Ide Agustus 2020: Kenali Diri Sendiri Selama Belajar Daring

Ide-ide yang dituangkan warga belajar KBQT pada bulan Agustus 2020 (hari ide setiap Kamis). Penuang ide untuk bulan Agustus 2020:

Aqiila Ibnu Wibowo | Echa Wahyu Sulistya | Abimanyu | Husein Galang Marhaen | Nabil | Nanda | Arsyala | Abel | Aqila Elya | Sofia | Mada | Ridho | Kharina | Bowo | Fredy | Pratama | Raka | Bintang | Diaz | Dhanial | Kayla



_________________________________

AQIILA IBNU WIBOWO

Penghijauan:

Banyak bangunan-bangunan sehingga hutan menjadi gundul. Harusnya pemerintah melakukan Reboisasi/penghijauan dan pemerintah membuat peraturan setelah menebang pohon di tanam kembali.

Selokan:

Pada saat musim pancaroban teman temanku banyak yang sakit DBD(Demam Berdarah) ternyata itu di sebabkan oleh nyamuk aidesaigepti yang bersarang di selokan rumah. Ide saya adalah Sering² Membersihkan selokan.

Teko:

Teko yang ada di rumah ku sering rusak karena pegangan teko itu terbuat dari plastik karena plastik tidak dapat menahan panas jadi pegangan teko itu seringkali meleleh sehingga orang tua ku sering membeli teko baru. Ide saya adalah mengganti pegangan teko itu dengan kayu agar tidak gampang rusak.

_________________________________

ECHA WAHYU SULISTYA

Teladani Bung Hatta:

Seharusnya pemerintah meneladani Bung Hatta dalam menjalankan pemerintahannya. Lebih mengutamakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat dibanding kepentingan pribadinya. Serta jujur dalam        menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat, lebih trasparan dan bijak sana dalam mengatur keuwangan negara lebih memikirkan masyarakat yang hidup di bawah garis ke miskinan dan suku pedalaman yang belum terjangkau oleh bantuan pemerintah daripada sibuk memikirkan pembangunan ibu kota baru yang benghabiskan banyak uang negara. Seperti kata Bung Hatta, "Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk nencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat."

KBQT kita:

Harusnya pendidikan Nasional Indonesia berdasarkan pancasila.tidak hanya menuntut anak didik yang pintar melainkan anak didik yang memiliki kemampuan berkarya serta memilki keimanan dan kemanusiaan. Harapan saya kelompok belajar Qaryah thayyibah bisa tersebar di penjuru Indonesia,supaya semua generasi muda bisa merasakan pendidikan yg memerdekakan murid,karena kami ingin diberi kebebasan untuk mengekspresikan harapan kemampuan dan impian kami,serta mendapatkan bekal ilmu untuk bertahan hidup di tengah masyarakat.dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonasia. "WE LOVE QARYAH THAYYIBAH"

_________________________________

ABIMANYU

Penghijauan desaku:

Di masa pandemi covid 19 seperti sekarang ini diharuskan masyarakat hidup dengan bersih. Bersih bisa melingkupi badan dan lingkungan. Dari pemerintah diharuskan membersihkan lingkungan dan membuat lingkungan menjadi bersih dan asri. Maka dari itu ideku, setiap warga di lingkunganku diharuskan menanam berbagai tanaman baik yg berguna untuk hiasan atau yg bermanfaat untuk kehidupan sehari hari. Di setiap RT pun dibuat taman yg indah untuk penghijauan lingkungan.

Banyak membaca buku:

Membaca adalah jendela dunia, pasti kamu pernah mendengarnya. Membaca memanglah sumber wawasan yang sangat baik, semakin sering membaca maka kamu akan semakin memiliki banyak wawasan. Dan zaman sekarang pun sangatlah mudah untuk menemukan bahan bacaan, mulai dari majalah, koran, buku pengetahuan, tabloid, internet, dan masih banyak lagi. Dan dengan semakin banyak membaca, kamu pun akan dengan mudah untuk menemukan ide-ide tulisan karena sudah memiliki banyak wawasan. Maka dari itu, membaca menjadi salah satu cara ampuh dalam mencari ide.

_________________________________

HUSEIN GALANG MARHAEN

Lomba:

Kan bentar lagi mau 17 Agustus gimana kalo kita ngadain lomba online seperti buat poster, puisi atau yang lain² tapi sesuai minat, yang mau buat poster ya buat poster, yang mau buat puisi ya buat puisi atau yang lain lain yang penting tentang hari kemerdekaan Indonesia.

Pemerataan Pendidikan:

Pemerataan pendidikan masih menjadi masalah utama, terutama bagi masyarakat miskin maupun masyarakat di daerah terpencil, prinsip dasar pemerataan ini sangat penting guna memberikan kesempatan bagi semua golongan masyarakat, untuk memperoleh pelayanan pendidikan yang baik. Maka diperlukan kebijakan dan strategi pemerataan pendidikan dari pemerintah yang tepat untuk mengatasi masalah ketidakmerataan tersebut. Menggratiskan sekolah dalam wajib belajar 9 tahun, kalau bisa wajib belajar 12 tahun. Menekankan pentingnya sekolah bagi warga masyarakat yang masih beranggapan sekolah merupakan hal yang tidak begitu penting

_________________________________

NABIL

Film anak KBQT:

Biasanya pembuatan film oleh anak Qt didominasi oleh member dari forum film, paling yang diluar forum jarang jarang. So, coba bikin film bareng bareng, bisa untuk film pendek komedi, horror, atau mungkin tentang keseharian anak QT sendiri. Ya tentunya bila pandemi berakhir.

_________________________________

NANDA

Sinetron:

Jadi ide ku ini tentang sinetron, sinetron seperti yg kita tahu itu adalah kisah nyata cuma aktif agak gimana gitu, jadi gimana kalau sinetron di ganti dengan tayangan kartun zaman dulu, ya emang masih ada yg suka sama sinetron tapi kan sebenarnya gak bagus buat anak kecil apalagi anak kecil akan mempelajari apa yg dilihat nya, jadi kalau mau lihat sinetron di youtube aja.

Bunuh diri:

Jadi ide ku ini tentang bunuh diri, jadi gini mungkin masih ada yg bingung tentang ide saya, jadi maksud saya kan terkadang masih ada yg bunuh diri karna urusan pribadi terus kenapa nggak jual aja organ nya dan dikasih untuk masyarakat yg butuh itu dengan harga yg murah, aku tau kalau banyak pihak nggak setuju apalagi orang tua nya karna organ anak nya dijual tapi kan mana ada orang tua yg tega anak nya masuk neraka pengen anak nya masuk surga dan bunuh diri itu bisa masuk neraka jadi kalau misal di jual organ ya mungkin bisa masuk surga. 

_________________________________

ARSYALA

WiFi Gratis di tempat ibadah:

Selama pandemi ini msh berlangsung, kuota internet msh mjd salah satu kendala utk kegiatan daring.terlebih bagi warga miskin.hal ini serasa mencekik ekonomi mereka.utk mkn saja mereka sdh susah apalagi utk beli kuota. Ide saya  adalah tempat-tempat ibadah memasang WiFi gratis agar anak-anak krg mampu (warga miskin ) atau siapapun bisa mengerjakan tugas daring sambil beribadah. Daripada mereka mengerjakan tugas daring di cafe/warnet.

Mainan:

Karena rumah saya digabung dengan TK jadi banyak mainan yang berserakan setiap pagi. Ide saya adalah membuat sebuah ruangan khusus mainan.

_________________________________

ABEL:

Sampah:

Bagaimana kalau sampah plastik janggan di buang karena bisa di pakai lagi. Semisal plastiknya bisa di kasih ke warung atU di sempan buat tempat sampah di rumah.

Buang sampah:

Bagaimana kalau sampah yang berserakan di tanah harus segera di bersihkan supaya tidak banyak berserakan di tanah. Jadi ideku manggil tukang sampah di depan rumah.

_________________________________

AQILA ELYA

Makanan siap saji:

Pendapat saya , makanan cepat saji memang enak, maksudnya tidak usah menunggu berapa lama untuk memasak, namun makanan ini juga disebut JunkFood , memang makanan ini hanya mempunyai sedikit khasiat. Menurut saya sih lebih baik kita tidak terlalu sering memakan makanan cepat saji, karena makanan cepat saji juga tidak terlalu baik untuk kesehatan tubuh jika dimakan setiap hari ;). Karna makanan saji juga tidak bagud untuk kesehatan kita, adapun dampak negatif dan positif nya. Sebenarnya sih kita semua itu tau kalau makanan siap saji itu tidak bagus bagi kesehatan, terutama bagi anak kecil. Tetapi kita srmua lebih memilih cepat tidak sehat daripada lama tapi sehat.

Cegah virus:

Tahun 2020 dimana Indonesia mulai di datangi virus yang sangat membahayakan bagi kesehatan kita, yaitu virus CORONA bisa juga di sebut Covid-19. Virus ini sangat bahaya bagi kesehatan, virus ini juga bida mengancam kematian. Sudah banyak korban" virus tersebut, kurang lebih 496 orang menjadi korban virus ini. Banyak warga" indonesia yang kekurangan penghasilan karna covid ini. Banyak juga karyawan" yang di PHK, ada pula anak" yang membutuhkan banyak internet untuk belajar daring. Kita sebagai pemuda indonesia untuk bisa membantu pencegahan covid-19 ini, karena jika virus ini masih menyebar hingga kini bisa" negara indonesia krisis. Jadi kita bisa membantu petugas kesehatan untuk mencegah covid ini dengan memcuci tangan stiap hari, jaga kesehatan, pakai masker jika keluar, menghindari kerumunan, mengkonsusmsi ramuan  warisan leluhur untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain". Jika bisa kita juga mengingatkan tetangga" kita atu temen"kita untuk melakukan pencegahan covid tersrbut.

_________________________________

SOFIA

Masa pinjam buku:

Perpustakaan salatiga masa meminjam bukunya cepat sekali. Hanya dua hari dan dua buku. Saya usul, supaya masa meminjam bukunya dibuat lebih lama lagi. Paling tidak seminggu atau dua minggu. Karena 2 hari rasanya sangat kurang cukup buat membaca dua buku. Sekian terima kasih.

Layar Ipusnas:

Sekarang ini pemerintah menyediakan layanan perpustakaan online bernama Ipusnas. Ini lumayan sekali bagi orang-orang yang suka baca buku tapi pengen hemat duit. Cuma masalahnya adalah, layar ipusnas terlalu terang. Kalo baca dalam waktu lama mata terlalu cepat capek. Usul saya supaya layarnya Ipusnas bisa gelap seperti Kindle. Dan juga layar Kindle ini lebih menghemat baterai hp.

Kemasan karton:

Daripada plastik, bagaimana kalau kemasan minuman lebih banyak dikemas dalam kemasan karton? Karena karton lebih ramah lingkungan. Sekalipun mengandung plastik, namun jauh lebih sedikit daripada botol plastik.

_________________________________

MADA

Dokumentasi daring:

Seperti kegiatan semester KBQT di tahun-tahun kemarin, setiap kegiatan semester atau mingguan KBQT didokumentasi, entah itu berupa video, foto, tulisan, majalah atau yang lainnya. Contohnya seperti kegiatan harkes minggu kemarin dimana anak-anak KBQT membersihkan lingkungan sekitar mereka, ada yang mengirim foto, ada juga yang mengirim video, contoh lain lagi yaitu seperti pada minggu kemarin yang setiap anak-anak KBQT membuat karya dengan tema kemerdekaan indonesia, ada yang membuat desain grafis, lukisan, kerajinan tangan, cover lagu dan lain-lain. Jadi ideku setiap anak bisa mengirimkan foto, video, tulisan atau lainnya apa yang mereka lakukan selama dirumah ke grub kelas atau grub KBQT agar kedepannya bisa dikumpulkan dan direpost oleh admin KBQT setiap minggunya atau bahkan setiap hari.

Film lockdown KBQT:

KBQT masih melakukan kegiatannya secara daring, entah itu upacara, Ide, Harkes dll.

Anak-anak KBQT pasti merindukan suasana-suasana belajar bersama seperti dulu. Saat-saat diakusi ide, upacara, sarapan di Mbah lam sebelum berangkat, buat film bareng, menanam bareng, latsar, buat film dll. Yang anak-anaknya berangkat pagi tapi pulangnya menjelang maghrib ya ada, yang tidur di RC ya ada dan saat-saat kumpul lagi cerita sampai lupa waktu ya ada dan banyak lagi cerita-cerita menarik lainnya yang ada di KBQT.

Jadi ideku ingin mengumpulkan usulan-usulan dari anak-anak KBQR untuk pembuatan film lockdown ini, mungkin dari anak-anak KBQT ada usulan lain yang lebih baik karena saya agak bingung mau dikonsep apa filmnya.

_________________________________

RIDHO

Turnamen minecraft:

Satu bulan kemarin saya coba mencari cara bermain bersama teman di minecraft terus di arahin ke salah satu web yang bernama aternos sedikit tentang aternos aternos tuu semacam web yang di dalem nya tu kita di suruh untuk membikin server maincraft, jadi di maincraft tu ada yang nama nya single player/ Multiplayer na kalau di multiplayer tu kita bisa gabung sama orang orang lainya, kayak mobile legends/player unknown battleground(pubg) mereka mempunyai server masing masing, naa dulu tu sempet ada yang membuat ide bermain maincraft bersama lagi naa karna saya sudah menemukan salah satu server minecraft kita bisa bermain bersama sama (membikin turnamen) dengan fasilitas qt yang sudah lumayan mencukupi mungkin kita bisa meminjamya untuk bermain bersama/membikin turnamen bersama.

Online school tapi di sekolah:

Hampir 7 bulan pandemi ini berlangsung dan pemerintah belum juga memutuskan kapan akan sekolah offline lagi, bagi saya sekolah online yaa fine fine saja tapi dengan melihat orang orang di sekitar kita banyak yang mengeluh tentang paket data ada pun yang mengeluh karna tidak mempunyai hp. Mengapa kita tidak menerapkan sitem ganjil genap, tapi kalau memakai sistem ganjil genap kan di sekolah formal ada kelas abc (dkk) mungkin bakalan ribet  bagaimana kalau masih online tapi setiap anak yang tidak mempunyai hp atau tidak mampu untuk membeli paket data bisa datang ke sekolahan untuk belajar di sana jadi guru tetap di sekolahan dan mengajar online, yaa guru juga perlu istirahat tapi kan kasihan juga dengan anak anak yang tidak mempunyai hp mereka bisa ketinggalan pelajaran.

_________________________________

KHARINA

Kantong plastik:

Lingkungan adalah tempat dimana kita melakukan segala aktivitas,sudah menjadi tanggung jawab kita untuk tetap menjaganya.Tetapi kenyataanya,banyak orang orang yang tdk sadar akan kebersihan dan kelestarian lingkungan.  Kita semua pasti sudah tau kalau limbah plastik afalah jenis limbah yang sulit  untuk diuraikan bahkan butuh waktu bertahun tahun untuk bisa terurai. Banyak sekali dampak adnya limbah plastik. JIka kita mengubur plastik dalam tanah akan membuat tanah tersebut menjadi tidak subur,pembakaran plastik akan menghasilkan gas yang berbahaya bagi tubuh,pembuangan sampah plastik di sungai akan menyebabkan penyumbatan aliran sungai yang menyebabkan banjir. Ayo kurangi pemakaian kantung plastik,contohnya membawa tas kain sendiri untuk berbelanja,jgn membuang plastik di sungai,jgn sering menggunakan kantung plastik sekali pakai,kita mendaur ulang untuk dibuat kerajinan tangan dn menjadikan lbih bermanfaat.

Lahan kosong:

Pengalaman pribadi kalauu di sekitar rumah masih ada lahan yang kosong,banyak di tumbuh i tumbuhan liar sama buat banyak ada ulatnya. Untuk melihat saja pasti udah nggak mau apalagi untuk kesananya. Daripada di biarkan kosong dan nganggur begitu saja. Ide saya adalah memanfaatkan  lahan tersebut dengan cara: 1. Ditanami buah buahan atau sayur-sayuran. Kalau sudah waktunya panen,hasil panen bisa dijual atau di gunakan pribadi. 2. Bisa untuk tempat bersantai,ditambahi kursi dan meja bisa untuk tempat santai di rumah.

_________________________________

BOWO

Menjelajah alam sekitar:

Di era milenial ini sudah jarang ada orang yang menjelajah alam sekitar .Manfaat menjelajah alam sekitar itu untuk mengetahui apakah ada yg sudah tidak ada/punah di alam sekitar itu contohnya serangga, tanaman ,atau hewan. Nah maka itu kita sebagai generasi muda sesekali keluar rumah untuk menjelajahi hutan sekitar sebagai pembelajaran contoh nya tanaman yang kita liat dulu dan sekarang sama atau tidak dan kita catat fungsi apakah tanaman tersebut bermanfaat atau tidak. Ide saya sebenarnya untuk melestarikan alam dan sebagai ilmu pengetahuan tentang flora dan fauna sekitar .

Membuat Tempat Resapan air:

Di bulan ini cuaca sangat panas dan dipastikan air akan surut dan mengering .Dan diperkirakan di tahun depan akan kemarau panjang. Ideku bagaimana jika disetiap desa yg sering kekeringan dibuatkan resapan air bersih di lokasi yang terjangkau dan tidak jauh dari pemukiman desa agar untuk jaga-jaga kalau musim kemarau panjang dan pasokan air bersih kurang.

_________________________________

FREDY

SIM anak SMA:

Surat ijin mengemudi (SIM) ini adalah sebuah syarat untuk mengemudi kendaraan apa saja, motor, mobil, truck, dll. Jika tidak memiliki SIM, polisi secara langsung akan menilang pengendara tersebut. Dan jika ingin mendapatkan SIM, batas minimal usianya 17 tahun. Anak-anak yg baru masuk SMA/SMK rata-rata usianya 15 tahun, berarti mereka belum bisa mendapatkan SIM, karena usianya belum cukup. Tapi banyak teman-teman saya yg sekolahnya jauh. Jadi mereka naik motor, tapi belum punya SIM. Knp gak naik angkutan umum? Lebih irit naik motor sendiri, kata teman saya. Soalnya kalau naik angkot, oper-oper nya banyak dan kadang suka bikin telat.  Ide saya bikinlah SIM khusus anak SMA/SMK, biar mereka bisa berangkat sekolah naik motor dan tidak melanggar peraturan.

Upload IDE :

Saat upacara kemarin sempat diskusi tentang "ide diupload di IG KBQT". Waktu itu saya sepertinya sedang ngantuk, jadi mungkin otak saya sedang lemot. Nah sekarang otak saya sepertinya sudah segar kembali. Saya memiliki 2 opsi : 1. Teman-teman upload idenya sendiri di story ig, dan taq IG KBQT. Jadi, admin KBQT tinggal repost aja. 2. Yg diupload hanya beberapa ide. Jadi kita diskusi dulu mana saja yg mau di upload. 

_________________________________

PRATAMA WALUYO JATI

Sisa kain:

Yang suka jahit baju,rok,atau yang lainnya pasti menyisakan potongan kain. Tapi sisa2 kain itu bisa dibuat sesuatu yg bermanfaat. Seperti membuat dompet,hiasan case hp,dll. Barang2 dari sisa kain itu bisa dijual.

_________________________________

RAKA

Hafalan:

Di pondok sebagian anak pondok putra pada males hafalan karena tidak di tarik hafalan nya. Jadi gimana klo setiap kamar di tarikin hafallan. Karena klo gak gitu biasanya pada gak nghafalin nadhom.

_________________________________

BINTANG

Reboisasi/penghijauan:

Banyak jalan jalan besar yang jarang ditanami pohon besar yang kuat . Pohon yang berada di jalan besar itu banyak fungsi yaitu untuk menyerap karbondioksida,lebih sejuk dan sering buat pembatasan jalan pada jalan jalan gunung. Jadi ideku adalah menanam pohon besar yang kuat berumur panjang pada pinggir jalan jalan besar.

_________________________________

DIAZ

Menjaga lingkungan:

Lingkungan yang merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup yang ada di muka bumi, termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan harus kita jaga kelestariannya. Lingkungan sangat penting bagi kelangsungan hidup bagi makhluk hidup. Karena apabila lingkungan tidak ada maka manusia, hewan, dan tumbuhan tidak dapat bertahan hidup. Namun, sekarang lingkungan mengalami kerusakan. Itu semua akibat ulah dari manusia yang tidak bertanggung jawab. contohnya penebangan hutan secara liar/pembalakan hutan, polusi air dari limbah industri dan pertambangan, polusi udara di daerah perkotaan, dan masalah mengenai rusaknya lingkungan kita khususnya di Indonesia bukan merupakan masalah yang baru lagi, yang seharusnya dibenahi sesegera mungkin.  Karena itu ide saya untuk menanamkan sejak dini kecintaan terhadap lingkungan kepada generasi muda sekarang, seperti mengadakan program khusus pembelajaran tentang lingkungan atau tambahan pembelajaran tentang lingkungan dalam KBM di sekolah ataupun membangun sekolah alam dengan visi misi untuk kelestarian lingkungan.

_________________________________

DHANIAL

Tanam pohon:

Bulan kemarin, di belakang rumah tetangga saya ada penebangan pohon. Dan rumah saya juga kena dampaknya (panas). Karena hal tersebut, saya mau beli bibit buat saya tanam di belakang rumah agar rumah saya tetap sejuk dan udara di sekitar biar bagus. Dan semakin banyak pohon, semakin banyak oksigen.

_________________________________

KAYLA

Mengenal diri sendiri:

Sekarang, semuanya serba online. Semua dikerjakan dari rumah. Begitu pula sekolah. Namun, sekolah online tak semata-mata mengurangi pekerjaan sekolah. Yang ada malah tugas menjadi semakin menumpuk.

Sejak mulai pembelajaran online, saya sering mendengar keluhan dari teman-teman saya. Entah sistem belajar online yang tidak efektif sama sekali, tugas-tugas yang menumpuk sebegitu banyaknya, atau guru yang kurang mendampingi dalam pembelajaran. Dan ada satu yang sangat sering saya dengar; "Besok aku mau jadi apa? Bakat tidak punya, sekolah tidak pintar, prestasi pun tak ada."

Sebenarnya, sejak sebelum belajar online, teman-teman saya juga sangat sering berkata seperti itu. Mereka kebingungan dengan diri sendiri; apa yang sebenarnya mereka inginkan, yang mereka suka, bahkan potensi yang mereka miliki. Sejak dulu, di sekolah-sekolah formal yang pernah saya singgahi, para siswa tidak diberi kesempatan untuk mengenal diri sendiri. Sehari-harinya mereka hanya mendengarkan guru menjelaskan dan mengerjakan tugas. Apalagi di waktu seperti ini, tugas-tugas malah semakin menumpuk. Seolah-olah siswa tidak diberi waktu untuk diri sendiri. Dan hal itu juga menyebabkan masalah yang serius; kebingungan. "Setelah lulus sekolah, apa yang akan kulakukan?"

Di kala pembelajaran online seperti ini, sepertinya lebih bagus jika siswa diberi kesempatan untuk mengenal diri mereka sendiri lebih dalam. Melakukan pengamatan akan hal-hal di sekitar mereka, mencoba menemukan apa yang mereka sukai. Sehingga sekolah tidak hanya untuk nilai angka pelajaran, tapi juga nilai kehidupan. Agar nanti ketika lulus dari sekolah, mereka tidak lagi kesulitan untuk menemukan jalan hidup mereka dan tidak kebingungan untuk menentukan pilihan mereka. Dan tentu saja, dengan seseorang yang mendampingi saat proses pengenalan diri.

Pendampingnya bisa dengan orang tua di rumah. Jika tak tinggal bersama orang tua? Ada teman yang bisa membantu kita mengenali diri kita. Jika tak ada teman? Ada guru yang seharusnya bisa membantu siswanya.

Post a Comment

Instagram KBQT

Copyright © KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH. Made with by OddThemes