaran pelajaran, itu sangat tidak efektif dikarenakan setiap orang itu mempunyai potensi yang berbeda,dan menyukai pelajaran yang berbeda juga. namun jika dikelas ada target bersama dan pelajaran2 ,itu tidak apa-apa, karna target bersama itu dilakukan bersama,dan semua anak dikelas itu telah sepakat , sedangkan pelajaran itu juga tidak apa-apa, karna dengan itu kita juga mendapat wawasan baru, yang terpenting jangan sampai menelantarkan target perindividu,dan belajarnya secara indivu serta menggatungkan target dan pelajaran di kelas. karna target individu dan belajarnya sendiri lebih penting untuk masa depannya.


Yang dibutuhkan dalam belajar sendiri adalah, istiqomah,komitmen,urut “contoh belajar yang tidak urut :biologi: baru mempelajari tetang bagian tubuh manusia baru sampai sampai fungsi jantung,udah ploncat sampai fotosintesis. kemudian “sabar”,” bertanya. Jika tidak tahu tanyakan orang yang sudah tau,atau cari di internet ataupun buku”.

Belajar atau mencari ilmu penting and penting seperti yang telah disapdakan oleh rosulloh saw.” Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Sesungguhnya orang yang menuntut ilmu itu dimintakan ampunan baginya oleh semua makhluk hingga ikan-ikan yang ada di laut”(hr.abdul barr,dari anas ra).

“menuntut ilmu itu lebih utama disisi allah daripada shalat puasa,haji,dan berjihat di jalan allah azzawajalla”(hr.dailami)

Rosululloh bersapda” inginkah kamu sekalian tahu,siapa yang paling mulia di antara penghuni surga?”.jawab para sahabat:” tentu saja kami ingin tahu,wahai rosuulloh”. Sapda rosululloh saw:” dialah para ahli ilmu dari kalangan umatku”

Ilmu itu sangat penting. Ilmu itu juga lebih mulia daripada ibadah,walaupun begitu ibadah tidak boleh ditinggalkan karena ibadah itu harus tetap menyertai ilmu. Jika tidak, ilmu-ilmu itu akan menjadi debu yang berhamburan ditiup angin. Ilmu itu bagaikankan pohon. Sedangkan ibadah itu ibarat salah satu buahnya yang menjadikan pohon itu lebih mulia. Pohon itu adalah pokoknya, sementara manfaatnya adalah buahnya. Oleh karena itu manusia harus mempunyai keduanya yakni ilmu dan ibadah.

Jangan lupa kosisten,dan sabar dalam mencari ilmu dan beribadah….


Wallahu a’lam bissowab


0 comments:

Post a Comment