Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Saturday, February 25, 2012

Catatan harian…?

Catatan harian…?

08-11-11

Oleh : Theofani Zahra

(aku mewawancarai diri sendiri, karena bingung sih mau wawancara dengan siapa^^)

Apa itu diary (catatan buku harian)?

Buku catatan Harian atau Diary adalah catatan kejadian yang kita alami sehari-hari. Kita menulis kejadian yang mengesankan pada hari ini di buku diary. Segala perasaan atau apapun dapat kita tumpuk di muka lembaran kertas putih tersebut. Dan diary adalah bukan hanya untuk penggemar tulisan, namun siapapun dia dan apapun profesinya tak akan ada yang lucu jika menuliskan diary.

Mengapa setiap saat selalu menulis diary (catatan harian)?

  • Lewat catatan harian seseorang dapat secara bebas menampilkan detail pengalaman hidup yang belum tentu keesokan pagi akan berulang.

  • Dengan menuliskan segala yang kita rasakan termasuk proses belajar, maka tulisan kita pasti akan sangat bermanfaat bagi yang lain. Perjalanan kita akan menjadi bermanfaat bagi remaja selanjutnya yang haruslebih berkualitas dari kita.

  • Menurutku dengan memulai menuliskan kejadian-kejadian dengan detile dan mengamati gerak-gerik yang kemudian kita uraikan dengan indah, maka di situlah belajar menulis dengan sangat menyenagkan akan kita mulai, dari itu kita akan dapat belajar membuat cerita yang benar-benar hidup .

  • Kata para psikolog juga, kondisi mental orang yang biasa mengekspresikan emosi dan isi pikiran dengan cara menulis lebih stabil jika dibandingkan dengan orang yang tidak terbiasa menulis. Penulis aktif lebih mampu mengendalikan stres.

  • Menulis itu adalah sahabat bagiku, sahabat untuk menyimpan segala hal. kadang saat aku merasa sangat kesepian, di dalam catatan harian aku akan mendatangkan seorang sahabat. Aku akan mencoba masuk ke dalam cerita itu, aku akan membuat percakapan dan pembahasan. Yah, menulis itu menyenangkan, menulis adalah dunia lain dan kita yang berkuasa.

  • Banyak orang selalu mengira ide yang dia dapat adalah tidak akan lebih baik dari ide orang lain dan kemudan dia akan coba melupakannya lalu mencari ide lain yang ia kira akan lebih baik. Padahal, sekecil apapun ide itu maka akan sangat berharga bagi orang lain bahkan dapat mendatangkan inspirasi atau ide baru. Nah, kan menjadi penting tuh untuk ditulis apalagi bagi para orang yang pelupa.

  • Dalam catatan harian, pastinya kita akan menuliskan banyak hal yang sangat penting. Apalagi, kita yang seharian terus berjalan di lingkup KBQT pasti hasil diskusi yang menarik, ide-ide aneh yang tak pernah dibatasi, perjalanan yang sangat berbeda dari yang lain, dan juga pasti sangat banyak lagi cerita menarik dan seru. Oh iya karena mumpung kita msih remaja, kata banyak orang sih cerita menarik dan yang paling berkesan adalah cerita saat remaja. Lihat saja deh, orang tua kita pasti juga sering menceritakan masa mudanya, ya memang inilah masa-masa emas. Semangat deh !

  • Dan juga, sejarah penting akan berada dalam catatan harian kita.

  • Oh iya, jika dengan catan buku harianku aku lebih merasa nyaman, aman dan bahkan menjadi lebih jujur, benar-benar lebih jujur dari pada saat aku bercerita kepada teman, keluarga, bahkan orang yang sangat dekat sekalipun. dan menulis yang sesuai dengan perasaan adalah membuat bahasaku memang terlihat jujur jikak aku membacanya ulang.

  • Bagaimana pun juga musuh terberat itu adalah dirinya sendiri, jika hanya sekedar mengungkapkan kesedihan aku tidak ingin mengungkapkannya pada sahabat atau orang lain karena dia yang sudah berat terhadap dirinya sendiri, eeh.. malah aku recokin, tambah berat dong. Makanya aku menulis saja lah. Bukan hanya saat sedih, namun saat aku bahagia di tengah kesunyian dan hijaunya alam, aku tidak ingin memenuhi telinga banyak orang dan aku memilih menulis saja jika memang hanya sekedar ingin meluapkan perasaan.

Alasan dan ketakutan yang sering muncul saat akan menulis diary

  • Biasanya sih yang membuat buku catatan harianku sering tidak update adalah karena aku harus memanfaatkan waktu yang sedikit untuk menuliskan seabrek cerita menarik dan yang perlu diingat terus di hari kemarin yang saat tidak membawa buku diary. Dan ujung-ujungnya adalah malas.

  • Kadang juga waktu selalu menjadi alasan yang tak pernah bisa ditawar, belum lagi jadwal QT yang sering tidak menentu dan molor. Dan juga karena jadwal yang kadang padat dan kadang juga saat tidak padat adalah menjadi kesempatan untuk istirahat.

  • Biasanya yang paling takut adalah jika saat kita harus menuliskan rahasia dalam diri dengan sangat jujur, nanti bisa ditemukan orang lain kemudian mereka akan mengejek atau mengatakan kata-kata tak lazim tentang pikiran kita yang telah tertuang jelas dalam buku itu. Karena memang tidak semua orang itu suka dengan pemikiran orang yang lainnya. Dan padahal di tempat itu lah aku yang paling jujur, aku sering menceritakan orang lain, aku sering menyimpan ide-ide kecil dan perasaan-perasaan sepele sekalipun.

  • Yah, pikiran pikiran itulah yang selalu menggangguku saat akan menuliskan sesuatu dengan jujur. Serasa semua manusia adalah berubah menjadi momok, mereka tidak ada yang dapat dipercaya sekalipun. Namun, perasaan itu pun semakin membuat tangan ini gatal untuk menggerakkan pena. Di penghujung perdebatan hati, aku tetap memberanikan diri untuk menulis dan dilengkapi dengan do’a. Dan jika toh sampai akhirnya buku ini terbaca orang lain, maka aku berharap dia akan menghargai diriku yang jujur, dan tidak akan mendorong jiwaku lebih terpuruk.

Di atas itu adalah beberapa hal lingkup “catatan harian” dari mataku sendiri dan yang lebih pas adalah dari pengalamanku. Ya, aku cukup nyaman dengan menulis catatan harian atau diary. Dan kata banyak orang sih diary cukup berguna bagi dia yang mempunyai kecerdasan lebih di intrapersonal, sekedar usul sih bagi para pemilik kecerdasan intrapersonal tersebut, mari menulis catatan harian. Semoga kekurangan dan kelebihan kita dalam hal apappun akan berguna bagi orang selanjutnya, yang tidak baik semoga akan dihindari dan yang baik semoga diteruskan bahkan ditambahkan banyak hal lagi. Minimal jika umur kita tidak cukup untuk memberikan sesuatu yang sangat berguna bagi masyarakat atau untuk seluruh teman-teman yang sangat kita cintai dan sayangi, catatan harian yang kita tulis dan yang di dalamnya ada banyak ide-ide kita, kelebihan yang kita miliki, hal-hal buruk yang selalu dihadapi semua orang, pelajaran—pelajaran baru yang kita dapat, motivasi, dan seluruh tapak jalan kita di dunia yang lalu pasti akan sangat berguna bagi siapapun yang baru akan mulai melangkah dan di dalam hatinya tertancapkan niat untuk meninggalkan sejarah yang lebih baik dan berguna. Semangat! :-)

0 comments:

Post a Comment