OLEH: MISBACH ISNAIFAH

(Wali Murid KBQT)

Dua tahun lalu anak-anak mulai belajar di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah secara online. Lumajang - Salatiga kini menjadi jarak kami. Husein, yang kini duduk di kelas akhir tingkat menengah, sedang menyiapkan proyek karya akhir tahunnya.

Tahun pertama, dia membuat karya film dokumenter "Perempuan dalam Kepungan Pandemi". Tahun kedua membuat tulisan tentang erupsi gunung Semeru, dan seminggu yang lalu saya di telpon Husein mau membuat karya film, dan dia mengambil peran sebagai produser.

Sebelum liburan akhir tahun, Husein bersama tim membuat film pendek dan dia mendapat penghargaan sebagai sutradara terbaik. Judul film pendeknya "Kamu Nanya?" dan bisa ditonton di youtube KBQT. Ada banyak karya keren komunitas KBQT yang bisa dinikmati, jadi referensi di kanal youtube tersebut. 



"Aku sudah menemukan passionku Bun, aku mau fokus di film. Pasca KBQT, aku mau ambil kuliah perfileman," kata Husein saat pulang liburan akhir tahun kemarin. 

Ada banyak pembelajaran yang saya rasakan sebagai orang tua. Husein dalam usianya yang memasuki 15 tahun, cukup mandiri dan penuh tanggung jawab. Semakin kaya referensi, dan kemampuannya menjelaskan sesuatu juga jelas dan terstruktur. Kesukaannya membaca dan menonton film juga membantunya memperdalam hobinya.

Ya, hobi adalah hal penting yang dihargai dalam proses belajar di KBQT. Melalui hobi anak akan nyaman dan menarik menekuninya. Inilah salah satu konsep merdeka belajar di KBQT, selain ada beberapa model belajar untuk tetap bisa mempelajari hal-hal di luar hobinya.

Kakak Husein, Aqilah El-Yasaari sudah menyelesaikan sekolah menengahnya, dengan karya album mininya. Eitsss... tapi bukan berarti dia ga belajar loh.. dia sibuk memperdalam kemampuan bermusiknya, sambil belajar hal-hal baru seperti mengelola media online CU Gema Swadaya, Gema Kedai dan Gemapalu.

Membuat target karya setiap tahun seperti jadi ritual bagi anak-anak, setidaknya saya melihat dari apa yang dilakukan Aqilah, yang sebulan ini sibuk menyiapkan video clip lagu di album mininya. 

Terimakasih untuk seluruh pendamping KBQT, semoga kontribusi nyata ini, semakin mewangi ke seluruh negeri. Amien.