Ide Juli 2020: Fasilitasi HP dan kuota internet, dong!

Ide-ide yang dituangkan warga belajar KBQT pada bulan Juli 2020 (hari ide setiap Kamis). Penuang ide untuk bulan Juli 2020 (klik nama anak untuk membaca ide-idenya):

Sofia
Karina
Fahima
Echa
Fredy
Nabil
Alfay
Arsyala
Aqilla Ibnu
Aqila Elya
Abimanyu
Husein Galang
Alfa
Mada
Dhanial
Diazz
Bowo
Bintang
Abel





SOFIA

Bikin konten youtube:
Mumpung lagi pandemi nih, gimana kalo kita bikin konten buat youtube kbqt. Kontennya bisa berupa apa aja. Menurut saya juga bisa jadi kesempatan bagus juga buat temen-temen yang suka editing dan semacamnya untung berkreasi. Itu saja sih ide saya. Terima kasih^^

Mengenal Budaya Indonesia:
Memperkenalkan dan mendekatkan masyarakat indonesia dengan budaya indonesia:
Kadang saya berpikir betapa masyarakat kita itu kurang mengerti dan kurang mencintai kebudayaan kita sendiri. Justru sejak kecil kita malah lebih tau menara eiffel, tokyo tower, pulau jeju, dll. Kenapa? Karena nggak ada yg memperkenalkan kebudayaan indonesia pada kita?

Sebetulnya sih sudah banyak orang yg memperkenalkan budaya indonesia lewat berbagai media. Lewat buku, acara tv, dan semacamnya. Tapi ya apa boleh buat. Kartun dan drama tv lebih menarik ketimbang acara mbak2 di tv jalan2 di pantai kuta bali :v

Sebagai contoh kita lihat orang jepang yang sangat mencintai budaya mereka sendiri. Bahkan rumah2 di jepang masih memiliki hiasan khas daerah mereka. Dan mereka juga bangga akan kebudayaannya. Kemudian saya berpikir, adakah caranya untuk membangkitkan kecintaan masyarakat kita pada budaya indonesia?

Saya memikirkan beberapa jawaban. Salah satunya adalah, membangun rasa cinta budaya itu sejak dini. Sejak masuk sekolah sd misalnya. Mungkin boleh juga dijadikan pelajaran umum. Tapi mengingat pelajaran sejarah di sekolah yang terdengar bertele-tele dan membosankan, niat itu saya urungkan. Buktinya sebagian besar teman-teman saya yang sekolah formal paling benci pelajaran sejarah. Saya tidak bisa menyalahkan mereka. Karena siapa sih yang tidak bosan menghapalkan tanggal pembentukan kerajaan sriwijaya? Mana di lembar soal pilihannya: A. 670 m B. 650 m C. 700 m

Menurut saya sih harusnya pelajaran sejarah itu lebih jelas dan signifikan. Bukan hanya soal menghapalkan tanggal. Jawaban kedua yang saya pikirkan, yaitu memyebarkan rasa cinta kebudayaan pada berbagai hal. Bisa dari video, buku cerita/novel, teater, dan semacamnya. Tapi harus menarik supaya bisa menarik perhatian anak-anak. Dan juga, orangtua sangat berperan penting dalam memperkenalkan budaya kepada anak-anak. Kalau orangtuanya tidak pernah melirik budaya lokal, apa yg diharapkan dari anaknya? Salam cinta tanah air.

Kacamata gratis:
Ide saya adalah kacamata gratis untuk setiap orang yg bermata minus/plus. Kenapa? Karena masih banyak orang yg ngga mampu untuk beli kacamata. Dan saya sendiri tahu banget, gimana susahnya kalau gapake kacamata.  Kalau kacamata yg modis gitu mungkin nggak lah ya. Yg saya bicarakan kacamata biasa. Dengan harga terjangkau supaya setiap orang yg minus/plus bisa kebagian. Sekian ide dari saya hari ini. Maaf pendek :v




KARINA

Kecanduan HP:
Sekarang banyak anak anak yang sudah kecanduan dengan hp. Maka tidak heran jika kita banyak melihat anak kecil yang sudah memiliki hp sendiri. Entah itu untuk game atau sekedar nonton youtube. Sekarang juga banyak orang tua yang tidak mau ribet dengan anaknya,contohnya anaknya menangis dan tidak berhenti maka jika sudah diberi hp anak tsb akan berhenti menangis. Bukankah itu sudah termasuk ketergantungan? Awal awal masih biasa saja tapi jika sudah sering bermain hp maka akan embawa dampak buruk bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Kebanyakan anak anak yang sudah kecanduan  hp akan individualis atau sulit untuk masuk kedala dunia sosial. Mereka lebih sering menghabiskan waktu di kamar atau dirumah untuk bermain hp terus menerus tanpa kontak sosial denga orang lain.  Belum lagi jika ada unsur unsur negatif saat membuka internet,pikiran mereka akan mudah terhanyut oleh hal negatif. Apalagi sekarang banyak sekali situs" pornografi,kejahatan,dll yang dapat mempengaruhi pikiran mereka.

Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anak anak jangan boleh dulu untuk bermain hp terus menerus atau jangka waktu yang lama, awasi mereka saat bermain handphone terutama saat hendak membuka website. Kenalkan anak dengan permainan tradisonal atau edukatif, itu bisa membuat anak melupakan hp sejenak, ajak mereka ke dalam kehidupan masyarakat.

Polusi udara:
Polusi udara skrg menjadi persoalan di beberapa negara, termasuk di indonesia.
Terutama di kota"besar di indonesia terutama jakarta. Kualitas udara sudah kian menurun. Karena asap kendaraan bermotor yang kian hari kian meningkat. Karena zat zat yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor sangatlah berbahaya bagi kesehatan,terutama pernapasan. Nitrogen dioksida, nitrat oksida, partikel debu serta karbon monoksida dapat mengiritasi paru-paru dan menurunkan daya tahan tubuh terhadap serangan infeksi pernafasan, dapat mengakibatkan pembengkakan paru-paru dan gangguan jantung serta meningkatkan risiko kanker paru. Ide: mengurangi penggunaan kendaraan bermotor,menanam pohob di pinggir jalan, menggunakan masker saat berkendara.



FAHIMA

Cupang:
Dari dulu, daerah rumah saya dan sekitarnya banyak sekali yang namanya nyamuk. Karena terdapat banyak got disekitaran lingkungan pemukiman. Ide saya bagaimana jika di setiap got diberi ikan cupang, supaya jentik-jentik yang ada di got tidak berkembang biak dan menimbulkan rasa resah pada masyarakat. Cupang kenyang, manusia senang.

Kuota:
Sekarang kan masih sekolah online tuh, dan nggak semua anak ikut serta saat sekolah, misal upacara, ide harkes, dll. Mungkin kadang ada anak yang beralasan karena tidak ada kuota ataupun sinyal nya jelek. Ide saya bagaimana jika qt tetep mbayar spp tapi setengah kalaupun nggak mbayar juga ndakpapa hehe. Nah trus ki qt ngasih kuota gratis gitu lo setiap bulannya.  Dengan di berikannya kuota gratis, semua siswa dapat ikut semua kegiatan wajib.

Forum:
Di qt kan masih sekolah online tuh, walaupun sekolah online forum tetep masih jalan(tapi jarang kumpul sii wk). Nah bisanya kalau pas sekolah biasa(offline/tatap muka) kan udah mos dan anak baru udah nyoba2 forum selama satu bulan habis itu ikut forum yang di pilih. Ide saya bagaimana jika anak-anak baru mulai senin di wajibkan ikut semua forum selama satu bulan juga, nah habis itu mereka bebas deh mau milih forum yang mana. Supaya ntar kalo pas udah masuk sekolah mereka udah tau dan jelas ikut forum apa.



ECHA

Proklamasi:
Kami bangsa indonesia, dengan ini menyatakan kemerdekaan bangsa indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan secara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Seharusnya, 17 agustus itu bukan hut ri, tetapi hut bangsa indonesia yang sesuai dengan teks proklamasi.

Penutupan tempat umum:
Masyarakat harus lebih kritis dalam berfikir di masa pandemik ini. Jangan hanya menyebar hoax di  mana-mana menambah kepanikan, sedangkan pemerintah hanya menerapkan protokol kesrhatan tidak memberi jalan ke luar yang baik . Dalam menerapkan protokol kesehatan pun sangat berlebihan sampai-sampai di tetangga  desa saya orang yang meninggal karena penyakit lain seperti:  penyakit gula,atau  habis oprasi cara pemakamnya di lakukan seperti orang yang positif covid19 jadi masyarakat di buat ketakutan tanpa mengetahui kebenarannya. Tempat ibadah ditutup dengan atasan pembatasan sosial. Ide: Menurut saya harusnya yang ditutupi bukannya tempat-tempat ibadah. Melainkan bandara-bandara yang langsung akses dengan kegiatan dari luar negri , mol- mol , tempat wisata . Serta menerapkan pola hidup sehat dalam masyarakat . Diadakan do'a bersama dengan tetap menaati peraturan pemerintah , dan jangan lupa minum jamu debagai obat adat orang jawa.

Kemerdekaan untuk siapa?
Lebih dari 60 tahun indonesia merdeka. Lebih dari 60 kali tiap tahun masyarakat memperingati peristiwa bersejarah ini dwngan pesta pora di seantero. Peristiwa tak ter hitung lagi biyaya yang di hamburkan seolah yang terfikir hanyalah suka ria bercerita, dan sedikit berseteru soal sejarah. Diskusi dan pemberintaan tentang cinta tanah air nyaring terdengar di berbagai media sementara hanya sedikit solusi yang dapat dijalani. Namun ketika 'pesta' berlalu maka selesailah sudah momentum itu tanpa magna memang demikiyan sulitlah memaknai " indonesia merdeka "

Keluarga besar bernama indonesia lahir bukan kilatan kembang api. Ia lahir dan besar dari ke qiqihan dan perjuangan para pahlawan yang rela mati karma rasa cinta tanah air yang besar. Menurut saya mensyukuri nikmat kemerdekaan bangsa indonesia tidak harus dengan ber pesta pora. Melainkan dengan santunan anak yatim dan membangun rumah layak huni bagi kaum duafa dan fakir miskin disertai do'a bersama. Sesuai dengan lagu indonesia raya: " bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk indonesia raya" . Jadi: Jangan pernah putus asa karwna kemerdekaan milik yang berani hidup dan mau berbuat



FREDY

Hidup biasa aja
Sekarang pemerintah mewajibkan kita untuk selalu mengikuti protokol kesehatan. Pakai masker kalo keluar rumah, jaga jarak, dll. Katanya buat memutus rantai penularan. Dikota ku sendiri pekalongan, mayoritas orang tidak peduli akan hal itu (saya juga). Gak ada sosial distancing, gak pake masker, dan sampai sekarang juga masih aman-aman aja. Ide saya, coba kalian hidup biasa saja tanpa harus mengikuti protokol kesehatan. Dan jangan lupa follow ig jrx. Suwun.

Kembali sekolah:
Selama masa plandemic ini anak-anak sekolah hanya belajar dirumah, atau bahkan ada yg sama sekali gak belajar. Kerjaannya cuma hp an, dolan, dll. Dikarenakan ini sudah newnormal, banyak tempat-tempat yg tadinya tutup, sekarang sudah dibuka kembali. Kayaknya cuma sekolahan yg belum dibuka, kenapa? Tanyakan lah kepada pemerintah. Menurut saya sistem daring kurang efektif. Beberapa teman saya mengeluh "tugas e akeh", "aplikasi ne beda-beda", "bayar sekolah wajib, padahal aku gak pake fasilitas sekolah" dll. Demi bangsa dan negara, lebih baik sekolah dibuka kembali



NABEEL

Sanstuy sajoo:
Sekarang sudah zaman new normal. Protokol kesehatan sangat ditekankan dan juga psbb. Agar dapat memutus rantai virus copid. Tetapi sebelum zaman new normal viral, orang orang jepara tidak terlalu memperdulikan hal hal seperti itu, beraktivitas seperti biasa menjaga kebersihan dan selalu ingat dengan tuhan. Dan aman aman saja. Ide ku, coba hidup biasa saja, g perlu neko neko banget.



ALFAY

Pelayanan hal ribet di segala wilayah.
Jadi ceritanya saya lagi frustasi karena masih belum bisa bikin ktp juga, padahal bentar lagi 18 tahun, bisa dihitung dengan bulu kaki saya. Ini harusnya ada emot sedih, tapi nggak usah biar rapi. Ini baru urusan ktp, belum urusan ke tahap selanjutnya, misal npwp kalau mau bikin usaha dan masih banyak yang lain yang istilahnya saya sendiri sampai lupa karena saking banyaknya dan nggak kalah ribetnya. Sebelumnya malas karena hArus ke jepara, sekarang gara-gara virus saya jadi gak bisa bikin ktp ke jepara. Ceritanya anak rantau, walaupun cuman 3 jam jauhnya. Jadi ide saya bagaimana kalau bikin hal-hal ribet semacam itu bisa dilakukan di kota-kota dan wilayah-wilayah lain. Untuk pengambilan foto, sidik jari dan hal ribet lainnya dilakukan di kelurahan atau kecamatan setempat. Atau kalau nanti saya yang jadi presiden, saya realisasikan sendiri.

Kebijakan untuk kantong sekali pakai:
Sebagian dari kita pasti udah tahu kalau kantong plastik awalnya diciptakan untuk menyelamatkan bumi dari kantong kertas yang menyebabkan banyaknya penebangan pohon. Tapi sayangnya karena murahnya biaya produksi, alhasil orang-orang menyepelekannya dan memilih untuk menggunakannya sekali pakai saja. Padahal kantong plastik bisa digunakan puluhan kali untuk berbagai macam penggunaan. Source from bbc.

Keluarga kita, saudara kita, teman-teman kita, semua orang, jika semuanya punya stigma yang sama bahwa kantong plastik itu sekali pakai, bisa kalian lanjutkan sendiri kalimatnya. Dengan parahnya penggunaan kantong plastik sekali pakai ini dan tanpa diimbangi kebijakan apapun, bisa dimengerti bahwa masa depan yang bersih dan penuh ketertiban itu hanya angan-angan kita yang tidak mendasar. Ilusif. Kecuali, jika kita mau membuat kebijakan tentang penggunaan plastik sekali pakai, mengenai produksinya hingga harganya. Rokok aja diatur masa plastik nggak. Atau kecuali juga kalau misal nanti saya jadi presiden dan ingat ide saya yang ini.

Classified:
Saya hobinya baca berita soal militer dan pertahanan, yang secara nggak langsung membuat saya jadi fanatik. Nemu komentar orang-orang kolot di bawah artikel, terus saya ajak debat, sering terjadi. Dan saya tahu debat itu hanya membuang-buang waktu. Tapi nagih. Ibarat habis makan jangan lupa langsung minum, padahal langsung minum itu nggak baik. Orang-orang kurang kerjaan yang sok-sok ngurus urusan orang atas seperti saya emang nggak bakal pernah habis, kayak debu. Padahal otak sendiri udah ngomong, "urus idup lu sendiri bro, tuh dompet gunanya buat apa?".

Jadi langsung ke paragraf paling penting, ide saya bagaimana jika urusan-urusan militer, pertahanan dan segala macam apalah itu dibuat clasified saja. Soalnya indonesia ini negara yang masih muda, kita kenal sistem militer modern aja belum ada satu abad, kok udah banyak fanatiknya. Tiap pers tanya nggak usah dijawab saja, biarkan wacana-wacana pemerintah yang itu disimpan saja. Intinya supaya orang-orang seperti saya nggak perlu banyak kritik padahal nggak ada masalah, biar kalau emang hobi baca berita macam itu lebih sering-sering bacanya.



ARSYALA

Bau sampah
Hidup di kota memudahkan kita untuk mendapatkan sesuatu. Seperti halnya ingin membeli semua kebutuhan pokok dll. Terlebih jika berhubungan dengan perut alias makanan.kebetulan nich rumah kami berdekatan dengan rumah makan yang lumayan besar di kota purwodadi.namun rumah maksn tersebut tidak memikirkan sampah dapurnya. Bau sampah daging, ikan, sayur yg busuk dll yang sangat mengganggu lingkungan sampai saat ini belum ada solusi. Bau yang menyengat membuat pernapasan menjadi terganggu.jadi ketika kita di dlm rmh pun hrs pake masker krn bau sampah itu.

Ide saya adalah menutup kotak sampah tersebut dengan rapat atau membuang langsung sampah2 tsb ke tempat pembuangan sampah akhir, krn jarak antara rumah makan dengan tps tidaklah jauh. Jika tdk sempat membuang sendiri... Bisa menelpon tukang sampah utk segera mengambil sampah tsb. Jaman canggih gitu lho... Semua bisa dipesan lwt handphone. Agar bau sampah tsb tdk mencemari lingkungan dan mengganggu warga sekitar.  Semoga bau sampah ini segera teratasi...dan kita bisa menghirup udara yg segar, bukan sampah dan bisa hidup berdampingan antara pengusaha rumah makan dengan warga sekitar.

Tugas yang super wow:
Saat pandemi covid 19 ini tugas anak sekolah dirumah super wow... Dalam sehari anak2 harus mengerjakan soal dari beberapa mapel dan kebanyakan tugas itu yg mengerjakan orang tua bukan anak itu sendiri. Karena anak sudah bosan dan pusing dengan tugas yg begitu banyak dan tanpa penjelasan guru tiba2 srh ngerjain soal. Sedangkan orang tua menginginkan anaknya tetap dapat nilai baik di sekolah.  Ide saya adalah guru tidak memberi banyak tugas agar anak tdk pusing dan tugasnya yg variatif



AQILLA IBNU

HP dan kuota internet
Saat ini daring menjadi salah satu alternatif siswa untuk belajar dengan guru.untuk bisa ikut daring hrs punya hp android dan kuota internet. Yg tidak punya hp android hrs beli atau pinjam. Tetapi jika kuota  ya harus beli sendiri. Orang tua yg kaya tidak akan jadi masalah  ttg hal itu. Namun berbeda dgn orang tua yg kategori menengah ke bawah.yg utk mkn sehari- hari saja masih cari.ini jadi kendala anak2 desa yg kurang manpu tetapi sebenarnya anaknya pintar, krn keterbatasan fasilitas spt hp dan juga kuota internet.. Akhirnya mereka hanya belajar dengan alat seadanya. Dan tidak mengikuti daring dari sekolahnya. Ide saya adalah pemerintah memberikan bantuan fasilitas  (hp dan kuota internet) belajar kpd anak2 yg krg mampu agar bisa ikut  belajar daring spt yg pemerintah perintahkan kpd seluruh sekolah. Harapan nya ini menjadi salah satu hal yg perlu di fikirkan oleh pemerintah. Agar anak2 indonesia tetap belajar.

Botol  antik kekinian:
Minuman kekinian saat ini banyak digandrungi anak muda. Hampir di setiap tempat ada sampah botol minum itu. Ternyata masyarakat blm sadar akan dampak sampah plastik bagi lingkungan sekitar. Namun ada sebagian kecil ibu2 pkk yg  mampu mengolah botol2 bekas tersebut menjadi barang yg manfaat (tempat pensil, bunga, tas dll) dan bahkan bisa menghasilkan duit. Namun ibu2 kesulitan utk menjual barang2 tersebut.  Ide saya adalah pemerintah daerah membuatkan tempat utk ibu2 kreatif itu agar bisa menjual barang2 kreatif tersebit. Misal dengan diadakan stand pameran dll agar sampah2 tsb tdk jd bahan pencemar lingkungan tapi barang yg manfaat tepat guna



AQILA ELYA

Pengendara sepeda motor dibawah umur:
Di desa saya yaitu desa telutur banyak anak"di bawah umur yang sudah menggendarai sepeda motor sendiri untuk bermain walaupun ke sekolah. Sebenarnya sih bahaya karna masih ada yang belum memiliki sim. Ada yang kalo ditanya alasanya tidak ada yang ngantar kesekolah jadi dia membawa sepeda sendiri untuk kesekolah. Ide saya sebaiknya orangtua mengingatkan kepada anak"nya karena sangat berbahaya mengebdarai sepeda di bawa umur, baynyak resiko"ketika kita membawa sepeda motor saak kita di bawa umur salah satunya kena tilang polisi, kecelakaan, dll. Semoga orangtua pada sadar akan keselamaatan anaknya masing".

Penyalahgunaan internet:
Dalam penggunaan internet kita harus bisa memilih mana situs yang baik dan mana situs yang tidak baik, hindari membuka situs yang sekiranya tidak penting dan dapat membawa dampak negative bagi kita, orang tua harus lebih ketat dalam mengawasi anak-anaknya agar jangan sampai terjerumus ke perbuatan-perbuatan negative yang dapat merusak moral mereka, guru-guru di sekolahan juga seharusnya lebih tegas lagi untuk menyampaikan tentang internet dan dampak-dampak yang ditimbulkannya dan mencegah jangan sampai muridnya melakukan penyalahgunaan internet. Semoga anak"dikalangan remaja ini bisa mengerti mana yang buruk dan mana yang baik



ABIMANYU

Ide menanam bunga:
Menanam bunga menjadi salah satu kegemaran saat ini. Termasuk ibu ku yg la suka menanam bunga. Bunga yg ditanam merupakan bunga yg banyak manfaat y. Seperti contohy bunga lidah buaya yg memiliki banyak manfaat sebagai penyubur rambut, masker wajah, pengobatan luka. Ada juga bunga lidah mertua yg bermanfaat sebagai penetralisir udara yg bisa menangkal/mengurangi radiasi tv, hp dan juga bisa menghasilkan oksigen bila ditanam didalam ruang/rumah.selain itu menanam bunga juga dpt membut lingkungan menjadi asri dan sejuk serta lingkungan menjadi indah.selamat mencoba semoga bermanfaat.

Produksi:
Produksi celana kolor masa saat ini tidak bisa menyambung hidup seperti saat ini seperti ibu memanfaatkan sisa kain perca menjadi celana kolor pendek. Karna di lingkungan ku der dapat kain sisa² kain dari pabrik² besar. Ini di lakukan ibuku hanya untuk menjadikan keterampilan. Ibuku selama ini kerja di pabrik untuk produksi celana kolor sambian. Di sini ibuku memotongnya dan yang menjait tetanggaku.



HUSEIN GALANG

Masalah plastik:
Banyaknya sampah plastik yang mencemari bumi kita ini oleh karena plastik susah di urai oleh tanah. Idee: memanfaatkan plastik sebagai media tanam.



ALFA

Absensi:
Kita udah beberapa bulan di rumah, dah lama juga ngga ngerasain suasana belajar seperti biasa nya.  Kadang ada perasaan pengen ketika melihat adekku tiap hari mengerjakan soal yang dikirim dari sekolah, dan tiap hari juga ibuku mengisi contreng untuk absensi nya. Ideku... Bagaimana kalau pendamping membuat list absensi yang bisa kita contreng meski hanya seminggu sekali sebagai tanda kehadiran bahwa kita masih sekolah.

Urunan:
Kalau saja saat ini bukan masa pandemi, aku ingin anak" qt urunan beli kambing buat qurban, trus dimasak bareng", makan bareng" lagi. Itu ide ku hari ini.



MADA

GK daring bergilir:
Selama pandemi kbqt melaksanakan kegiatannya secara daring, kemarin chemical park habis bedah karya sekaligus gk live di ig. Jadi ideku gk daring ini di buat bergilir kayak gk biasanya. Karya bisa apa aja video boleh, dance bileh, musik boleh dll.

Pembelajaran sendiri bagi siswa yang tidak punya hp
Di masa pandemi ini sekolah-sekolah melakukan pembelajaran secara daring untuk menghindari penularan virus covid-19.Saya merasa kasihan dengan siswa-siswa sekolah yang tidak punya hp dan tidak bisa ikut belajar daring, ada yang rela ngutang, ada yang rela pinjam hp tetangga bahkan ada juga guru yang mendatangi rumah siswa-siswa yang tidak punya hp untuk mengajari mereka satu persatu. Jadi ideku pemerintah mengadakan pembelajaran sendiri bagi siswa-siswa yang tidak punya hp di sekolah dan tetap mematuhi protokol kesehatan agar mereka juga tidak ketinggalan pelajaran.



DHANIAL

Pencairan:
Pencairan yang saya maksut adalah bpnt atau (bantuan pangan non tunai).di krajan rw05 terdapat warung yang dibangun dinas sosial untuk memberikan bantuan tersebut. Kegiatan ini terjadi sebulan sekali,dengan masyarakat yang tertulis datang ke warung tersebut. Masyarakat yang datang tidak memenuhi protokol kesehatan (karena ini masa pandemi) dalam hal tidak menjaga jarak aman. Bagaimana jika mengajak warga membuat mmt dengan cara rapat rt/rw. Dengan tulisan jaga jarak aman dan jangan lupa pakai masker. Hal tersebut direncanakan agar menyadarkan masyarakat.



DIAZZ

Bercocok tanam saat pandemi covid 19:
Seperti yang kita tahu saat ini sedang terjadi pandemi covid 19. Maka dari itu banyak para petani yang tidak menanam tanaman nya. Ide saya,alangkah baiknya kita untuk bercocok tanam atau bertani di daerah dekat rumah, karena dapat menghijaukan bumi dan banyak manfaat yang didapat, seperti hidup akan lebih sehat kedepannya. Bumi lebih hijau, hidup makin sehat


BOWO

Pemanfaatan limbah tulang hewan:
Limbah tulang hewan ternak seperti ayam, kambing, dan sapi sangatlah melimpah dan terkadang terbuang begitu saja tanpa dimanfaatkan. Jadi ide ku memanfaatkan tulang hewan ternak sebagai bahan kerajinan tangan , contohnya saya lihat di youtube membuat miniatur naga menggunakan bahan tulang ayam. Agar limbah tulang hewan ternak tidak menjadi sampah tetapi bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.


BINTANG

Belajar memilah sampah:
Sekarang banyak sekali pabrik yang mendaur ulang sampah seperti samph plastik dijadikan plastik lagi atau serat samph organik yang bisa dijadikan tempat minum. Tetapi kesusahan dalam memproses yaitu memilahnya. Jadi ideku kita belajar memilah sampah dari yang organik ataupun anorganik.



ABEL

Longsor di indonesia:
Kanapa bisa terjadi longsor. Karena penyebab tanah longsor memang beragam, mulai dari hujan, gempa bumi, pencair hujan buatan, aktifitas gunung berapi, erosi sungai, ganguan aktifitas manusia atau kombinasi  dari beberapa  faktor yang membuat sebuah lereng tidak stabil. Guncangan gempa bumi juga dapat menyebabkan tanah longsor  di bawah air. Jadi ideku bagaimana supaya nggak ada longsor di indonesia . Supaya orang orang tidak terkena longsong.

Post a Comment

Instagram KBQT

Copyright © KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH. Made with by OddThemes