Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Saturday, February 25, 2012

HarKes dan Berkarya

HarKes dan Berkarya

12-12-11

Oleh : Theofani Zahra

Selama ini Hari Kesehatan yang kita jakani belum jelas arah dan tujuannya kemana. Dan karena ini yang dipelajari ilmu tentang kesehatan maka bagi siapapun adalah wajib untuk mempelajarinya. Untuk itu, selain kita mempelajari anatomi, fungsi, tubuh, dan termasuk kimia maka kita pun perlu belajar banyak hal bagaimana menjaga kesehatan tubuh dan yang paling penting adalah prakteknya.

Untuk belajar teori aku mengusulkan bahwa kita sistemnya adalah belajar bersama. Siapapun yang akan menjadi meoderator minggu pertama hingga minggu ketiga, dia yang akan memimpin jalan diskusi termasuk sebagai notulensi. Jadi yang saya inginkan, misal di minggu pertama nanti kita akan belajar organ bagian jantung. Kemudian kita persilahkan semuanya untuk menuliskan pertanyaan apa yang tersimpan di otak yang ingin ditanyakan mengenai jantung, bisa saja penyakit, cara kerja atau apapun. Nah, pertanyaan yang telah terkumpulkan akan kita bahas satu-satu dengan batas secukupnya, dan yang akan menjawab adalah semuanya. Jadi setiap senin nanti akan diundi pertanyaan milik siapa yang akan kita jawab bersama dan kemudian diumumkan. Nah, pada saat pembahasan notulensi bertugas untuk menuliskan pertanyaan dan jawaban-jawaban yang telah disimpulkan. Dengan itu, kita bisa memunculkan karya baru yaitu buku yang isinya tentang tanya jawab perihal kesehatan dan sudah dikelompokkan sesuai organ yang dipelajari.

Namun karena yang paling penting adalah praktek maka saya sudah sangat setuju jika setiap minggu terakhir dari satu bulan diadakan olahraga. Namun yang kurang adalah cek kesehetan. Mungkin sja beberap bulan sekali kita mendatangkan seorang dokter kemudian kita cek kesehatan kita dan harus semakin kita tingkatkan kesehatan kita. Minimal dengan Hari Kesehatan ini, kita bisa menjaga kesehatan kita tanpa bergantung pada seorang dokter sekalipun.

0 comments:

Post a Comment