Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Saturday, February 25, 2012

Penemuan baru, obat malas..

Penemuanbaru, obatmalas..

05-12-11

Oleh :Theofani Zahra

Remaja dan pemuda selalu identik dengan semangat dan berjuang, sampai ada yang berbicara bahwa “orang yang tua itu adalah pemuda yang bermalas-malasan”, maksudnya siapapun yang semangat adalah dinamakan pemuda dan sebaliknya siapapun yang bermalas-malasan akan dinamakan orang tua, jadi tua dan muda itu tidak memandang umur namun jiwanya yang semangat atau bermalas-malasan.

Hmm..ngomong-ngomong tentang malas, memanglah selalu menghasilkan jalan penyelesaian yang buntu. Berulangkali saya tanya pada orang perihal obat malas selalu saja jawabannya, “ya, jangan malas.”,iya sih aku setuju dengan jawaban itu, namun kata-kata itu sering tidak mempan untuk diriku yang terlalu kebal. Nah, ini saatnya saya akan memapaparkan ide saya..

Jika sedang malas belajar atau kehilangan semangat maka cobalah untuk menuliskan ide. Saat menulis ide, kita cnederungakan mencari-cari sesuatu untuk merubah keadaan atau apapun agar menjadi lebih baik dari seekarang. Nah, secara tidak sadar sebenarnya perlahan kita pun ikut larut dalam semangat itu dan tentunya semangat untuk menjadi yang lebih baik. Dan semua orang juga tahukan, dengan terus belajar kita akan menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, dengan menuliskan ide pun akan merangsang otak kita menjadi ingin tahu banyak hal. Ilmu itukan sebenarnya adalah saling terkait, maka ketika hanya ada satu keinginan untuk bertanya maka pertanyaan akan tetap terus mengalir selama kita tidak berkeputusan untuk menghentikannya dan juga dapat menyikapinya dengan baik pula. Karena ada juga seorang menjadi malas karena di otaknya terlalu banyak muncul pertanyaan, mungkin dipengaruhi oleh kondisi tubuh yang sedang tidak baik, terlalu kelelahan, dan pastinya ada banyak factor eksternal maupun internal lainnya. Dan sedikit mengingatkan, bagi yang pelupa jangan pernah bosan menuliskan pertanyaan-pertanyaan itu.

Tapi sebenarnya tidak harus memunculkan ide sih, namun dengan membaca buku “lumbung ide” pastinya dapat membangkitkan semangat, karena di dalamnya tentu ada banyak ide yang memang bersifat menghimpun semangat baru menjadi yang lebih baik. Walau memang saat kita membaca ide orang lain menjadi tidak lebih produktif ketimbang saat kita langsung memunculkan sebuah ide baru, tapi jangan pernah lupa bahwa satu ide itu dapat dapat memunculkan ide baru, sepertihalnya saat kita membaca ide orang lain pasti kita akan mendapatkan ide yang mungkin masih senada atau bahkan tidak sama sekali. Dan sebenarnya saat kita membaca ide orang lain kita sudah memberikan sebuah apresiasi dan penghargaan meski hanya dengan sesuatu yang sangat sepele, yaitu membaca.

Jadi begitu! Ini pengalaman pribadi. Boleh dicoba, InsyaAlloh tidak akan ada efek samping yang tidak baik. Dan kalau boleh berpesan, jangan pernah katakan pada diri sendiri atau orang lain bahkan pada apapun bahwa kita sedang tidak punya ide, karena itu sebenarnya hanyalah alasan reflek yang selalu muncul untuk menghilangkan semangat kita untuk memunculkan ide.

Semangat. Dan nikmati kelelahan dengan baik!

Karena semua yang baik dan membosankan itu selalu terasa lebih melelahkan, Karena memang kita manusia yang lebay…

0 comments:

Post a Comment