Ide September 2020: Pilkadanya daring aja deh!

Ide-ide yang dituangkan warga belajar KBQT pada bulan September 2020 (hari ide setiap Kamis). Penuang ide untuk bulan September 2020:  

Abimanyu | Aqiila Ibnu Wibowo | Aqiila Elya Sari | Nanda | Fredy Nusantara | Bowo | Kharina | Mada | Bintang | Amartya | Sofia | Echa Wahyu | Ridho | Diaz | Haidar | Husein Galang | Mantra | Alfa | Arsyala | Abel | Dhanial | Nabil




ABIMANYU

BIOGAS:

Di daerah ku terdapat  kandang ternak sapi . Dimana terdapat kotoran sapi yg banyak. Dulu kotoran sapi hanya digunakan sebagai pupuk, tp kini peternak didesa saya memanfaatkan kotoran sapi diolah mjd biogas. Dimana bisa digunakan untuk bahan bakar pengganti gas sehingga lebih irit lg. Karna harga gas pun mahal.

JAGA LINGKUNGAN:

Menjaga lingkungan hidup jadi hal yang penting untuk dilakukan seluruh umat manusia. Hal ini berkaitan dengan pemanasan global serta perubahan iklim yang sudah mulai terlihat jelas dan tentunya dapat mengancam kehidupan manusia. Oleh karena itu, berbagai negara di seluruh belahan dunia semakin serius dalam menjaga lingkungan hidup. Mulai dari pemanfaatan sampah, mendaur ulang, penggunaan sumber energi ramah lingkungan, serta penghijauan kembali menjadi langkah efektif buat menjaga kelestarian bumi.

KAIN PERCA JADI MASKER:

Di masa pandemi seperti ini masker sangat penting bagi kita.Oleh karna itu pemanfaatan kain perca sangatlah bermanfaat.Kain perca dirumah aku sangat banyak, selain untuk celana kolor bekas potongan kain perca dibuat masker.Kain perca nya pun adem karna dari bahan rayon.Bila sudah jd masker bisa dipakai sendiri, dijual, dan diberikan bg yg membutuhkan.

 INOVASI BISNIS:

Kreativitas adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Apalagi, kini banyak bisnis yang hanya muncul sesaat dan segera kehilangan peminat. Salah satu alasan utamanya karena kurangnya inovasi ide bisnis yang mereka tawarkan.


 AQIILA IBNU

 KOMPOS:

Banyak pohon mangga di sekitar rumahku sehingga setiap harinya banyak dedaunan yang berjatuhan. ide saya adalah menjadikan dedaunan itu sebagai pupuk kompos.

 KAWAT SAMPAH:

Banyak sampah di selokan sehingga Air menggenang jadi setiap hujan air akan meluap ke atas sehingga jalanan menjadi banjir. Ide saya adalah memberi kawat di selokan agar sampah tidak ada di selokan.

 SATWA LIAR DI PEMUKIMAN:

Pohon-pohon banyak yang ditebang, banyak pembuangan sampah  limbah pabrik ke sungai sehingga sungai menjadi tercemar, hutan menjadi gundul dan banyak satwa yang kehilangan tempat tinggal karna ulah manusia sehingga banyak satwa yang pergi ke pemukiman warga untuk mencari tempat tinggal.  Ide saya adalah Pemerintah seharusnya sudah menyiapkan kebun binatang agar satwa liar tidak masuk ke pemukimam warga.

 PENANGKARAN SATWA LANGKA

Faktor utama penyebab punahnya satwa di bumi adalah kehilangan habitat atau tempat tinggal. Beragam ekosistem baik di darat maupun laut mengalami perusakan demi pembangunan gedung, jalan, dan pembangunan-pembangunan lainnya. Ide saya melestarikan satwa langka yang ada di Indonesia adalah dengan membuat tempat untuk penangkaran. Penangkaran tersebut bisa membuat satwa langka bisa berkembang biak agar tidak punah. Perkembangan biakan ini bisa menjaga satwa tersebut agar tidak punah.


 NANDA

 TEMPAT SAMPAH LIMBAH:

 Jadi ideku itu tentang tempat sampah untuk limbah karena masih banyak yg membuang limbah di perairan dll, jadi gimana kalau setiap pabrik punya tempat sampah untuk buang limbah nya, ya masak punya pabrik besar tapi tidak ada tempat sampah untuk buang limbahnya soalnya aku pernah lihat di Ig ada yg buang oli ke lautan dan itu merusak alam dan banyak ikan dan makhluk lainnya yg mati atau tercemar, jadi please lah peka dikit napa kalau gak mau alam rusak dan mengakibatkan bencana ya buanglah limbah nya ke tempat sampah. MOTHER NATURE IS CRYING

 BODY SHAMING:

Mungkin sebagian orang tua tahu body shaming tapi tidak tahu maksudnya gimana, terkadang orang tua  membandingkan kita dengan orang lain untuk tujuan agar kita lebih baik tapi menurut ku itu salah, karena jika orang tua terus seperti itu maka mental anak akan turun, tidak semua anak itu sama dan pintar tapi setiap anak itu unik ada yg pintar menggambar,dance, musik dll, jadi dukunglah bakat anak selama itu baik jangan bandingkan dengan yg lain karna tidak semua anak kuat dengan itu. STOP BODY SHAMING


 FREDY NUSANTARA

 BERANGKAT SEKOLAH LAGI:

Menurut penglihatan saya, sepertinya semua sudah dibuka kembali. Pasar, mall, acara2 ramai, konvoi bupati, pengajian Akbar, TPQ, konser, dll. Tapi kenapa hanya sekolahan saja yg tidak bolehh dibuka? Apakah ini bisnis guru? Murid tidak menggunakan fasilitas sekolah, tapi bayar uang gedung wajib. Ini kita udah libur setengah tahun, mau sampai kapan? Apakah kalau kita masuk sekolah otomatis kena virus? Saya berharap kawan2ku berani berbicara atas keresahan yg sedang dirasakan. Kawan2ku SMP-SMA pasti merasakan. Tapi yg masih SD, mbokne sg mumet nd*ssss. Tapi saya salut sama ibu2 Jombang yg kemarin menuntut agar sekolah tatap muka kembali dibuka.

 PILKADA ONLINE:

Sebentar lagi bakal ada pilkada serentak, dan pastinya sangat ramai. Kemarin saya melihat Kampanye nya juga ramai. Sebangian orang ada yg gak pake masker, dan salah satu calon bupatinya juga gak pake masker. Tapi kenapa itu diperbolehkan? Di daerah lain ada juga yg kampanye nya mengadakan konser musik. Katanya mencegah penularan Copit? Kok malah bikin acara ramai-ramai. Dan kenapa acaranya tidak langsung dibubarkan oleh aparat? Apa mereka gak tau, apa karena uang. Sedangkan yg dipasar disuruh push up, denda, dll. Bagi saya ini tidak adil. Kalau memang pingin mencegah penularan Copit, saya punya usulan. Pilkada tahun ini dibuat dengan cara online, gausah ada kampanye² yg turun ke jalan. Kampanye di media sosial aja. Tohh, sebagian dari mereka hanya menyampaikan janji-janji manis. Nnti pas pemungutan suara juga sepertinya bisa dibikin cara online.

 AYO MASUK SEKOLAH LAGI:

Ini kan lagi musim corona. Saya denger² katanya kalo mau bikin acara, orangnya tidak boleh lebih dari 100 orang. Dengan tujuan untuk mencegah copit. Tpi ada beberapa acara yg orangnya lebih dari 100, kampanye pilkada contohnya. Dan kenapa acara tersebut diperbolehkan?. Apakah corona sudah hilang? Singkat sajaa, murid KBQT kan sepetinya tidak lebih dari 100 orang. Gimana kalau kita coba untuk sekolah tatap muka. Sepertinya juga akan baik² saja.


 BOWO

 DILARANG BUANG SAMPAH DI HUTAN:

Di desaku terkadang masih ada orang yg nakal tidak bertanggung jawab atas pembuangan sampah di Hutan, tidak tau mengapa mereka mencemari lingkungan sekitar yg masih asri soalnya aku lihat saat harkes 2 minggu lalu saat meneliti flora , ada sebuah timbunan sampah di dasar jurang . Nah ideku bagaimana jika di setiap hutan diberi sepanduk tentang menjaga alam sekitar.

 KELAS PERTANIAN ONLINE:

Sekarang kelas Pertanian sedang tidak aktif dan di hari Rabu dan  Sabtu sering kosong  sementara itu sebagian besar anak Qt suka bercocok tanam/ melakukan penghijauan tetapi tidak ada pemateri nya jadi kalo mau nanam suka asal asalan. Bagaimana kalau diadakan kelas Pertanian online karena bermanfaat bagi kita yg suka bercocok tanam dengan asal asalan.

 MANFAATKAN KULKAS BEKAS

Banyak sekali barang barang bekas yg bisa didaur ulang contohnya kulkas bekas ,jika kita mempunyai kreativitas ,kita dapat menyulap kulkas bekas menjadi meja tinggal dikasih kursi kecil dan isi kulkas  dikeluarkan jika kulkas nya panjang maka besar pula meja tersebut ide ini untuk mengurangi limbah barang bekas.


 KHARINA

 KEPENTINGAN BERSAMA:

Korupsi adalah suatu kata yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita (Masyarakat). Baik dari kalangan Muda dan Tua, ataupun dari kalangan Kaya dan Miskin, seluruh elemen masyarakat mengetahui dan mengerti apa itu korupsi.

 Korupsi dapat diartikan sebagai penyelewengan dan penggelapan terhadap suatu dana atau uang negara dan perusahaan atau sebagainya. Korupsi merupakan suatu pelanggaran hukum yang sudah menjadi suatu adat kebiasaan yang terjadi di Indonesia, yang seakan sulit untuk diberantas karena dapat dianggap korupsi telah menjadi suatu kebudayaan dalam Bangsa Indonesia dan telah mendarah daging di dalam tubuh para koruptor. Kasus korupsi di Indonesia terasa sangat sulit untuk diatasi dengan baik, jika kita melihat kasus - kasus korupsi yang selama ini telah merajalela terjadi di Indonesia. Korupsi sangatlah merugikan bagi kalangan warga masyarakat, karena korupsi merupakan suatu masalah yang sangat berdampak terhadap perekonomian Negara, sehingga akan sangat sulit untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi negara yang lebih baik ( Maju).

 Solusi dari masalah tersebut, mungkin berasal dari diri kita sendiri bagaimana cara kita bisa membedakan hal bersama dan sendiri. Patutnya setiap orang di indonesia tetap mengutamakan kepentingan orang lain/bersama , dan jangan menjadi orang yang serakah dan tergiur harta.

 NONTON FILM:

Di masa libur atau daring sekarang ini kita pasti banyak memiliki waktu yang kosong. Terkadang waktu kosong tersebut tidak kita manfaatkan dg baik. Kadang hanya untuk rebahan atau main hp atau rebahan lagi:v. Itu pasti sangat membuang"bwaktu kita saat masa sprti ini. *Bagaimana* kalau kita bisa memanfaatkan waktu tersebut dg nonton film salah satunya,kita bisa cari film di YouTube atau link di internet. Setelah nonton film itu kita buat review atau sinopsis film tersebut. Jika sudah kita bisa laporan pada pendamping kelas. Terimakasih.

 MI INSTAN:

Mi instan adalah makanan yang paling disukai oleh masyarakat terutama remaja seperti kita. Mi instan memiliki rasa yang gurih dan membuat kita slalu ingin mengonsumsinya. Sayangnya dibalik rasa enak tersebut mi instan dapat membuat kita kecanduan. Padahal sangat tidak baik jika kita terus menerus mengonsumsi mi instam. Apalagi mi instan ada kandungan msg yang byk sekali dampak negatifnya bagi kesehatan jika terus terusan dikonsumsi. Penggunaan msg yg lebih dapat berpengaruh pada kerusakan hati, hipertensi.  Apalagi anak milenial jaman sekarang hanya mau praktis saja tentunya mi instan adalah jalurnya. Sehari bisa 2/3 bungkus makan mi instan. Padahal mi instan mengandung sejumlah besar karbohidrat tetapi tidak mengandung mineral,vitamin atau serat. Ideku mengurangi keseringan mengonsumsi mi instan dengan cara sedikit demi sedikit mengonsumsinya,misal biasanya hampir setiap hari makan mi kita coba 3 hari sekali jika sudah berhasil seminggu sekali lama kelamaan jika kita sudah bisa menerapkannya kita bisa mengurangi jumlah konsumssi kita dalam mengonsumsi mi instan. Atau bisa mengganti bumbu instan nya dengan bumbu racikan sendiri.


 MADA

 PENGHIJAUAN ALA KBQT:

Bulan kemarin anak-anak KBQT melaksanakan harkes yang dimana mereka diminta untuk membersihkan lingkungan sekitar mereka, sama halnya dengan penghijauan, menamam termasuk salah satu gerakan penghijauan yang sering dilakukan. Misal ada penebangan pohon besar besaran, disitu mereka akan menanam lagi dengan bibit pohon agar jumlah pohon tidak berkurang. Jadi ideku yaitu anak-anak KBQT menanam tanaman dirumah mereka masing-masing. Misal menanam tanaman sayuran, tanaman buah-buahan dll dan kalau sudah besar hasilnya bisa dinikmati.

 SOLUSI PANDEMI

Banyak yang mengeluh akan sepinya dikala pandemi, entah itu gabut, tak ada kegiatan, tugas menumpuk, nggak boleh keluar rumah dll. Terkadang mereka tidak bayak berfikir untuk mencari solusi permasalahan-permasalahan tersebut, terkadang mereka hanya bisa mengeluh, mengeluh dan mengeluh tanpa mencari solusi dan mencari sesuatu yang bisa membangkitkan kembali semangat-semangat walaupun pandemi melanda. Jadi ideku janga hanya berdiam diri, ayo kita mencari solusi-solusi akan masalah yang selama ini sering melanda ditengah pendemi.

 EVALUASI KEGIATAN SEMESTER:

Sebelum pandemi beberapa kegiatan semester KBQT telah terlaksana, tapi setelah pendemi ada beberapa kegiatan semester KBQT yang belum terlaksana. Selama belajar daring ini rasanya bosan sekali, entah itu setiap upacara yang ikut pasti orang-orang itu aja, ide, harkes dll.  Jadi ideku, mungkin ada satu orang saja yang usul ketika daring ada pembahasan lain saja saya dah senang, apalagi seluruh warga KBQT. Tidak harus tentang kegiatan semester, mau itu alumni berbagi pengalamannya dulu waktu masih jadi murid KBQT, Mau itu pengalaman bolos trus dimarahin sama pendamping dll.

 KHATAMAN QURAN:

Menanggapi promes tahun kemarin yaitu khataman qur'an yang belum terlaksana, saya mengusulkan ide untuk menjalankannya kembali. Jadi teknisnya ada yang membagi peranak dapat berapa juz, kalo misalkan anak-anak KBQT kurang ya dibantu para pendamping. Jangan sampai kita tidak membaca al-qur'an sama sekali walaupun cuma sehari.


 BINTANG

 MENGHINDARI JENTIK NYAMUK:

Sekarang sudah mulai sering hujan dan sudah mulai banyak genangan air yang berada di sekitar rumah kita,jentik jentik bisa berkembang biak menjadi nyamuk yang bisa menyebabkan demam. Jadi ideku membuang air genangan yang berada di sekitar rumah kita agar nyamuk Aedes aegypti.

 TANAM POHON BERINGIN:

Ketika kemarau air akan menipis dan ternyata menurut penelitian pohon beringin suku cadang air yang sangat banyak menurut (Balitek) tim invertirasi balai Litbang teknologi pengelolaan yang tertuang di buku pohon sahabat air.

 POHON BESAR:

Sekarang didaerah ku banyak sekali pelebaran Jalan dan menyebabkan pohon di tebang dan membuat cuaca didaerah sangat panas dan visa menyebabkan banjir dan globar warming. Jadi ideku jangan menebang pohon pohon besar untuk pelebaran karena akibat nya sangat banyak.


 AMARTYA

 CEGAH PENCEMARAN TANAH:

Sekarang Banyak orang membuang sampah bukan di tempat nya jadi akibat dari  sampah yg tidak di buang ketempatnya menyebabkan pencemaran tanah. Jadi ide saya itu: melakukan reboisasi. Dengan melakukan reboisasi, kita dapat membantu kesuburan tanah agar kembali terjaga. Dengan penanaman kembali, meskipun dapat memakan waktu yang lama untuk tumbuh, namun pohon yang ditanam akan membantu mengurangi pencemaran tanah sekaligus pencemaran udara.

 SEJARAH BANGSA:

Sebagai generasi muda  kita harus meng ingat sejarah para pendiri bangsa, dengan mengingat sejarah maka akan terus mengalirkan semangat mereka. Jangan pernah melupakan sejarah, karena peran para pendahululah saat ini kita ada. Dengan mengingat sejarah dan menyadari kemajemukan bangsa lewat seni, budaya, adat, dan agama, maka generasi muda bisa meningkatkan jati diri dan karakternya yang selanjutnya akan memperkuat jati diri bangsa.


 SOFIA

 PENAMPUNG AIR HUJAN:

Di Indonesia kan masih banyak tempat-tempat yang kekeringan dan kekurangan air untuk dikonsumsi atau digunakan sehari-hari. Nah saya pernah baca di India ada desa yang kekeringan juga, tapi setiap musim hujan desa itu menampung air hujan supaya bisa digunakan saat musim kemarau. Kalau desa-desa di Indonesia punya penampung air hujan mungkin juga bisa membantu mengatasi kekeringan.

 DISKUSI IDE:

Karena setelah sekolah dari rumah kita jarang diskusi ide lagi, saya usul  supaya diadakan diskusi ide lagi. Bisa dilakukan per kelas atau di grup utama. Soalnya rasanya ga seru kalo gaada diskusi ide, hehe.

 BIBIT POHON COVID-19:

Ide ini saya dapatkan ketika membaca artikel di Instagram tentang sebuah desa di India yang menanamkan 110 pohon setiap kelahiran seorang bayi perempuan. Jadi kenapa kita tidak menerapkannya juga? Tidak harus 110 pohon, katakan saja satu pohon setiap seorang sembuh dari Covid-19. Jadi setiap seseorang terjangkit virus Corona atau Covid-19, ia akan diberi sebuah bibit pohon. Dan setelah orang itu sembuh, bibit pohon itu akan ditanamkan untuk kesembuhannya. Hal ini juga akan memberikan harapan pada pasien tersebut supaya sembuh. Selain itu juga akan membantu penghijauan di wilayah Indonesia.

 BERSIH LINGKUNGAN:

Mumpung corona, gaada salahnya kan kita bersih2 lingkungan di sekitar atau seenggaknya rumah. Ngumpulin baju2 bekas, disumbangin kalo perlu. Bikin dekorasi rumah baru. Biar rumah terasa baru dan ga bosen :v


 ECHA WAHYU

 OBAT KANKER ALAMI:

Penyakit kanker selama ini sangat menakutkan. Selama ini penanganan bisa dilakukan hanya dengan terapi kemo namun biaya yang dibutuhkan mahal. Tetapi kini ada solusi, obat alami yang ampuh dan murah. Yaitu buah sirsak dan daun sirsak. Buah dan daun ini ternyata mampu membunuh sel kanker yang kekuatannya sepuluh ribu  kali lipat lebih ampuh dibanding terapi kemo. Di Brazil tanaman dinamakan graviola,di sepanyol namanya Guanabana, bahasa inggrisnyaasoursop, di indonesia , sirsak.

 Khasiat dari buah dan daun sirsak ini memberikan effek anti tumor / kanker yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker selain menyembuhkan kanker buah sirsak juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur (fungi), efektif melawan berbagai jenis parasit /cacingan , menurunkan tekanan darah tinggi,depresi, stress, dan menormalkan kembali system syaraf yang kurang baik.

 Sumber berita sangat mengejutkan ini berasal dari salah satu pabrik obat terbesar di Amerika . Buah graviola dites di lebih dari 20 laboratorium, sejak tahun 1970-an sampai beberapa tahun berikutnya. Hasil test dari ekstrak(sari) buah ini adalah secara efektif memiliki tarjet  dan membunuhan sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda diantaranya kangker: usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan dan pankreas.

 Ideku adalah penggunaan buah dan daun sirsak untuk mengatasi penyakit kangker karena, banyak dijumpai disekitar kita harganya juga terjangkau dan lebih efektif dari obat kimia dan kemo terapi yang menghabiskan banyak uang. Untuk pencegahan disarankan makan atau minuman jus buah sirsak untuk penyembuhan, 10 buah daun sirsak yang sudah tua (warna hijau tua) dicampur ke dalam 3 gelas air dan direbus terus hingga menguap dan air tinggal satu gelas aja. Air yang tinggal 1 gelas diminumkan ke penderita setiap 2 kali setelah minum, efeknya katanya beda terasa panas dan lemas mirip dengan efek kemoterapi. Dalam waktu 2 minggu, hasilnya bisa di cek ke dokter.

 PENDIDIKAN ANAK

Anak merupakan karunia termahal dari Tuhan. Ada berapa orang yang tua berharap dalam hidupnya dikaruniai Putra namun tak pula kunjung tiba. Maka berbahagialah bagi orang tua yang dikaruniai anak. Sebagai Karunia, anak merupakan amanah Ilahi yang wajib di jaga dengan baik. Merawat anak tentu bukan saja dalam soal kecukupan jasmani Tetapi lebih utama dalam hal pendidikan. Sebagaimana sabda rasulullah " setiap anak dilahirkan sesuai dengan fitrahnya, hanya kedua orang tuanya lah yang akan membuat dirinya menjadi seorang Yahudi, seorang Nasrani atau seorang majusi." ( HR bukhari,ibnu hibban dan baihaqi ).

 AL-Imam AL-Ghazali menerapkan lebih lanjut dalam AL-Ihya' Ulumuddin " anak adalah amanah bagi orang tuanya. Hatinya yang suci merupakan permata tak ternilai harganya, masih murni dan belum terbentuk. Dia bisa menerima bentuk dan corak apapun yang diinginkan. Jika dia dibiaskan dan diajari kebaikan, maka akan tumbuh padanya kebaikan dan hal itu akan menjadikannya orang yang berbahagia dunia dan akhirat. Budi pekerti baik yang berhasil ditanamkan pada diri anak akan bermanfaat pula bagi kedua orang tuanya, guru dan pendidiknya serta di lingkungan masyarakat di mana dia berada. Sebaiknya, jika diabaikan dan dibiarkan, maka anak tidak jarang menjadi menderita dan rusak.

 Walaupun peran orang tuanya bukan unsur tunggal penuntut masa depan anak. Tapi, harus disadari bahwa orang tua mempunyai peran yang sangat penting.tak sedikit akhir-akhir ini orang tua mengeluhkan Betapa sulitnya mendidik anak .bukan saja sikap anak-anak zaman sekarang yang lebih berani dan agak 'sulit diatur', tetapi juga tantangan arus globalisasi budaya, informasi, dan teknologi yang turut Andil besar dalam mewarnai sikap dan perilaku anak.

 Cara paling mendasar bagi orangtua dalam mendidik anak tentulah harus mengikuti petunjuk petunjuk dari para nabi sebagai pembawa undang-undang Allah bagi seluruh manusia.

Diantara petunjuk itu Sebagaimana telah disabdakan Rasulullah SAW "Segala perkara yang baik yang tidak di mulai dengan "bismillahirrohmanirohim" , Maka ia putus". Iyalah di antara prinsip dasar yang harus dipegang bagi para orangtua, cukup ringkas tapi hal ini sangatlah penting.

 Artinya dalam mendidik anak harus mengutamakan Rohman Rohim ( kasih sayang ) dan penuh perhatian. Namun demikian mendidik tidaklah cukup dengan hanya mengandalkan kekuatan jasmaninya saja. Bimbingan ilahiyah sangat di perlukan. Kelemahan manusia dalam memandang sesuatu yang baik buat si anak begitu relatif. Terkadang orang tua berpikir bahwa suatu perbuatan yang menurutnya sudah baik untuk pendidikan si anak, pihak lain memandangnya sebagai suatu yang tidak tepat. Maka sehebat apapun manusia berteori, tidak akan terlepas dari kemampuan akalnya yang terbatas.

 BANGKIT DARI DIRI SENDIRI:

Bukan karena banyak penduduk atau luas wilayah karena kandungan kekayaan alam yang melimpah, kebesaran sebuah bangsa ditemukan seberapa kuat dan besar jiwa bangsa itu sendiri. Menurut pernyataan ini maka jika bangsa kita ingin bangkit dari keterpurukan, ketertinggalan, ketergantungan dari negara lain maka langkah mendasar yang harus ditempuh adalah kebangkitan atau pembangunan jiwa.

 Bangsa yang jiwanya lemah akan memicu kehancuran nya sendiri. Dan ini tentu sangat ironis, apalagi jika dilihat mayoritas bangsa Indonesia beragam Islam. Korupsi, kolusi, sepotisme mengakar kuat dalam berbagai sendi kehidupan. Mereka yang kuat takut kehilangan kekuatannya sehingga tak segan menghancurkan kelompok lain demi menjaga kekuatan yang diagungkan itu. Yang Lemah juga takut akan selamanya dalam kelemahan dan kekurangan.

 Dua kelompok dalam kondisi yang berlawanan itu diliputi rasa ketakutan. Mudah diadu domba karena perbedaan dan kepentingan sedang sikap toleransi, saling menghargai dan saling membantu Kandas dalam teks jam nyaringnya orasi. Sebagai bangsa yang mayoritas memeluk agama Islam bangsa ini telah jauh meninggalkan nilai-nilai yang dikandung dalam agama Islam itu sendiri. Membangun jiwa bangsa bukan perkara mudah, butuh proses waktu yang tidak singkat dan metode yang paling efektif dalam ditempuh adalah melalui jalur pendidikan. Malas dan bagiannya. Sifat-sifat ini jika dibiarkan akan membuat manusia terlempar ar-razi fat asli kemanusiaannya.

 Apa yang dibutuhkan untuk pembangunan bangsa sebenarnya tidak sulit, tidak harus belajar pada negara lain. Secara teori resep untuk membangun jiwa bangsa Indonesia ini tidak digali dari ajaran agama yang dianut bangsa Indonesia sendiri. Tidak perlu ter kecoa dengan kemajuan bangsa lain seolah kita tak dapat melakukannya. Semua itu dapat digali dari yang paling dekat dengan diri kita sendiri yaitu jiwa. Permasalahannya hanya terletak pada ada pertanyaan Apakah kita mau dan siap melakukan atau tidak. Jika tidak maka bangsa ini tak akan berubah atau malah makin terpuruk. Jika untuk perubahan tiap itu butuh contoh maka para pemimpin negara ini yang harus lebih dulu lu menunjukkan. Tapi jika itu tak kunjung terjadi, maka akan lebih baik jika hal itu dimulai dari diri sendiri. Jika pribadi-pribadi seperti ini tumbuh maka lingkungan sekitar akan terpengaruh setidaknya makan menghambat jalannya sifat-sifat tercela dari orang lain.

 BENCANA DAN SUMPAH JABATAN:

Sepanjang sejarah tercapainya puncak kejayaan Indonesia senantiasa diilhami oleh sebuah sumpah nasional. Sejak zaman Majapahit dengan Sumpah Palapa, masa penjajahan lahir Sumpah Pemuda, dan kini masa kemerdekaan dalam negara Republik Indonesia ada sumpah jabatan. Timbulnya bencana yang yang silih berganti, sejatinya bukanlah kesalahan alam. Bukankah alam yang tak bersahabat pada manusia, justru manusia lah sebenarnya yang tak bersahabat karena tiada rasa kemanusiaan.

 Lihatlah para pejabat-pejabat pelaksana negara yang sudah lupa dengan sumpahnya. Lihat saja negara Indonesia saat ini diliputi mendung yang gelap gulita. Sampai-sampai berlian maknawi negara ini tidak tampak. Berlian maknawi yang tersimpan dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya berlian maknawi Sumpah Pemuda, berlian di dalam dasar Pancasila, berlian teks proklamasi, semuanya tidak tampak. Amanat pembukaan UUD mewajibkan bangsa Indonesia dari pejabat pemerintah tertinggi, Presiden sampai rakyat adalah Menghilangkan sifat. Baca Alenia ke-1: bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, hak asasi, termasuk bangsa Indonesia. Oleh karena itu Penjajahan harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan hak segala bangsa dan tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Yang harus dihapus dari dunia ini bukan manusia tapi Pi penjajahan dan dan mereka penjajahan itu adalah sifat rakus.

 Timbulnya macam-macam bencana ini karena ulah para manusia-manusia itu tapi yang disalahkan justru alam. Alam dituduh tidak. Padahal kalau alam memang tidak bersahabat maka sudah ludes kehidupan manusia terus alam ini. Manusia aja sebenarnya yang tidak bersahabat. Hutan digunduli lalu terjadi banjir. Gunung Merapi meletus, yang disalahkan. Sampai-sampai zaman ikut disalahkan. Katanya zaman edan. Padahal yang gila bukan zaman tapi manusianya. Koreksi diri sendiri. Bila sifat rakus dibiarkan maka dampak negatif akan Lumpuhkan bagian aspek kehidupan. Ilmunya tidak akan sampai kepada kearifan, hukum tidak sampai keadilan, ekonomi tidak merata, menggunakan pada ada beberapa orang saja. Persatuannya rapuh tidak sampai pada kekokohan, pemimpin tidak sampai pada keteladanan. Ke-bhinneka-an Indonesia tidak sampai kepada keharmonisan.

 Seperti kehebatan sumpah sebelumnya, jika dilaksanakan sungguh-sungguh maka sumpah jabatan ini juga akan munculnya Ratu Adil. Jadi Ratu Adil itu bukan figur atau orang tapi sumpah yang dijalankan dengan sebenar-benarnya. Semoga Indonesia selamat. Generasi-generasinya memiliki cinta sejati, tidak hanya di lesan saja. Keragaman Agama dapat terus terjalin harmonis, dapat bekerja sama untuk menunjukkan bangsa. Semua agama berdasar kitab sucinya mengajarkan kebaikan namun begitu harus disadari bahwa seluruh kitab suci dan pula undang-undang dasar negara tidak memiliki tangan dan kaki. Artinya manusia sendirilah yang dapat menggerakkan dan dan menjalankan. Kalau sifat Rakus atau penjajahan hingga Saya yakin seyakin-yakinnya Indonesia akan menjadi Jaya dan menjadi di kiblatnya pendamaian seluruh dunia. SEMOGA INDONESIA JAYA DAN LESTARI.


 RIDHO

 TEMA IDE:

Sudah lama saya tidak mendapatakn tema setiap hari ide saya merasa bingung setiap tidak mempunyai ide bagaiman setiap 1 bulan sekali mengadakan tema ide jadi setiap anak membuat ide tentang tema yang di angkat untuk tema mungkin bisa di usulkan setiap upacara.

 TANAH BENGKOK UNTUK PEMBIBITAN:

Saya pernah mendengar setiap mempunyai tanah bengkok dan banyak sekali tanah bengkok yang tidak terurus. Setiap desa pasti ada karang taruna dong kadang kita memberi uang untuk kas karang taruna tapi kan kalau orang orang yang kurang mampu pasti sulit mengasih kan uang mereka. Na bagaimana kalau setap tanah bengkok di desa di gunakan untuk menanam bibit buat para karang taruna, setelah tanaman bisa di panen bisa di masukan ke kas karang taruna tuuu. Jadi tidak perlu meminta dari rumah ke rumah.


 DIAZ

 KESEIMBANGAN PENDIDIKAN:

Bnyak sekali kali ini berita-berita yang mengisukan bahawa pendidikan(umum) adalah bagian dari fitnah dajal , dan yg lebih memilih pendidikan umum mengisukan bahwa ke hancuran karna radikal yg dibawakan oleh para agamis. Sangat miris sekali kita saling menyerang se sama saudara , padahal pendidikan umum dan agama itu saling berkontribusi saling berhubungan saling menguatkan .

 Islam itu mengajarkn tawazun. Seimbang dunia dan akhirat. Tidak ada dunia jika diniatkan untuk akhirat. Lihat sumur usman bi affan. Sampai sekrg wakafnya terus bermnfaat bgi dunia islam. Kalau dia ibadh sj. Ga bisnis mungkin ga bisa bli sumur Ruma punya yahudi. Begitu pun ilmu ilmu dunia jika tidak dindasari atas dasar2 keislaman maka itu bisa menyesatkan contoh pada pelajaran teori Darwis yang katanya manusia terbentuk dari kera.

 SAMPAH ANORGANIK:

Sampah anorganik adalah salah satu jenis limbah yang berasal dari bahan-bahan anorganik dimana proses dan pembuatannya menggunakan suatu teknologi. Sebagai limbah anorganik, tentunya limbah tersebut tidak bisa diuraikan secara alami dalam tanah, kalaupun dapat terurai butuh waktu yang sangat lama. Ketika sampah-samlah tersebut di dalam tanah maka tidak mampu menyatu ke dalam tanah dalam waktu bertahun-tahun. Meski menjadi sumber kerusakan terhadap lingkungan, sampah-sampah anorganik ini bisa menjadi sesuatu yang berharga bila mengetahui manajemen pengolahannya dengan tepat. Pengolahan yang tepat terhadapnya maka akan membuat lingkungan di sekitarnya menjadi berkurang akan ancaman kerusakannya. Banyak manfaat yang bisa diambil dari pengolahan sampah anorganik ini. Manfaat yang bisa diambil dari sampah anorganik adalah contoh: mengolah bungkus Snack atau bungkus minuman yang diseduh menjadi kerajinan tangan yang mendapat nilai kerajinan yang menarik dan harga jual yang tinggi. Kesimpulan yang kita ambil dari limbah sampah anorganik yaitu menjadikan limbah tersebut yang tadinya tidak berguna menjadi barang yang berguna atau kerajinan yang sangat memiliki nilai yang sangat tinggi.


 HAIDAR

 MEMBATASI GADGET:

Gadget adalah alat komunikasi yang memiliki berbagai fungsi.alat ini juga didefinisikan sebagai alat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus,dan salah satu hal yang membedakan gadget dengan yang lainnya adalah unsur "pembaruan".artinya setiap hari gadget selalu muncul dengan teknologi  terbaru yang membuat hidup manusia lebih praktis.walaupun demikian,dibalik sisi positif yang ada di gadget, ternyata juga terdapat dampak² yang negatif yang bisa ditimbulkan oleh gadget contoh nya: terkena radiasi, kecanduan,dan risiko penyalahgunaan. Ideku: membatasi penggunaan,dan menjadwalkan waktu yang tepat untuk bermain gadget.


 AQILA ELYA SARI

MEDIA TANAM DENGAN SAMPAH:

Banyak orang yang tidak bisa memanfaatkan pelastik sebagaimana limbah pelastik ini susah di urai. Jadi banyak orang" yang membung sampah pelastik ini sembarangan. Sampah pelastik ini sanagat bisa merusak lingkungan kita. Sebagaimana samapah oelastik juga menyebabkan udara menjadi kotr Ide saya sebagai generasi bangsa kita harus bisa memanfaatkan limbah pelastik ini seperti bekas minyak bisa dibuat untuk media tanam.

NASI BASI JADI MOL:

Banyak ibu" yang setelah nasak melihat nasi nya basi dan dibuang ada juga untuk di pakankan kepada ayam. Tapi ada juga yang ngerti tentang mengolah nasi basi menjadi MOL.

Manfaat MOL bagi tumbuhan

1. Menyegarkan tumbuhan.

2. Mengusir serangga" maupun jamur" yang akan tumbuh du tanaman kita.dll

Ide saya. Jika orang tua sudah tau cara mengolah MOL mengapa tidak dilakukan, jika tidak tau juga dapat melihat di YOUTUBE di situ banyak tutorial membuat pupuk MOL. Jadi daripada nasi itu kita buang lebuh baik kita memanfaatkan kembali menjadi pupuk kompos MOL.

 MINUMAN LELUHUR DI MASA PANDEMI

Di masa pandemi ini memang tubuhkita harus bener" vit, karna jika tubuh kita tidak vit virus sangan mudah menyerang tubuh kita. Kita memang harus menjaga daya imun tubuh kita supaya kita tidak mudah terserahng penyakit atu virus" lainya. Di tahun ini 2020 di goncangkan oleh sebuah virus yang sangat membahayakan yaitu COVID-19, jadi semua warga indonesia di haruskan tidak keluar rumah jika tidak terlalu mendesak karena sudah puluhan ribu menjadi korban virus corona ini. Dengan kita diam dirumah itu saja tidak cukup untuk melawan virus CORONA ini.

 Banyak cara untk mencegah virus corona ini. Contoh:

- Mencuci tangan setelah melakukan hal apapun.

Karena kita tidak pernah tau dimana virus itu berada

- Memakai masker ketika keluar rumah

Hal ini di sebabkan karena virus itu sangat mudah masuk ke tubuh kita melalui mulut atu hidung.

- Jaga jarak/ menghindari kerumunan

Hal ini juga agar kita tidak terserang virus, karena kita tidak akan tau orang yang kita temuin ini dari mana saja.

- Menjaga imun tubuh

Laa ini yang paling penting temen" kita di masa pandemi ini harus banyak" meminum minuman jaman dulu seperti racikan"dari leluhur kita,supaya imuntubuh kita tetap kuat, contohnya vermentasi bawang putih dengan madu, cuka nanas, dan banyak lainya

 Ide saya sebagai generasi Indonesia ini kita bisa mengajak orang tua kita untuk membuat minuman" leluhur kita untuk menjaga daya imun tubuh supaya kita juga membantu dokter" di sana agar tidak banyak pasien yang dilayaninya. Harapan saya semoga warga indonesia bisa tertib akan peraturan Covid-19 ini agar negara kita bisa seperti dulu melakukan aktivitas sperti biasanya.

 BUMBU DAPUR UNTUK IMUN

 Banyak yang belum tahu kalo bumbu" dapur tidak di buat masak saja selebihnya juga bisa dibuat ramuan untuk kesehatan. Slah satunya bawang putih, Bawang putih ini memiliki manfaat yang cukup banyak buat tubuhkita contohnya: menurunkn kolesterol, mengatasi dan mencegah pilek, menjaga kesehatan jantung, baik untuk kesehatan saluran cerna, memcegah kangker,dll. Adapun cara mengkonsumsinya bagaimana? Konsumsi dengan makanan segar, bisa dibuat fermentasi bawang putih. Ide saya Jika kita tau ramuan"nenek moyang kita untuk menjaga kesehatan mengapa kita harus belu obat di rumah sakit?!, menurut saya lebih baik kita mengkonsumsinya sendiri agat kita juga tau keamaananyaa.


 HUSEIN GALANG

 HEMAT LISTRIK:

Mengapa tarif listrik mahal? Tarif listrik menjadi mahal adalah sebab dari kita sendiri.   Prilaku boros listrik. Kita sering teledor dengan hal hal sepele misal lupa mematikan lampu di siang hari, menghidupkan tv tapi tidak di tonton. Oleh karena itu kita harus menghemat listrik apalagi di masa pandemi ini. Kita harus menghemat listrik agar tarif listrik tidak mahal. Kita bisa mencari di google cara menghemat listrik contoh, matikan listrik di siang hari, terus sekarang kan ada lampu LED yang tidak menggunakan banyak listrik.

 RUSAKNYA LINGKUNGAN:

Indonesia memiliki masalah yang sangat serius terkait rusaknya lingkungan yang berkelanjutan. Dahulu kala Indonesia memiliki banyak sekali hutan yang masih sangat asri. Namun lambat laun hutan itu kian habis lantaran adanya revolusi industri. Perusahaan besar dengan tidak selektif membabat banyak sekali hutan. Terakhir membakarnya hingga menjadikan kabut asap yang bertahan hingga berbulan-bulan. Ide saya adalah: Harusnya pemerintah itu lebih memperhatikan hutan hutan di Indonesia jika di biarkan begitu saja Indonesia akan mangalami masalah yang besar nantinya.


 MANTRA

 BAHAYA SAMPAH PLASTIK:

Sampah plastik sudah mencemari semua negara di bumi . Super market dan toko sebaiknya tidak menggunakan kantong plastik sebaiknya menggunakan kantong kertas atau kardus. Plastik sangat lama membusuknya dan itu bisa merusak ekosistem di bumi . Botol plastik bisa digunakan untuk mainan kapal botol. Dan jika sampah plastik di bakar asapnya berbahaya bagi manusia dan kantong plastik bisa di gunakan untuk menaru mainan dan makanan. Jika orang menghirub asap sampah plastik yang sedang di bakar utu bisa membuat orang sakit.


 ALFA

 KUOTA GRATIS:

Masa pandemi telah berlangsung beberapa bulan.selama itu pula cara belajar di manapun mengunakan sistem daring bahkan beberapa hari terakhir kasus korban covid terus bertambah sehingga kegiatan belajar di sekolah menjadi semakin tertunda.maka kebutuhan akan pulsa internet menjadi semakin lama.ide ku KBQT memfasilitasi peserta didiknya untuk mendapatkan kuota gratis


 ARSYALA

 BANTUAN EKONOMI PRODUKTIF:

Selama pandemi covid ini pemerintah sudah banyak mengeluarkan bantuan kepada masyarakat miskin. Namun bantuan yg berupa uang langsung itu tdk efektif  krn tdk digunakan sebagaimana mestinya. Dan ada juga masyarakat yg malas bekerja krn menggantungkan pada bantuan pemerintah. Ide saya adalah Pemerintah seharusnya memberikan bantuan ekonomi produktif (memperbaiki alat) yg digunakan masyarakat utk bekerja.Agar mereka tetap bekerja dan bukan hanya bergantung pd bantuan pemerintah.

 BAN BEKAS:

Hampir 95%  warga di desaku pengguna kendaraan sepeda motor, mobil juga sepeda ontel yg lg trend saat ini. Dan pastinya ban itu perlu diganti karena bocor,rusak. saya lihat banyak sekali tumpukan ban bekas di bengkel2 yg tdk terurus mlh jd sarang nyamuk.  Ide saya adalah Ban bekas itu di jadikan sesuatu yg bisa bermanfaat lg. Misalkan djadikan pot bunga, dijadikan kursi dll. Selain bermanfaat jg bisa di jual yg menghasilkan uang.


 ABEL

 PIKET DI RUMAH:

Bagaimana kalau kita piket biar besih semisal piket di rumah kayak cuci piring, nyapu ngepel, bersihkan halaman teras depan rumah dan lain lain supaya biar bersih dan biar nggak ada debu.

 MEMBERSIHKAN MEJA MAKAN

Jadi ideku kalau habis makan di bersihkan supaya tidak berantakan dan banyak. Di meja makan kalau habis sama minum, makan di taruh ketempat piring. Jadi bersih meja makannya.


 DHANIAL

 PECAHAN GELAS:

Banyak sekali pecahan gelas, botol ataupun kramik di dunia ini. Hal tersebut sering melukai orang-orang khususnya dibagian kaki. Pecahan kaca ataupun kramik ini sebenarnyakan juga bisa dibuat untuk sesuatu yang bermanfaat. Contoh, pecahan kramik yang bisa digunakan untuk mengkramik lantai ataupun tangga dengan susunan tidak padat. Contoh, untuk kaca kususnya gelas ataupun mangkok yang bisa dibuat sebagai pot tanaman ataupun pot buat hiasan aquarium. Saya memiliki ide untuk memanfaatkan barang bekas diatas sebagai pot penghias aquarium agar barang diatas lebih bermanfaat dan mengurangi pencemaran bumi ini.


 NABIL

 ALBUM QUARANTINE:

Kebosanan pasti datang melanda diri kita kapan saja, dimana saja. Namanya juga manusia, pasti bingung hendak melakukan apa dikala bosannya melanda. Selama _quarantine_ dari zaman awal corona, psbb, new normal, dan sekarang katanya ada psbb part 2.0, bisa jadi ada new normal part 2.0 juga. Mungkin kita bisa membuat sebuah galeri album karya masing masing selama quarantine berlangsung. Entah karya kalian gambar, puisi, cerpen dkk, bila dikumpulkan bisa jd kek katalog karya kemarin. Itung itung biar bisa unjuk gigi dan ada challenge di masa sulit ini.

 

Post a Comment

Instagram KBQT

Copyright © KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH. Made with by OddThemes