Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Saturday, February 25, 2012

Kelas dan Tetua

Ide, 03 Oktober 2011

Fani, Rausyan Fikr

Kelas dan Tetua


Menurutku kelas masih sangat membutuhkan seorang “tetua” yang akan melancarkan kegiatan di dalam kelas beserta target dan macam-macamnya.

Entah siapapu itu nanti, aku ingin mengusulkan sesuatu bahwa sebelum ditentukan apapun di kelas, seharusnya anggota kelas harus diberikan sebuah pertanyaan terlebih dahulu yaitu “adakah sebuah tujuan bersama di dalam kelas?”, selanjutnya baru ditentukan cara menempuh, peraturan kelas, jadwal dan segalanya yang terkait. Dan yang penting juga adalah kelas harus menjadi penyemangat, penguat, dan tempatnya saling berkeluh kesah perihal belajar individunya. Dan yang terpenting juga adalah jangan pernah diadakan sebuah kelas jika kelas hanyalah akan menjadi pengganggu individunya.

Individu dalam kelas juga harus dibantu Tetua (pendamping) untuk menentukan arah hidup dan belajar. Kemudian baru ditetapkan target besar yang kemudian akan beranak target-target kecil. Mungkin dengan ini, semuanya akan menjadi jelass.

Target besar dalam kelas maupun individu tidak diijinkan boleh berganti-ganti, karena ini yang akan membuyarkan fokus dan semuanya menjadi berantakan.

Namun sekali lagi pendamping harus mengutamakan pembangungan individu, kelas, kemudian desa hingga bangsa. Cukup individu yang telah berhasil, otomatis kelas atau bahkan desa dan bangsa akan ikut terbangun.

Memilih, dan tentukan arah…!

Tidak boleh malas, tekun dan tetap semangat…!

0 comments:

Post a Comment