Social Icons

twitterfacebookgoogle plusemail

Saturday, February 25, 2012

Presentasi


Ide, 14 November 2011

Anggi, Rausyan Fikr

Presentasi

Mungkin setiap hari selalu ada yang namanya kumpul kelas, forum dan tidak lupa dengan adanya tawasyi. Dan satu minggu sekali ada yang namanya upacara dan harkes. Setiap laporan kelas ataupun forum saat upacara, hanya melaporkan kegiatan seminggu kemarin. Apa yang dibahas dan terkadang ada juga yang melaporkan pokok-pokok dari pembahasan mereka.

Dari sini muncul ide bahwa saat laporan kelas atau forum, bukan hanya laporan kegiatan, tapi juga pembahasan yang lebih detail. Missal, hari Selasa belajar Kimia, itu juga dijelaskan apa saja yang dipelajari dan sampai mana pengetahuannya tentang pelajaran tersebut.

Begitu pula dengan kelas atau forum yang akan membuat sebuah kegiatan untuk kelas atau forumnya sendiri atau bahkan acara untuk KBQT (GK). Dijelaskan apa acaranya, rangkaian acaranya dan juga manfaat-manfaatnya. Dengan seperti ini akan mudah dipahami oleh anak-anak yang mau mengikuti kegiatan tersebut.

Bagiku yang agak menjengkelkan saat upacara adalah: laporannya hanya kumpul kelas satu atau dua kali saja. Dan bahkan laporannya bilang bahwa seminggu kemarin kelas atau forum tidak kumpul sama sekali. Dan ini sanngat tidak baik.

Nah, bagaimana kalau saat presentasi dibuat agak menarik. Yakni saat laporan kelas atau forum disertai laporan karyanya dan bahkan presentasinya juga lewat karya: video, puisi, pantun, cerpen dll. Dengan begini, selain presentasi karya tapi juga mempersembahkan karya.

Ada lagi, kalau bisa presentasinya lewat orang yang didalam kelas punya tanggung jawab terhadap kegiatan tersebut. Dengan cara ini lebih mudah untuk menyampaikannya tanpa harus bertanya pada teman yang lain.

0 comments:

Post a Comment