Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Saturday, February 25, 2012

Memanfaatkan untuk bertanam

Ide, 05-des-11

Isma, Rausyan fikr

Memanfaatkan untuk bertanam


Sepertinya tempat yang ada di sebelah barat atau tempat yang dulunya menjadi tempat forum sampah sekarang ini terlihat nganggur, tak terurus, tak terawat. Sebaiknya kita itu harus pintar-pintar memanfaatkan sesuatu. Agar tidak menjadi mubadzir.

Ehm,, gimana kalo tempat itu kita jadikan lahan untuk bertanam. Bisa obat-obatan, sayuran, atau apalah poko’e yang bermanfaat githu.

Modelnya bisa perkelas, atau bersama-sama. Tapi kalo di kelas nanti akan mudah terlihat kekompakannya, bisa terlihat siapa yang gagal panen, kan seru thuh. Terus kalo semisal yang kita tanam itu sayuran, nanti kalo kita sudah panen, kita bisa adakan lomba memasak. Pasti seru deh thu.!!!

Terus yang kita gunakan nanti adalah dengan cara pertanian/penanama organik yha teman-teman. Karna kalo memakai bahan kima itu bisa menjadi bahaya juga. Dan di tempat itu kan sudah ada timbunan-timbunan daun yang dulunya mau dibuat menjadi pupuk organik. Nah kita gunakan itu sekalian !!! agar tidak mubadzir lagi.heheheh

System pertanian organik itu lebih menguntukngkan koq, molai dari segi lingkungan, kesehatan, hasil yang di peroleh nantinya, sumber energynya menjadi lebih ngirit, dan lain-lain. Pokonya banyak deh !!!

Pertanian organik akan menghasilkan makanan yang cukup aman dan bergizi, sehingga meningkatkan kesehatan masyarakat. Pertanian organik mampu meningkatkan hasil sayuran hingga 75% di banding pertanian yang konvensional. Di samping itu, produk pertanian organik juga mempunyai kandungan vitamin C, kalium, dan beta karoten yang lebih tinggi.

Menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi petani, karna petani akan terhindar dari paparan (exposure) polusi yang diakibatkan oleh bahan kimia sintetik dalam produksi pertanian. Dan petani juga bisa memanfaatkan limbah kegiatan pertanian seperti kotoran ternak, dan jerami sebagai pupuk kompos. dan juga dapat meningkatkan populasi mikroorganisme tanah melalui penggunaan pupuk organik. Kalau menggunakan bahan kimia sintetis dapat meracuni mikroorganisme tanah dan dapat merusak struktur tanah.

Banyak sekali manfaat pertanian secara organik bukan. Kalau kita sudah tahu tentang manfaatnya, kenapa mash banyak orang yang tetap memakai bahan-ahan kimia ??? kita terapkan pada diri kita dulu aja deh !!!


0 comments:

Post a Comment