Ide November 2020: Emang Enak Sekolah Online?

 Kompilasi ide anak-anak KBQT bulan November 2020.


 AQILA ELYA

 Mengisi Waktu Luang:

Banyak warga +62 jika tidak ada yang di lakukan pasti bermain hp. Disitu juga banyak yang tidak memanfaatkan waktu luang dengan baik, waktu itu kan sangat pentng bagi kehidupan jadii kita harus bisa memanfaatkan waktu sebaik baiknya.  Banyak hal yang bisa dilakukan contohnya membikin kerajinan dan banyak lainya. Kita juga bisa mencari di youtube atau google biar kita bisa mengisi waktu luanv kita secara baik. Lebih baiknya jika kita membuat PLANNING harian biar kita lebih tertib untuk memanfaatkan waktu luang kitaa.

 Karya Bulanan:

Bagaimana kalo setiap bulan anak anak di haruskan membuat karyanya sesuai bakat masing". Dngn cara ini anak anak bisa mempunyai karyanya sendiri. Karya trsbut yang menarik nnti juga bisa di praktikan olehh anak anak yang lain.

 Manfaatkan Daun Kering:

Banyak orng yang tidak tau apa gunanya daun daun kring di skitar kita. Dri 100% hanya sekitar 10% orng yang mengerti cara memanfaatkan daun daun kering, selebihnya tidak tau. Bagi orng orng yang tidak tau memanfaatkan daun kering biasanya daun daun itu di bakar atau di kubur di dalam tanah. Sedangkan daun daun kering bisa di manfaatkan untuk melukis. Banyak karya karya lukis yang dari daun kering, yang lbih banyaknya daun kering di lukis untuk hiasan tas. Ide saya bagaimana kalo kita memperaktikan hak tersebut?

 Memanfaatkan tulang ayam:

Banyak yang tidak tau apa gunanya tulang ayam. Hampir semua masyarakat setelah makan ayam tulngnya pasti di buang padahan tulang itu bisa di buat kerajinan,  contoh di susun untuk mnjadi hewan dan lain". Dripada di buabg kan kita bisa membuat kerajinan jika hasilnya bagus kan bisa juga di jual.

 FAHIMA

 Diskusi Ide:

Dulu waktu sekolah masih offline, kegiatan hari kamis kan tetep ide akan tetapi urutannya tuh Nulis à Di koreksi PJ (hasil tulisannya) à Diskusi à Pilih beberapa yang memungkinkan untuk direalisasi. Semenjak adanya pandemi dan sekolah online, urutan ide tuh berbeda sekali ya teman, cuman Nulis à Share Grup à Udah walaupun kadang juga ada pembahasan untuk ide yang terpilih, tapi nggak semua dibahas/diskusi'in gitu lo teman. Ide saya bagaimana jika siklus ide online ini tetep seperti dulu lagi (pas sekolah offline) tetapi modelannya, kita nulis ide à japri PJ ide supaya di koreksi à kalau sudah benar EYD nya baru bisa di share di Grup KBQT. Nah setelah share grup, baru dibahas di Grup Kelas masing-masing dan nantinya di pilih satu ide yang memungkinkan untuk bisa terealisasi. Untuk diskusinya sendiri bisa dibahas sekalian pas upacara, jadi ntar modele perkelas mempresentasikan ide yang dipilih. Supaya ini sih, anak-anak bisa njelasin detail idenya ki pie to, gitu.

 Pedagang:

Beberapa minggu lalu saya berpapasan dengan 2 bapak-bapak dan 1 ibu-ibu yang ketiganya itu tunanetra. Akan tetapi mereka ini berjualan keliling dari satu desa ke desa yang lain dan dengan berjalan kaki.  Ide saya bagaimana jika pemerintah menampung para penyandang dissabilitas, dan di beru pekerjakan dengan layak yang tidak perlu keluar-keluar ruangan.

 Tiktok:

Saya rasa disini tidak hanya saya pengguna aplikasi tiktok. Beberapa dari kalian mungkin merasa resah karena video yang kalian buat secara niat tidak masuk beranda. Sedangkan beberapa orang yang hanya bikin video ngga jelas justru masuk beranda dan bahkan video tersebut tidak ada pelajaran yang bisa diambil. Terkadang pun banyak video yang tidak layak tiba-tiba masuk beranda. Ide saya bagaimana jika pihak tiktok itu memblokir video-video yang tidak layak untuk di tonton(secara otomatis) kan penggunannya juga dari berbagai kalangan. Kadang juga tiba-tiba video edukasi malah di blokir tapi yang layak untuk di blokir malah tidak di blokir.

 GALANG

 Hemat di saat Pandemi:

Pandemi sudah memasuki bulan ke 9 dan makin banyak orang" yang penghasilannya semakin menurun. Di masa pandemi ini banyak orang" yg di PHK dari pekerjaan nya dan kebutuhan sehari" pun tidak tercukupi. Tetangga saya saja yang bekerja dibali sudah pulang karena masa pandemi ini. Oleh karena itu kita harus berhemat jangan membuang uang untuk hal yang tidak penting seperti terlalu boros memakai kuota.

 Kelas Online:

Di setiap kumpul kelas GENIR banyak anak" yg tidak mengikuti kumpul kelas dan alasanya samaa saja setiap tidak mengikuti kumpul kelas alasannya selalu sama seperti bangunnya kesiangan lah, padahal kumpul kelasnya siang kadang juga sore, padahal kan di QT tidak se ketat seperti sekola formal yang selalu di kasih tugas. Ide saya adalah gimana kalau pendaping" kelas memberitau orangtuanya setiap jadwal" di kelas agar mereka bisa di ingatkan orang tuanya.

 Memanfaatkan kain perca:

Disetiap rumah rumah pasti ada kain yang tidak terpakai atau kain perca nah kebanyakan kain perca itu di buat untuk lap meja gitu, sebenarnya banyak yang bisa kita buat dari kain perca ituu seperti kita bisa membuat kain perca itu untuk tas, taplak meja, masker apalagi dimasa pandemi kek gini kita harus brhemat daripada uang kita di buat untuk membeli maaker kita bisa membuat masker sendiri dengan begitupun kita lebih hemat.

 ABIMANYU

 Usaha Roti dan Kue:

Mungkin Anda akan bertanya, “mengapa roti dan kue termasuk ide bisnis kreatif?” Alasannya, meskipun sudah banyak bakery yang memiliki nama, ada banyak kreasi baru yang dapat Anda ciptakan. Kuncinya adalah kreatifitas. Babe Bakery, misalnya. Usaha bakery asal Jakarta ini menawarkan beragam pilihan roti tanpa pengawet — ide yang masih jarang ditemui.

 Jual Barang Antik:

Tak sedikit orang dari kalangan lanjut usia yang rindu akan produk-produk atau teknologi zaman lawas karena ingin bernostalgia. Ada juga kawula muda yang memiliki selera antik. Bahkan, Anda juga bisa menemukan banyak komunitas barang tempo dulu. Oleh karena itu, bisnis jual beli barang antik saat ini masih  Pertama, Anda perlu dekat dengan orang atau komunitas kolektor barang dengan nuansa kuno. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jenis barang apa saja yang biasanya laku. Beberapa contoh benda antik yang sering dicari adalah otomotif, perabot, dan kamera analog. Namun, tidak jarang juga kolektor yang mengincar barang-barang elektronik dari masa lampau untuk dekorasi semata seperti televisi, radio, dan telepon.

 Kerupuk gendar /karak:

Kerupuk gendar / karak pembuatanya sangat mudah bahan yang d butuhkan juga mudah didapat. Pada umumnya krupuk karak/gendar dibuat dari nasi tp biasanya nasi yg digunakan nasi sisa (sego wadang. Nasi di kasih garam, penyedap , tepung tapioka secukupy dan tidak lupa dikasing bleng (tapi kl di4 saya dikasih bleng kali ulo yaitu mata air, yg airnya bisa dibuat karak mjd kenyal.Setelah itu dicampur jadi satu terus dikukus, setelah matang dituang dlm wadah biarkan dingin.Setelah dingin gendar bisa diiris titis2 lalu dijemur sampai kering setelah itu baru digoreng.Krupuk gendar  memanfaatkan nasi sisa jd bisa jadi tidak di buang dia.

  ALFA

 Mengisi Waktu:

Selama masa pandemi ini, aku lebih banyak menggunakan waktu ku dirumah, kalau toh bepergian belum tentu sebulan sekali. Selama dirumah, kumanfaatkan waktu ku untuk membantu adekku mengerjakan PR atau membantu belajar membaca.

 SOFIA

 Sekolah Online:

Sekolah di rumah semasa pandemi? Ada yang bilang lebih mudah, karena tidak berhadapan langsung dengan guru dan sebagainya (tentu ini pandangan manusia-manusia introver :v). Ada yang tertekan, karena tidak bisa bertemu dengan teman dan kenalan, tidak bisa mendiskusikan tugas secara langsung dan sebagainya (sebagian sisi pandangan manusia-manusia extrover). Namun lebih banyak siswa tertekan karena belajar di rumah ini. Kenapa? Karena mengajari diri sendiri bisa dua kali lipat lebih susah daripada diajari. Ini mungkin bukan bagi semua orang, tapi sebagian banyak orang beranggapan begitu.

 Dan buat saya sendiri yang pernah menjalani homeschooling, memang awalnya rasanya agak sulit. Tapi karena saya memang pada dasarnya suka belajar dan mengerjakan segala hal sendiri, jadinya hal ini tidak begitu berat. Namun lebih banyak orang yang terbiasa diajari oleh guru merasa keberatan dengan metode 'mengajar diri sendiri ini'. Dan saya nggak bisa menyalahkan juga. Karena siapa sih yang mudah beradaptasi dengan cepat?

 Keberatan para siswa ini ditandai pula dengan banyaknya tugas rumah dan lainnya. Belakangan ini muncul di berita anak yang bunuh diri karena tugas sekolah online. Ada anak yang kesehatan matanya memburuk karena kelas online terlalu lama. Sudah terlihat jelas kan betapa susahnya bagi banyak siswa? Dan bukan hanya para siswa, guru pun mungkin tertekan karena banyak pekerjaan. Sementara para guru dan pembimbing pun juga memiliki kehidupannya sendiri, punya anak-anak untuk diurus, keluarga untuk diurus selama pandemi.

 Jadi bisa dibilang banyak orang stres karena pandemi. Jadi apa jalan keluar dari hal ini? Menurut saya ada banyak hal yang bisa dipelajari saat pandemi daripada mengerjakan tugas sekolah seperti biasa. Seperti contohnya, mengenali diri sendiri seperti ide Kayla beberapa waktu lalu. Atau mengenali lingkungan sekitar, mengenali lebih banyak sudut pandang, atau sekedar lebih mengenal keluarga. Ada pula lebih banyak hal untuk dieksplorasi, menemukan hobi baru, dan sebagainya. Saya kira banyak life skill penting yang bisa dipelajari di saat seperti ini. Lalu saat keadaan sudah kembali normal, para siswa dapat kembali ke pelajaran formal seperti biasanya. Itu ide saya.

 Soal masalah produktivitas para siswa, saya kira itu tergantung setiap siswa sendiri dan bantuan orangtua. Kalau saat senggang malah digunakan untuk bermalas-malasan, tentu akan hanya membuang waktu. Kalau siswa merasa bertanggung jawab dan produktif, masa pandemi akan sangat berguna untuk mengasah bakat-bakatnya. Maka saya tekankan sekali lagi, bimbingan orang tua/orang dewasa sangat berperan penting dalam proses pembelajaran selama pandemi. Pembelajaran secara daring bisa lebih efisien bagi sebagian besar orang yang menikmati, namun banyak pula yang keberatan. Karena itu saya mengusulkan hal ini.

 Singkirkan kemasan Styrofoam:

Sekarang ini di warung-warung makan masih banyak yg menggunakan kemasan Styrofoam. Padahal kemasan Styrofoam itu sendiri nggak baik buat digunakan sebagai wadah makanan terutama makanan yg masih panas/hangat. Menurut sumber yg saya baca dari halodoc.com, kemasan Styrofoam mengandung zat bernama Stirena. Semakin panas makanan yg ada dalam styrofoam, semakin mudah bagi zat stirena untuk berpindah ke makanan. Zat Stirena ini bisa menimbulkan kerusakan pada sum-sum tulang belakang, masalah pada kelenjar tiroid, sampai anemia. Makanya, ganti styrofoam dengan kemasan lain. Atau lebih baik lagi bawa wadah makanan sendiri ketika jajan.

 Previlege untuk penelitian ke bulan:

Kan saya dengar sudah ada tuh, wisata ke bulan yg harganya luar biasa mahal sekali. Daripada jalan2, bagaimana kalau NASA atau lembaga astronomi setiap tahun membiayai 2-3 mahasiswa/murid dewasa yg unggul dlm hal astrobiologi/bercita-cita jadi astronot untuk berkesempatan melakukan penelitian langsung ke bulan.

 Pakai ipusnas untuk baca buku:

Kalau beli buku baru kan butuh biaya, belum lagi masa corona gini susah keluar2 buat cari buku. Usul saya baca pakai ipusnas saja. Gratis dan banyak pilihan. Buat yg suka baca buku enak banget karena bisa diakses kapan saja.

 MADA

 Kesan Saat tatap Muka:

Kurang lebih 2 bulan lagi siswa-siswi KBQT akan kembali ofline/tatap muka. Mungkin ada yang nggak betah berlama-lamaan dengan pembelajaran daring, mungkin juga ada yang kesusahan dengan pembelajaran secara daring yang membuat kurangnya pengetahuan yang didapat, walaupun kadang saya sendiri hampir setiap hari datang ke KBQT hanya untuk belajar daring, ya saya juga merasakan hal yang sama, walaupun kadang saya sendiri hampir setiap hari datang ke KBQT hanya untuk belajar daring. Tapi saya belum menemukan apa-apa yang menarik untuk ditunjukkan ketika pembelajaran tatap muka nanti. Jadi ideku baik itu siswa baru/lama, atau bahkan mungkin pendamping saya punya usul untuk masing-masing membuat sesuatu ketika pembelajaran tatap muka nanti, entah itu karya puisi, lagu, lukisan, foto, dll.

 Forum:

Kemarin pas upacara saya dapat evaluasi dari pendamping supaya forum yang nggak aktif dapat aktif kembali. Ini bukanlah masalah umum tapi masalah personal masing-masing karena walaupun hanya sebatas anggota dalam forum tapi itu merupakan tanggung jawab setiap personal agar forum dapat aktif kembali. Jadi ideku jika secara online tidak bisa mengaktifkan forum, bagaimana jika kita kumpul dengan cara langsung saja, itu akan lebih efektif untuk menghidupkan forum yang tidak aktif sekaligus menjadi obat rindu akan anak-anak KBQT yang ingin sekali kembali belajar seperti biasa. Makasih semoga bermanfaat untuk kita semua.

 Program Semester KBQT:

Semasa pembelajaran daring beberapa program semester KBQT yang nggak jalan. Misalnya gelar karya yang dipanitiai oleh kelas bonusres, live in, bukber, halal bihalal dll.  Jadi ideku yaitu kita ambil satu hari dimana anak-anak KBQT longgar untuk kembali menata ulang jadwal semester KBQT. Misal kalo sekolah sudah dibuka kembali, kemarin kan nggak jadi bukber terus yang jadi panitia kelas rainbow, nah berhubung kelas Hikari akan segera lulus, nanti bisa dibantu oleh kelas Hikari.

  ABEL

 Cegah Demam Berdarah:

Jadi ideku kan sekarang musim hujan nah bagaimana supaya nggak ada jentik jentik nyamuk contoh jentik jentik yang ada di bak kamar mandi. Jadi ideku bagaimana bak kamar mandi di kuras seminggu atau 2 minggu sekali

 NANDA

Manfaat Skipping:

Jadi beberapa orang tidak banyak tau manfaat skipping, jadi manfaat skipping adalah:

- menurunkan berat badan

- meningkatkan koordinasi tubuh

- mengurangi cedera kaki

- memperbaiki postur

- meningkatkan pepadatan tulang

- membantu memulihkan cedera

- meningkatkan kinerja otak

- menjadi latihan otot

- meningkatkan kesehatan jantung

Jadi itu adalah manfaat skipping.

 RAKA

 Pelestarian Ikan di Sungai Kecil:

Sungai kecil di desaku sudah agak jarang ada ikan, itu karena orang-orang membuang sampah wadah pestisida ke sungai. Jadi ikan dan udang pun gak sebanyak dulu. Ideku melestarikan ikan di sungai kecil dengan cara menebar bibit ikan dan melarang agar tidak mmbuang sampah di sungai.

 ARSYALA

 Genangan Air:

Sekarang kan musim hujan jadi kemungkinan banyak genangan air. Dari banyaknya genangan air pasti banyak juga jentik dan bisa jadi nyamuk demam berdarah. Ide saya adalah membuang air yang menggenang dan menghilangkan jentik nyamuk.

 Daur Ulang:

Ideku hari ini yuk jadikan bahan2 disekitar yang dipandang  sampah dan tidak berharga bisa jadi barang yg berharga dan bisa jadi ladang pekerjaan bagi orang lain. Contohnya batok kelapa bisa dijadikan teko, mangkok dan juga asbak.. dll.

 ALFAY

 Lahan Parkir:

Mayoritas penduduk Indonesia kini ketika bepergian bukan lagi berjalan kaki atau naik kendaraan umum, melainkan menggunakan kendaraan pribadi. Dari yang berangkat kerja, sekolah, sekedar jalan-jalan, sampai mudik antar provinsi dan pulau pun juga menggunakan kendaraan pribadi. Sudah terlalu telat untuk mengkampanyekan jalan kaki dan naik transportasi umum, kecuali untuk kota-kota yang mengalami masalah kemacetan berlebih. Dengan kebiasaan baru ini, sayangnya, penggunaan kendaraan pribadi yang terus semakin meningkat tidak dibarengi dengan fasilitas parkir yang mencukupi. Sehingga bukan hal yang aneh jika ada banyak orang yang parkir sembarangan di pinggir jalan, bahkan di daerah perkotaan sekalipun, yang mana itu sangat mengganggu. Bukan hanya mengganggu lalu lintas, tapi juga mengganggu pemandangan.

 Salah satu solusi untuk masalah-masalah itu ialah penambahan lahan parkir. Dalam hal ini bukan hanya terbatas pada lahan luas biasa yang diaspal, tapi bisa juga dengan gedung parkir yang minimalis, mengikuti tata wilayah sekitar. Untuk awalan, bisa melihat dari jumlah pelanggaran parkir yang ada di wilayah. Jika jumlah pelanggaran termasuk tinggi, bukannya itu artinya harus ada yang diperbaiki? Lahan parkir seharusnya termasuk salah satu prioritas dalam perencanaan wilayah kota, karena itu kebutuhan fasilitas yang sangat mendasar bagi pengguna kendaraan pribadi.

 Scavenger (Ide Bisnis):

Di jalan kalau lihat ada pemulung, pasti ambil sampahnya yang masih bagus, yang kira-kira masih mudah didaur ulang. Sedangkan sampah-sampah yang ada dan mengganggu itu justru kebanyakan sudah hancur, sudah sulit untuk didaur ulang, seperti plastik bungkus, puntung rokok, styrofoam. Pemulung pun nggak ada alasan buat bersihin sampah-sampah seperti itu. Langsung ke ide. Bagaimana kalau bikin perusahaan, di mana pemulung digaji untuk memungut seluruh sampah-sampah, termasuk yang sulit didaur ulang tadi. Nantinya sampah-sampah yang masih bisa dimanfaatkan akan dipilah dan sisanya akan dimusnahkan (dibakar dsb). Karena di sini masih ada kekurangan, yaitu soal pekerjaan pemulung yang cukup berat dan gajinya juga harus mencukupi. Penghasilan utama perusahaan bukan dari recycling sampah melainkan dari sponsor. Nantinya pemulung-pemulung ini memakai seragam dengan logo brand sponsor, alias iklan (kayak jersey klub sepak bola).

 Transportasi Umum Supported by Google:

Pernah ke kota yang nggak ada ojolnya, terus terpaksa cari transportasi umum? Pernah searching soal trayek transportasi umum, tapi cuman dapat jalur "nama daerah - nama daerah - nama daerah"? Itu yang hari ini Saya rasakan. Habis perjalanan naik bus, sampe terminal menjelang malam, nggak ada yang jemput, nggak ada ojek, rumah jauh, alhasil tidur masjid. Sempurna. Searching soal angkutan umum daerah sini nggak ketemu-ketemu, hasilnya kayak tadi. Terpaksa besok harus tanya-tanya, walaupun malas. Ide Saya, bagaimana jika dinas perhubungan bekerja sama dengan Google, terutama soal gambar jalur angkutan umum agar lebih jelas. Kadang di beberapa kota memang ada gambar jalurnya, tapi gimanapun masih lebih bagus Google. Juga angkutan umum bakal bisa diminati.

 KHARINA

 Gelombang Tinggi:

Akhir akhir ini sering terjadi hujan yang lebat disertai angin yang besar.  Apalagi di daerah" pantai. Tadi juga sempet lihat video sore ini di Gunungkidul terjadi angin besar yang hampir merobohkan rumah rumah warga. Angin yang besar ini dapat mempengaruhi tingginya gelombang atau ombak laut. semakin besar angin maka semakin besar gelombang pasangnya. Jadi untuk sementara ini lebih baiknya kita jangan dulu main main ke pantai selagi musim angin besar seperti ini.

 Peduli Lingkungan:

Kemarin habis liat postingan di IG kalau sekarang banyak hewan hewan yang banyak terjerat tali masker yang belum diputus. Burung burung dan ayam banyak terganggu ssat berjalan karena tali masker itu nyangkut di kakinya. Kita sebagai manusia harusnya juga tau dampak apa yang kita lakukan pada lingkungan. Banyak masker masker sekali pakai yang dibuang sembarangan.

Ide: Sebelum membuang masker sebaiknya kita menggunting bagian pengait pada telinga agar terputus. Selain untuk lingkungan banyak orang" yang memanfaatkan lagi masker tersebut dan dijual lagi.

 Pemanfaatan Botol:

Sekarang ini byk botol atau kaleng yang berserakan dimana mana terutama di ruang" terbuka. Apalagi pada musim hujan sprti ini banyak botol,kalenf,wadah" bekas terisi oleh rintikan airhujan dan menjadikan air menggenang didalamnya. Air yang tergenang dan kotor itu adalah salah satu sarang nyamuk terutama nyamuk Aedes aegypti yang menyebabkan dbd. Ide: daripada banyak botol atau wadah wadah yang berserakan dan menjadi sarang nyamuk,leebih baik jika kita memanfaatkan wadah" tersebut menjadi suatu kerajinan yang nantinya memiliki manfaat yg lbih baik.

 ECHA

 Jenuh di Rumah:

Sebagai seorang pelajar saya sangat sedih dengan kondisi saat ini,saya kemarin lulus tanpa ada ujian sekolah,meninggalkan sekolah SD tanpa ada perpisahan,belum sempat pamit sama guru2 yang telah membimbing saya mengajarkan saya banyak hal.bahkan setelah lulus dan masuk sekolah yang baru,saya semakin sedih karna blm bisa bertemu langsung dengan keluarga baru saya di KBQT. Saya hanya ingin sekolah2 dibuka secepatnya saya jenuh dirumah ingin secepatnya bisa belajar tatap muka dng para pendamping dan teman2 semuanya.

 Kejujuran:

 Prolog: jujur dan adil sangat mudah untuk di ucapkan, sangat mudah  untuk didengarkan, sangat manis untuk dirasakan, sangat manis untuk dipandang, dan saat menggembirakan hati untuk diharapkan. Setiap orang berharap jujur dan adil selalu Setia menemani dalam setiap langkah hidupnya. Terlebih lagi dalam masalah pemimpin yang sangat diharapkan, tentu kita semua sepakat bahwa seorang pemimpin yang sangat kita harapkan adalah pemimpin yang jujur dan adil. Sampai-sampai banyak orang yang pemimpin kan dipimpin oleh seorang yang jujur dan adil yang dikenal dengan ungkapan Ratu Adil. Pentingkan jujur dan adil itu ada pada diri seorang pemimpin?

 Idee: setiap orang adalah pemimpin, pemimpin terhadap dirinya sendiri , dan setiap pemimpin akan bertanggung jawab terhadap hasil pimpinannya. Laki-laki adalah pimpinan dalam keluarga, dan bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Wanita adalah pemimpin di rumah suaminya, dan bertanggung jawab atas yang dipimpinnya. Pelayan adalah pengurus harta majikan, dan ia bertanggung jawab atas yang disuruhnya. Tentu kita ingin diri kita ini termasuk pemimpin yang baik INDALLOH, baik di sisi allah. Dan pemimpin yang baik adalah pemimpin yang jujur atau benar. Sebab dari sifat jujur inilah akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang adil. Apakah jujur itu? Jujur adalah benar sesuai dengan kenyataannya. Dan apakah adil itu? Adil adalah meletakkan sesuatu pada tempatnya.

 Longsornya  jati diri bangsa:

Indonesia mempunyai kekayaan melimpah, namun tingkat kemiskinan rakyat nya masih lumayan banyak, masih menjadi negara pengimpor berbagai kebutuhan pokok, penyalur tenaga kerja informasi terbesar, bahkan hutang negara pun masih menumpuk. Indonesia yang memiliki potensi untuk menjadi negara besar, justru masih terpuruk, banyak terganjal oleh berbagai permasalahan dalam negeri, dan masih banyak lagi. Singkatannya hukum masih jauh dari keadilan,ekonomi masih jauh dari pemerataan, kepemimpinan masih jauh dari Pengayoman, ilmu masih jauh dari kearifan, politik masih jauh dari keteraturan bahkan agama masih jauh dari kenyamanan. Coba kita bayangkan seandainya nenek moyang kita dahulu itu hanya sibuk memikirkan dirinya sendiri, sibuk dengan urusannya sendiri, tidak memikirkan nasib rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak berjuang dan berkorban, mana mungkin Indonesia bisa merdeka? Pasti mustahil. Allah tidak akan merubah. Begitu juga saat ini, jika masih tetap sibuk dengan urusan kita sendiri dan tidak lekas-lekas memikirkan nasib bangsa yang sudah jatuh dari cinta-cinta Luhur. Mana mungkin keadaan bisa berubah. Agama-agama besar di Indonesia sudah memberi contoh bahwa dalam hidup ini manusia tidak boleh hanya memikirkan nasib dan kesenangan sendiri. Bagaimana Muhammad Rosolluloh SAW, Bagaimana Isa Almasih,Siddharta Gautama, konghucu semua adalah orang-orang yang selalu berjuang dan berkorban untuk umat, untuk masyarakat banyak.

 Seharusnya kita insyafi ini semua supaya tumbuh rasa sayang kita. Timbul kecintaan kita kepada tanah air kita, kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Supaya kita tidak lagi Leha Leha, santai santai, supaya kita tidak hanya asik memikirkan kesejahteraan dan dan perut kita sendiri. Memikirkan anak dan keluarga kita sendiri. Supaya tubuh rasa malu kita, bangkit jiwa-jiwa kita, kemudian muncul dalam jiwa kita kesadaran apa yang dapat kami berikan pada bangsa dan negara ini. Bukan lagi bertanya apa yang saya dapatkan. Bertanyalah apa yang telah kamu berikan pada bangsa dan negara ini. Jangan bertanya apa yang telah kamu dapatkan. Bila kita tetap diam saja, apatis alamat masa depan bangsa di ambang kehancuran. 100 atau 200 tahun kedepan tak mustahil Indonesia tinggal nama dan cerita. Saatnya Indonesia Bangkit dari tidur nyenyaknya, Apapun yang terjadi pada bangsa ini harus dihadapi bersama. Tidak perlu saling menyalahkan, menyalahkan bangsa kita sendiri, menyalahkan negara kita sendiri ataupun menyalahkan pemerintah. Kalau kita saling menyalahkan, kemudian bertengkar, lalu kita bentrok, kita saling Serang yang sorak-sorak itu adalah orang lain, bangsa lain. Ingat aji-aji 350 tahun penjajahan adalah adu domba. Mari kita kuatkan persaudaraan. Mari bergandeng tangan bangkit berjuang untuk memperbaiki negara ini.

 NABIL

 Workshop Lagi:

Dulu sebelum pandemi datang paling tidaq ada workshop setiap 2 bulan, atau mungkin 1 bulan sekali. Masih ingat saya workshop binding book bersama wan kawan SanDy. Pertanyaan ku, Apakah worth it Workshop Online? Tentu tidaq dan ribet ya kan. Nanti kalau sudah meet and great lagi gass workshop kuy, seperti binding book lagi dengan metode berbeda, atau workshop fotografi.

 Memang, dengan manfaatnya yang beragam, gadget membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi yang lebih efektif, penyebaran informasi yang lebih cepat, sumber ilmu pengetahuan yang bisa diakses gratis, bahkan sampai kemudahan dalam bekerja dan seperti scrolling timeline media sosial, stalking mantan, menyimak drama online.maupun bermain game  Kesimpulan: Kita harus memanfaatkan gadget sebaik mungkin semua hal pasti mempunyai berbisnis. Meski kita membutuhkan gadget untuk hal² bermanfaat, tetapi banyak juga di antara kita yang menghabiskan waktu sangat lama menatap layar smartphone hanya untuk melakukan hal-hal tidak berguna kebaikan jika di pergunakan dengan benar dan akan menjadi sebaliknya jika di gunakan dengan buruk

 FREDY

 Penjaga perbaikan jalan:

Saat ini di Salatiga sedang ada banyak perbaikan jalan, dan otomatis jalan yg sedang diperbaiki tidak bisa dilewati, atau bisa juga menggunakan sistem " buka tutup jalan ". Jadi jalannya gantian, misal yg dari arah timur jalan, berarti yg dari arah barat berhenti dulu.  Di samping itu banyak juga warga yang menerobos palang pembatas, sehingga membuat hambatan dari arah berlawanan yang menyebabkan terjadinya kemacetan. Hal itu dikarenakan si penjaga jalannya orang biasa (bukan siapa²). Jadi banyak orang yg masih tetap berani menerobos jalannya. Ide saya, mungkin kalau yg jaga jalan tersebut seorang polisi, jadi tidak ada orang-orang yg berani menerobos. Mungkin lohh yaa. Sepertinya juga lebih bermanfaat daripada razia masker. Hehee

 Bendungan kletak:

Masih seputar tentang materi saya kemarin yaitu bendungan kletak yg terletak di desa Kebon tengah, dan tidak jauh dari rumah saya. Dari dulu bendungan tersebut tidak ada yg mengelola sama sekali, padahal menurut saya tempat itu memungkinkan sekali jika disulap menjadi tempat wisata. Sebenarnya jika bendungan kletak dijadikan tempat wisata, warga sekitar juga bisa mendapatkan penghasilan dari situ.  Hmmm, mungkin beberapa warga bertanya "bagaimana cara merubahnya menjadi tempat wisata?" Kalau menurut saya, warga bisa mencontoh kecamatan sebelah, yaitu sungai Karanggondang yg terletak di kecamatan Karanganyar. Sungai tersebut dulunya juga tidak ada yg mengelola, tpi sejak sungai itu disulap oleh warga sekitar menjadi tempat wisata, sekarang jadi ramai dan sepertinya warga sekitar juga mendapatkan untung yg cukup.

 RIDHO

 Bubble boy:

Jadi ada film yang menceritakan tentang anak yang di dalem balon selama hidup nya tapi karna dia juga mempunyai rasa cinta kepada lawan jenis, tapi karna si cewek mau nikah dengan lelaki lain akhirnya bocah bubble tadi memutuskan untuk membuat sebuah baju yang sepertinya cocok gitu buat masa corona ini biar pada bisa masuk sekolah wkwk, tapi di karenakan pasti sumuk bett jadi di kasih sedikit lubang udara gituu like a costume gitu.

 Taneman hias:

Terakhir aing lihat qt tu kurang banget taneman apa lagi di teras rc tu menurutku kurang banget taneman gimana kalau setiap anak anak qt tu ngerawat taneman kek bunga yaa yang bisa di pajang lah kira kira naa nanti kalau sudah mulai sekolah offline kita bawak taneman kita di bawak ke qt jadi kita bisa rawat di sana masing masing apa lagi kita punya rak sepatu yang jarang kita gunakan jadi kita bisa manfaatin itu biar di buat tempat taneman taneman lumayan lah dari pada nggak di gunakan lebih baik di manfaatkan. sekalian kan kalau ada kegiatan misal GK dkk kan bisa kita gunakan gitu andd yang paling penting si menurutku buat taneman taneman tu taneman toga si jadi ketika nanti harkes bisa kita gunakan gitu buat praktek.

 DHANIAL:

 Tatap Muka Seminggu Sekali:

Bagaimana jika di KBQT di adakan kegiatan pembelajaran tatap muka raketung seminggu seklai bagi yang bisa dan lainnya yang tidak bisa berangkat di sambungin online. Saya udah bosen dengan pembelajaran online.

 Tanaman hias:

Sekarang saya lihat banyak tanaman² hias yang terbengkalai dikebun. Bagaimana jika di pot terus ya itu dibawa ke qt.

 AMAR

 Mencegah hutan gundul:

Hutan memiliki peranan penting untuk hidup manusia dan juga ekosistem lingkungan. Hutan menyumbang oksigen untuk manusia. Oleh sebab itu sudah seharusnya kita menjaga serta melestarikan hutan. Saat ini keserakahan manusia terhadap hutan sudah semakin parah, banyaknya penebangan liar membuat hutan tidak berfungsi dengan seharusnya. Akibatnya hutan yang gundul akan menimbulkan berbagai macam bencana. Hutan yang gundul memiliki dampak buruk terhadap lingkungan. Selain merusakan ekosistem lingkungan, hutan yang gundul akan menimbulkan bencana alam seperti banjir bandang. Bencana tersebut tentu akan menimbulkan kerugian, selain merusak lingkungan , merusak infrastruktur, banjir bandang bisa menimbulkan korban jiwa. Maka sudah seharusnya kita untuk menjaga serta melestarikan hutan. Kita harus bisa mencegah hutan gundul. Tips mencegah hujan gundul: 1. Tebang pilih, 2. Legal, 3. Reboisasi, 4. Hindari Membakar Lahan di Hutan

 MAKHDUM

 Timbal Balik:

Berhubung saya tinggal satu semester lagi. Saya kadang mikir timbal balik diriku untuk sekolah itu apasih saya juga belum tau karna saya belum bisa merasakan kebahagiaan dari diri ku untuk sekolahan. Nah jadi aku ingin suatu saat membuat acara apalah itu ya mungkin berbagi ilmu seni ku yang sudah ku pelajari dri dulu sampai sekarang. Semoga bermanfaat bagi adek adek kelas queh.. Aku ingin menjadi contoh kakak kelas yang terbaik.

 Gemuk:

Saya sangat resah ketika naik motor melaju dengan kecepatan tinggi apalagi kalo malem, lawannya kan truck truck besar. Selain itu juga angin yang besar membuatku kawur kanginan. Jadi aku ingin menggemukkan badan ben ra kawur kanginan dengan cara ya pj harkes bikin materi tentang cara menggemukkan badan dan melangsingkan badan heheheh cukup sekian dan terima kasih

 BINTANG

 Tumbuhan Perkotaan:

Jadi di daerahku sedang diadakan pelebaran jalan karena dekat dengan wisata candi Borobudur jadi pemerintah membuat pelebaran jalan di daerah candi Borobudur akibat terjadi pelebaran jalan pohon pohon di tepi jalan di tebang semua dan menjadi cuaca disana jauh lebih panas dari sebelum di tebang. Jadi ideku bagaimana kalau pemerintah bisa melebarkan jalan tetapi bisa menanam kembali pohon di tepi jalan.

 No Black Market:

Barang black market adalah barang hasil penyeludupan pada saat pengiriman melalui bea cukai atau juga black market bisa di bilang barang ilegal karena membeli barang black market memiliki resiko memang harga jauh lebih murah tetapi jika barang tersebut ketahuan dengan bea cukai sama dengan pembeli diberi denda yang 10 juta dan dipidana maksimal 10 tahun penjara. Jadi jangan membeli barang black market. Memnag jauh lebih murah tapi kalau ketahuan bea cukai kita dapat terpidana.

 BOWO

 Asesoris Mobil Berbahaya:

Pada saat saya scroll² di beranda Facebook kemaren aku melihat postingan bapak bapak tentang kecelakaan mobil yang diakibatkan oleh aksesoris karpet yg tebal, posisi pemasangan karpet Mobil yg salah serta tebal membuat pedal gas pada mobil tersangkut di karpet tersebut dan mengakibatkan kecelakaan ,hal ini sering terjadi karena kelalaian atau sering memodifikasi mobil dan menggunakan aksesoris yg salah ,hal ini membuat mobil bagus tapi membahayakan . Jadi ide ku itu membuat pelarangan soal aksesoris mobil yg membahayakan contoh nya karpet mobil tersebut.

Post a Comment

Instagram KBQT

Copyright © KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH. Made with by OddThemes